Beningnya Air di Kolam Pemandian dan Mata Air Tirta Empul, Amazing!

Mei 13, 2015

Salah banget kalau ke sini nggak nyebur dan mandi. Sebaiknya siapkan pakaian ganti dan handuk ya.

Itu saran gue untuk kalian yang ingin berkunjung ke Tirta Empul. Tirta Empul merupakan kolam yang berisi mata air yang dipercaya suci dan bisa menyembuhkan.

Area wisata Tirta Empul ini berupa komplek yang terdiri dari beberapa bagian, pertama ada kolam mata air, lalu kolam pemandian, ada pura, dan ada kolam ikan. 
mata air di bali
harus nyemplung kalau ke sini!
main di mata air bali
juga digunakan tempat untuk berdoa
tampak siring tirta empul
pemandangan di sekitar Tirta Empul
Daya tarik utamanya memang pemandian yang terdapat banyak pancuran dengan air mengalir di sini. Kolam pemandiannya pun juga sering dan masih digunakan untuk bersembahyang bagi para umat Hindu. Menarik memang, namun bagi gue pribadi daya tarik utama itu berubah ketika melihat kolam mata air Tirta Empul.

Pertama kalinya gue melihat sebuah kolam dengan air yang sangat amat jernih. Tau aquascape? Ya! Persis kelihatannya seperti itu, namun ini dari atas. Berbagai macam tumbuh-tumbuhan dan ikan-ikan kecil yang ada di sana hidup dengan damai.

Beneran deh, kolamnya itu crystal clear banget airnya. Nggak hanya itu, di bagian tengah kolam berpasir ini ada sesuatu yang unik. Ada udara yang keluar dari dalam tanah, hal itu membuat pasir-pasir di dasar kolamnya tersembul keluar dan menghasilkan efek yang sangat unik dan menarik untuk dilihat.

Di bagian sisi lain dari area Tirta Empul ini juga terdapat beberapa Pura yang masih digunakan untuk tempat beribadah dan juga terdapat sebuah kolam ikan yang berukuran besar. Kolam ini berisikan ikan mas berwarna-warni berukuran super besar.
kolam mata air tirta empul
kolam unik dan ajaib
tirta empul mata air
pura di Tirta Empul
pemandian mata air di bali
kolam ikan di Tirta Empul
ikan di bali
ikan-ikan mas yang gede-gede banget!

Dengan biaya tiket masuk sebesar 15.000 Rupiah dan walaupun memang agak jauh dari Kuta, namun tempat ini sangatlah worth it untuk dikunjungi jika sedang berada di Bali.

You Might Also Like

0 komentar

FACEBOOK

Member of

ID Corners