Coban Talun, Malang: Ini Jalurnya Susah Banget Ya!

November 12, 2015

Pergi ke Coban Talun nggak gue rencanakan sebelumnya dan bahkan nggak masuk jadwal itinerary yang sudah dibuat jauh hari. Gue tahu tempat ini karena melihat papan petunjuk menuju Coban Talun pas pergi ke Cangar dari Selecta. Nggak pakai pikir panjang dan langsung membelokkan kendaraan menuju arah Coban Talun.

Dari Jalan Raya Arjuno sampai ke dalam area wisata Coban Talun, nggak terlalu jauh, mungkin hanya sekitar 5 menitan aja sampai bertemu dengan gapura besar berwarna hijau tanpa petugas yang berjaga. Masuk aaja terus sampai bertemu dengan sebuah warung yang terlihat banyak motor di sana. Lah ngapain berhenti di warung? Bukan bukan mau makan, tapi memang itu area parkirnya dan untuk menuju ke Coban Talun. Gue pikir dalam hati,

“sealami apa air terjun ini sampai-sampai aksesnya belum dibuatkan jalan dan masih harus menyebrangi sungai”.

Ya, kita harus melewati sungai yang airnya mengalir cukup deras, bukan lewat jembatan tapi nyebur. Tambah seru karena airnya dingin banget. Setelah sungai dilalui, menelusuri jalan setapak adalah tahap berikutnya. Berjalan dengan permukaan tanah yang lumayan licin karena habis hujan, sunggu menantang adrenalin.
jalur menuju coban talun
jalur awal menuju coban talun
sungai di coban talun
mulai nyebrang sungai
nyebrang sungai coban talun
dingiiiin!
jalan setapak coban talun
jalan setapak menuju air terjun
Sudah ada beberapa papan petunjuk untuk menuju Coban Talun, tetapi kita akan bertemu dengan sebuah cabang jalan yang membingungkan. Ambil jalan serong ke kanan, jangan yang ke kiri, karena itu adalah jalan menuju ke bagian atas air terjun. Gue pun nyasar dan bingung dibuatnya.

Ketika ke Coban Talun pakai sandal gunung yang masih oke grip-nya. Jangan sekali-kali pakai sandal biasa apalagi sepatu bagus, karena medannya benar-benar tanah yang licin.

tanah licin coban talun
medan tanah mulai licin
petunjuk arah coban talun
sudah banyak petunjuk arah
Tapi, perjuangan itu akan terbayarkan ketika sampai di bawah dan melihat keindahan air terjun ini. Alirannya lumayan deras, punya air yang jernih, dan tentunya dingin. Sayangnya, karena tidak merencanakan pergi ke tempat ini jadinya nggak nyebur. Seger banget melihat anak-anak berenang di bawah Coban Talun ini.

Luangkan waktu yang cukup lama di sini buat sekedar menikmati air terjun atau berfoto-foto, karena cukup jauh dan ekstrem untuk sampai ke bawah. Coban Talun menurut gue kurang cocok untuk rekreasi keluarga karena cukup berbahaya, apalagi membawa anak-anak. Coban Talun masih membutuhkan perhatian dari pemerintah untuk membangun jalan yang memadai.
air terjun coban talun
air terjunnya mulai terlihat dari atas
coban talun
indahnya bukan main!
coban talun waterfall
dari sisi lainnya! cakep banget!

You Might Also Like

0 comments

FACEBOOK

Member of

ID Corners