[LOMBOK Day 3] Mengakhiri Basahnya Hari dengan Pedasnya Ayam Taliwang Irama

January 09, 2016

Lombok Hari ke-3 (Sabtu, 2 Januari 2016)
Air Terjun Tiu Kelep & Sendang Gile – Bukit Malimbu

sunrise di Trawangan
Pagi di hari ketiga ini gw bangun pagi sekitar jam 04:30 WITA, gw memutuskan buat sepedaan muterin Trawangan. Tapi berhubung matahari belum terbit, gw mampir dulu di pinggir pantai sebelah Timur Trawangan. Ternyata nunggu sunrise disini beneran indah banget, kenapa gw bilang gitu? Yap, karena mataharinya terbit diantara pegunungan-pegunungan nun jauh disana. Disini sebenernya gw pengen coba bikin video timelapse, tapi karena gw-nya sendiri gak sabaran buat nunggu mataharinya muncul. Akhirnya gagal dan melanjutkan sepedaan ke arah yang sebelumnya gw belum explore.
coba duduk diem di pasir dan nikmatin pemandangannya.
Nah disini ni kocaknya lagi, gw sepedaan sampai rute jalanan ber-conblock abis dan ganti medan pasir. Disini ada 2 jalur lurus dan belok ke kiri. Pertama gw mutusin buat ikutin jalur belok kiri karena jalurnya adalah jalur tanah yang menurut gw (mungkin) lebih layak buat dilewatin sepeda daripada yang lurus (berpasir). Logikanya kan gitu ya biasanya? Gw telusurin lah tu jalanan sampe ke dalem yang semakin lama semakin tidak ada kehidupan dan jalanannya pun semakin menyepit. Gw mulai agak ragu sama feeling gw belok sini nih, akhirnya gw bukalah tu [again] Waze. Dan ternyata emang beneran jalur yang gw lewatin salah dan balik lagi lah gw ke arah pertigaan aneh tadi.

[iklan sebentar]
Ini sebenernya gw agak bad mood dan sedih buat cerita dan nulis jalan-jalan lombok hari ketiga ini. Kemarin di tanggal 12 Januari 2016, gw baru aja apesss banget. Nah di tanggal 13 Januari 2016 gw nulis ini TR dengan agak sedih.L Kamar kosan gw abis dibobol maling, laptop + hd external lenyap. Raib. Hilang. Gone.
[baiklah dilanjutkan]

Nah di pertigaan aneh ini gw dengan sedikit ragu buat nelusurin jalur berpasir yang walaupun emang banyak jejak-jejak tapak ban sepeda disana. Gak mungkin gw gowes sepeda disini, gw tuntunlah sepeda dengan ban segede gaban itu. Sampe ketemu jalur yang lagi-lagi menurut gw “Apa mungkin ini jalur sepeda buat keliling Trawangan?”. Jalurnya tu beneran sempit dan melipir-melipir kalo kita mau lewat sini. Sampe akhirnya ketemulah jalan besar yang berkonblock lagi dan mulai bermunculan lagi penginepan/hotel-hotel mahal di kiri jalan.

Diluar dari nyasar-nyasar gw tadi, sebenernya emang asik banget pokoknya sepedaan pagi-pagi gini muterin Trawangan, masih belum banyak orang. Beberapa orang doang yang jogging, sepedaan, dan saling menyapa satu sama lain. Nah yang gw highlight di bagian Trawangan sebelah sini [liat di gambar] jarang banget kesentuh sama wisatawan mungkin. Itu menurut gw ya, soalnya disini beneran lokasinya tu beneran gak strategis buat kemana-mana. Kenapa gw bilang gitu? Disini tu kesannya bagian Trawangan yang lebih kumuh, sepi, dan jalanannya pun banyak yang rusak. Terlebih lagi banyak banget lahan sama tanah disini yang tulisannya “Land for Sale”.
kita harus lewatin itu tu pinggir2an jalannya
jalanan berpasir yang gak mungkin gowes sepeda
sepeda epic!!
Setelah puas sepedaan, balik lah ke penginepan dan bergegas mandi. Sekitar jam 8 gw turun ke bawah dan siap buat breakfast. Hazeeeek.. (udah excited dapet sarapan apaan, ya setidaknya nasi goreng lah). Ditawarinlah gw menu sama petugas hotelnya dan sedikit kaget sama list menu sarapannya disini. Isi menu sarapannya western semua brai dan semua menu-nya buat gw cuma ngotorin gigi doang kayaknya. Dengan berat hati dan bingung akhirnya gw pilih yang paling aman dan paling kenyang menurut gw adalah pancake. Tetapi perut pun [masih gak] kenyang dan gw cabut dari penginepan menuju ke arah pelabuhan, sekalian balikin sepeda.

Trawangan di pagi hari
selalu asik buat jalan kaki
Oia tiket di pelabuhan Trawangan pun sama sistemnya kayak di Bangsal, disini kapal berangkat berdasarkan warna tiketnya. Setelah sampai di pelabuhan Bangsal yang kayaknya emang gak pernah sepi, gw ambil motor di penitipan motor dan segera berangcus ke arah Air Terjun Tiu Kelep & Sendang Gile. Wohooooo….!!! Pindah ke gunung!!

mereka yang mau nyebrang dari Trawangan
Perjalanan dari Pelabuhan Bangsal ke arah Air Terjun Tiu Kelep & Sendang Gile ini gw tempuh sekitar 1 – 1,5 jam dengan rute yang berliku. Mungkin saat lo nyetir atau pake motor sendiri akan berasa jauh, tapi tenang aja kebanyakan jalanan di Lombok yang gw perhatiin rata-rata udah bagus dan beraspal. Jadi lo bisa pacu kendaraan sedikit lebih cepet, tapi tetep kita harus behave dan berhati-hati juga.

Waktu itu cuaca juga yang bikin gw sedikit was-was, karena gw tau kesorean dikit kalo ke arah pegunungan pasti cuaca-nya mulai gak bersahabat.  Dan bener aja sih gw sempet kena gerimis yang tak kunjung reda saat jalanan udah mulai menanjak. Dan oia emang ini jalur juga dipake bagi mereka para pendaki yang mau naik ke Gunung Rinjani, jadi sepanjang jalan disini banyak yang menawarkan jasa pemandu atau guiding buat naik ke Gunung Rinjani.

Untuk masuk ke Air Terjun Tiu Kelep & Sendang Gile kita dikenain biaya tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah saja. Lokasi kedua air terjun ini walaupun dalam satu area dan satu pintu loket masuk, tapi keduanya punya jarah yang saling berjauhan.

Nah jalur menuju Air Terjun pertama yaitu Sendang Gile tracking-nya sudah rapi dan enak karena dibuatkan anak tangga. Disini juga terlihat lebih banyak wisatawan yang berkumpul sekedar bersantai di pondok teduhan atau mereka yang ingin mandi di bawah air terjun ini. Disini juga banyak pedangang yang berjualan, jadi mungkin gak perlu khawatir bagi kalian yang kelaperan atau kehausan setelah menuruni anak tangga yang lumayan jauh dan panjang.
air Terjun Tiu Kelep
banyak yang mandi dan disini rame pengunjung
Berbanding terbaik sama jalur buat menuju ke air terjun kedua, tracking naik turun dan nyebrang sungai. Asli bro jauh pisan, gw gak lebai dan gak bohong! Kocaknya, gw salah kostum men! Pake celana jeans yang beneran gak fleksibel abis buat kaki manjat-manjat batu. Air terjun kedua yaitu Air Terjun Sendang Gile. Buat ke air terjun ini perjuangannya gw bilang gak gampang cui! Asli! Kenapa gw bilang gitu? Yap ini jalur beneran berat bagi kalian yang mungkin jarang naik, jarang olahraga, kerja di dalem ruangan (kayak gw). Hahaha…. Mungkin kira-kira sekitar 3 km apa ya jauhnya dengan medan yang licin dan jurang.

Hampir setengah jam kayaknya deh gw jalan kaki sendirian dan awan gelap pun udah di atas kepala. Bener aja setelah ngelewatin sungai, gerimis pun turun dengan gemulai. Tapi meeen setelah lo sampe disana, baaaaaah!!! Lupain tu hujan, lupain tu jalanan yang jauh, lupain tu basah-basahan nyebrang nyemplung sungai. Asliii kereeeen banget pemandangannya!! Mungkin ini air terjun paling indah yang pernah gw datengin langsung selama hidup gw, yang menggeser posisi Curug Cipendok di Banyumas Purwokerto sebelumnya. Lo gak bakal nyesel men kesini!! Terlebih saat cuaca lagi bagus bagusnya, lo bisa puas-puasin foto disini.

Baru sebentar gw nikmatin pemandangan, bressssss!!! Rintikan air dari langit pun tiba-tiba dateng keroyokan. Untungnya saat itu gw prepare bawa payung dan jas hujan plastik. Gw pake tu jas hujan plastik dan tetep payungan dengan indahnya disaat wisatawan lainnya pada panik kebasahan dan kehujanan. Hihi.. Disaat kehujanan kayak gini sebenernya yang gw pikirin cuma satu yaitu kamera yang gw bawa. Disana gw cuma berdiri menikmati pemandangan yang [lagi-lagi] gw bilang luar biasa indahnya. Gw foto pake Xiaomi Yi yang gw bawa dan bolak-balik mikir gimana caranya gw ambil kamera DSLR dari dalem tas tanpa keribetan dan basah itu kamera pas gw pake foto. Akhirnya setelah beberapa saat mengumpulkan niat mengeluarkan kamera, gw memberanikan diri buat ambil kamera dari dalem tas. Payung tetep gw pegang dan gw berusaha ambil foto dengan payung tetep berdiri tegak diatas kepala. Ribetnya bukan kepalang!! Tapi gw berhasil mendapatkan 3-4 jepretan foto dari kamera dan buru-buru gw masukin tas lagi. Let’s go kita cabut dari sini!! Bye-byeee...
Air Terjun Sendang Gile
indahnya luar biasaaa.....
andai cuaca bersahabat....
ranger merah beraksi!! :D
Pas perjalanan pulang dari air terjun sampai titik pertemuan jalur kedua air terjun sebenernya gw masih biasa aja. Barulah dari situ jalurnya mulai berubah tangga naik yang masih super jauh ke area pintu masuknya. Itu rasanya luar biasa capek broh!! Kaki gw bener lemes dan setiap beberapa langkah tangga gw istirahat. (duh yang gak biasa olahraga, lari/jogging, naik gunung) ini beneran capek banget. Gw istirahat di bale teduhan sekitar setengah jam, karena tenaga gw beneran habis. Parahnya gw baru inget kenapa gw kecapekan banget. Yap! Gw baru makan pancake sarapan pagi di Gili Trawangan dan sampe sesiang itu gw belum makan lagi. *jangan ditiru ya guys, mending sebelum lo mau kesini ada baiknya makan dulu.

Gw turun dan balik ke kota lewat Senggigi lagi, karena gw penasaran sama Bukit Malimbu-nya. Sebenernya gw juga penasaran lewat Hutan Pusuk yang katanya banyak monyetnya kalo kita lewat sana, tapi gw ragu jalannya lewat mana. Sampe di area Bukit Malimbu gw mampir sebentar buat foto-foto. Haha.. Oia ternyata yang hujan emang daerah Kaki Gunung Rinjani-nya aja sekitaran air terjun tadi, selepas itu beneran kering kerontang.
Bukit Malimbu
manjain mata :O
spot terbaik buat selfie...
Nah sampe di Mataram sekitar jam 4 sore dan gw langsung check-in di Hotel Rinjani yang ada di jalan Catur Warga. Gw istirahat di hotel ini sampe selepas maghrib. Nah sebelumnya gw udah kontak-kontakan sama Mbak Anis ni. Mbak Anis ini adalah orang asli Lombok yang sebelumnya ngajak janjian jalan bareng pas gw di Senggigi. Tapi akhirnya waktu itu Mbak Anis ketemuan sama Ashar, karena gw gak bisa ikutan jalan-jalan bareng.

Rencananya hari itu gw mau kulineran malem di Mataram, nah kebetulan banget kan ada orang Lombok yang mungkin bisa ngajak jalan-jalan. Hehe.. Gw jemput Mbak Anis di rumahnya sambil berpatokan lagi pada dewa penyelamat Waze, yang ternyata rumahnya gak jauh dari hotel dimana gw nginep. Gw bertamu di rumahnya dan ketemu ibunya yang super baik n ramah. Di Lombok sebenernya Mbak Anis tinggal bertiga, tapi Ayahnya lagi ada di Jogja saat itu. Setengah jam gw ngobrol di ruang tamu sama Ibunya dan Mbak Anis, ngobrol sana sini sampai-sampai gw direkomendasiin dimana Ayam Taliwang yang enak disini. Setelah itu gw pamitan sama Ibunya buat minjem Mbak Anis diajak jalan-jalan. Hehe.. maap ya bu jadi sendirian deh di rumah. L

Sebelum muter-muter kota, gw yang udah kelaperan maka berhentilah di Lesehan Taliwang Irama tapi yang di depan SMP 2 Kota Mataram apa ya kalo gak salah. Disini bukan restoran, bukan kios, tapi warung tenda kaki lima, tapi ini rekomendasi dari Ibunya Mbak Anis yang katanya selain enak juga harganya katanya gak nguras kantong. Sayangnya saat itu gw yang udah bolak balik bilang gak enak sama Mbak Anis karena dirinya ternyata udah makan. L Oia sebelum pesanan datang, di meja saat itu ada puding yang kata Mbak Anis itu puding asli Mataram. Entah dirinya lupa namanya dan gw juga kagak nanya ke penjualnya puding apaan itu. Rasanya endessss!! Dan gak pake lama hadirlah di depan gw 1 porsi ayam taliwang yang isinya 2 belah ayam gede, 1 porsi beberuk terong, 1 porsi plecing kangkung, 2 jenis sambel, 2 porsi nasi (huahahah), 2 air mineral, dan 1 bungkus kerupuk kulit. Rasanya? Wuaaaaah!!! Enak pisaaan dan pedeeeesss!!! Mankyuus dah pokoknya. Gak nyesel! Dan semua itu cuma habis 76rb doang!! Wawww!!

puding enak. entah apa namanya :)
akhirnya makan plecing di tempat asalnya
buat 1 orang apa 2 orang hayooo?? :P
Perut kenyang dan energi pun kembali! Yes! Saya siap buat menjelajah kota Mataram di malam hari. Selama muter-muter kota Mataram gw di motor sama Mbak Anis ngakak-ngakakan karena cerita ngalor ngidul mulai dari yang serius, seru, sampe kocak. Mulai dari cerita orang jual rambutan disini yang pake lampu yang ditutupin kertas minyak warna merah kalo malem supaya keliatan merah-merah tu rambutan, sampai cerita Mbak Anis yang pernah explore Korea Selatan sendirian. Weww!!

Menembus dinginnya malam di Kota Mataram, motor diarahkan menuju Suranadi. Jadi Suranadi ini adalah katanya tempat mata air yang punya khasiat bikin awet muda. Gw disarankan untuk bisa menyempatkan diri datang dan berkunjung ke tempat ini. Dan katanya kalo siang di depan pintu masuk Suranadi ini ada sate enak. Huahahahha....

Cerita pun berlanjut saat perjalanan pulang dari Suranadi. Cerita tentang disini masyarakat Lombok jarang sekali terjadi kericuhan antara umat Muslim dan umat Hindu, mereka saling menghormati satu sama lainnya. Cerita dimana Mbak Anis gak suka sama yang namanya mall, sampe gw tau kalo ternyata Mbak Anis ini juga kerja di Jakarta. Hueeee.... Nah sekitar jam 10 malem gw mulangin Mbak Anis ke rumahnya dan gw sangat-sangat berterimakasih sama Mbak Anis yang mau direpotin nemenin jalan-jalan di Mataram malem-malem begini. Sekarang gw punya temen orang Lombok yang super duper baik. Makasih Mbak Anis. Penutupan hari ketiga di Lombok yang sungguh menyenangkan, banyak bertemu dan melakukan hal-hal baru yang seru.