[LOMBOK Day 2] Menghitam di Gili Meno, Berpesta di Gili Trawangan

3:54:00 AM

Lombok Hari ke-2 (Jumat, 1 Januari 2016)
Gili Meno – Gili Trawangan

Selamat pagi Senggigi…..!!!
It’s a Brand New Day……
Hazeeeek…..

Yap!! Hari pertama di tahun 2016 yang super excited, karena hari ini gw akan nyebrang ke Gili. Sejak si Ashar dateng gw nggak tidur lagi sampai pagi dan membuat gw masih penasaran sama mur baut tongkat Xiaomi Yi yang hilang selamem. Akhirnya gw puterinlah lagi rute jalan kaki dari kamar sampai Indomaret sebelah. Lagi lagi hasilnya nihil! Ah, sudahlah. Saya menyerah….

Nah rencana yang sesuai itinerary adalah sekitar jam 8:30 cabut dari penginepan ke Pelabuhan Bangsal. Karena gw baca-baca di banyak blog, kapal yang ke Gili Meno hanya ada 2X sehari dan nggak sebanyak kapal yang menuju Gili Trawangan. Nah si Ashar mungkin emang kecapekan kali ya semaleman nggak tidur, membuat doi masih pules tidur padahal hari udah siang. Gw butuh keyakinan super buat ngebangunin si Ashar, antara nggak enak sama doi karena tidurnya pules banget, tapi di sisi lain gw juga harus berangkat. Akhirnya gw pun membangunkan Ashar dengan penuh rasa penyesalan. Sorry ya Ashar....

Tepat pukul 8:30 gw dan Ashar pun siap buat pergi, tapi sebelumnya gw suruh Ashar buat sarapan bareng dulu karena ini gw pesen kamar juga buat 2 orang. So? Sarapan pun pasti akan disediakan untuk 2 orang. Duduk manislah kita di restoran Sendok Hotel dan ditawarkan menu western atau Indonesia. Yah karena menu western-nya cuma pancake, apa boleh buat saya memesan nasi goreng saja lah.

Sembari menghabiskan sarapan, kami berdua juga sebenernya sedang berusaha menghubungi salah satu anggota forum Lombok Backpacker, namanya Mbak Anis. Dia orang Lombok yang katanya pengen ikut kita explore Lombok ke Air Terjun Tiu Kelep & Sendang Gile. Nah si Ashar pun menyanggupinya untuk bertemu dan jalan bareng. Tapi gw saat itu nggak bisa ikutan, bukan karena apa, tapi gw udah pesen penginepan di Trawangan yang nggak bisa di cancel. Kalau mungkin belum dapet penginepan, gw bisa ikut dan pastinya seru banget sih. Akhirnya gw meninggalkan Ashar di restoran hotel untuk bertemu dengan Mbak Anis dan gw lanjut jalan ke Pelabuhan Bangsal.

Ternyata dari Senggigi ke Pelabuhan Bangsal lumayan jauh bro jaraknya! Ada kali 45 menit - 1 jam perjalanan yang rutenya berliku belak-belok. Tapi emang pemandangan yang lo liat keren banget karena berada di pinggir pantai. Satu hal yang gw pikir saat itu adalah ngebut karena beneran takut ketinggalan kapal, untungnya sih jalanan masih sepi pagi itu. Nah, sampai di Pelabuhan Bangsal sekitar jam 9:15 dan langsung masuk cari tempat penitipan motor. Banyak banget rumah warga sebelum gerbang pelabuhan yang dibuat tempat untuk penitipan motor, tapi gw masuk ke dalem sampai melewati loket penjualan tiket. Nah disana ada rumah juga yang punya parkiran luas buat parkir kendaraan roda dua dan roda empat.
suasana pagi hari di Pelabuhan Bangsal
sudah ramai mereka yang mau nyebrang ke Gili-Gili
Motor sewaan sudah aman dititipkan dan gw langsung ke loket pembelian tiket. Nah penjualan tiket dan keberangkatan kapal disini dibedakan dari warna tiketnya (hijau, pink, biru, putih). Untuk ke Gili Meno saya mendapatkan tiket berwarna putih dan dibertahukan kalau kapal akan berangkat jika sudah terkumpul 40 orang.

Nah disini gw pikir satu warna tiket untuk satu tujuan keberangkatan. Pas tiket putih dipanggil, gw udah mau asal naik aja ke kapal disana. Tiket udah disobek dan petugas bilang lagi dari TOA "tiket putih jurusan Gili Trawangan". Whaaaat!! Salaaaah, gw balik lagi ke si petugas perobek tiket dan nanya tujuan Gili Meno. Si bapak menjawab "belum mas!" sembari si bapak ngasih lagi tiket gw yang udah disobek dan dinomeri.

Sekitar jam 09:30, barulah penumpang kapal tujuan Gili Meno dipanggil untuk naik. Gw pun juga bergegas naik ke kapal yang biasanya orang sini nyebutnya public boat. Nah, penumpang kapal yang ke Gili Meno ini beda banget sama rata-rata penumpang yang ke Trawangan. Kalau di kapal ke Trawangan banyak banget bule-bulenya, tapi kalau disini ke Gili Meno lebih banyak ketemu sama Ibu-Ibu yang habis belanja kebutuhan pokok. Di kapal lo akan nyampur membaur sama beras, sayur-sayuran, buah-buahan, telur, sampai tanaman hidup yang dibawa dari daratan Lombok menuju Gili Meno.
isi kapal yang campur aduk, seru tapi!
Perjalanan dari Pelabuhan Bangsal ke Gili Meno ditempuh selama kurang lebih 30 - 45 menitan. Gw bener-bener nggak percaya ketika ngeliat air laut yang super jernih saat kapal mulai merapat di dermaga Gili Meno. Asli! Itu bening banget!

Gili Meno ini pulaunya nggak seramai Trawangan, maka dari itu gw masukin ke itinerary duluah barulah Trawangan. Gw mau nikmatin pantai dengan tenang dan damai disini. Cieeelaah ki, banyak gaya lu!. Sebelum memulai apa yang akan gw lakuin di Meno, gw yang salah kostum dari Pelabuhan Bangsal, mutusin untuk ganti pakaian dulu di kamar mandi umum disini. And...untuk pertama kalinya dalam sejarah, gw pakai sunblock! Hahah... Gw dapetin sunblock-nya Biore yang waterbased dari promo Harbolnas 12.12-nya Bilna.com. Cieeeh!
suasana Gili Meno yang sepi
pemandangan dari Gili Meno
pemandangan dari Gili Meno (2)
suasana Gili Meno yang sepi walaupun high season
Bener aja dong, ternyata disini emang panas bangeeeetsss...!! yaiyalah kiii, namanya juga pantai, kalo dingin mah gunung! Kaos pun basah kuyup sama keringet yang berucucuran gara-gara pengen foto dan ambil foto di pinggiran pantai. Dehidrasi pun melanda dengan cepat dan miracle-nya gw langsung liat warung kecil disana. Saking hausnya, itu air dingin botol yang baru gw beli langsung habis! Wkwkwk... Sembari nyanti di warung yang menghadap pantai itu, ada Ibu-Ibu penjual buah-buahan tropis (mangga, nanas, buah naga, dll). Nah gw pikir enak kali ya makan buah panas-panas begini dan paling harga buat orang lokal nggak dimahalin.

Gw: “Bu buah naga berapa?”
Ibu Penjual: “25 ribu mas”
Gw: “(dalem hati) njiiir the hell mahal juga” “Kalo mangga bu?”
Ibu Penjual: “Sama mas 25 ribu”
Gw: “20 ribu ya bu itu buah naga?”
Ibu Penjual: “Gabisa mas, disini kan gak ada buah naga”
Gw: (dalem hati) Wheeeet!! Gw jg tau bu disini kaga ada buah naga, tapi gilee aja harganya sampe 25 ribu”

Dengan berat hati tapi emang kepengen akhirnya gw deal beli itu buah naga. Gw gadoin deh itu buah naga yang udah dipotongin sama si Ibunya, ternyata seger jugaaaak... hahahaha... Ikhlas kok bu ikhlas saya...

Setelah keringet mereda, gw melanjutkan penelusuran di Gili Meno. Gw berjalan balik ke arah dermaga dan membuka Waze, karena katanya di Meno punya danau di tengah pulaunya yang nggak kalau indahnya dengan pantainya. Jalan kaki lah gw menuju arah danau yang mungkin lumayan jauh sih, tapi selama lo nikmatin itu dan emang punya niat kuat buat explore Meno nggak bakalan kerasa (padahal bolak-balik ngelap keringet terus...) wkwkwk..

Pas udah nyampe, bener aja doooong ini danau gede dan luas banget. Di pinggir danau ini ditanami banyak pohon bakau yang subur-subur dan juga udah dibuat jalan kayu untuk wisatawan bisa nikmatin pemandangan danaunya. Disini juga ada beberapa orang yang sepertinya penduduk sekitar yang lagi asik nyari ikan.

jalan Menuju ke Danau di Gili Meno
sisi lain dari Gili Meno
danau di tengah Gili Meno
ada yang mancing ikan, pak ikutan pak!
Udah jam 12 tuh, perut calling-calling ki!
Sebenernya pas jalan kaki dari dermaga ke danau, gw juga sembari nyari warung makan disini. Baca-baca forum sih katanya kalau mau makan murah ada di bagian dalem Gili Meno ini. Iya sih emang, tadi sempet liat beberapa warung makan kecil yang menurut gw murah mungkin. Pas balik dari danau, gw pun mampir ke warung itu dan makan siang pakai nasi campur enak. Lumayan lama gw di warung ini karena sembari upload-upload foto sekaligus ngademin badan. Haha...
nasi Campur warung kecil di Gili Meno
Sekitar jam 1 siang gw pergi dari warung kecil si Ibu untuk lanjut lagi explore Gili Meno. Gw keliling dan ngeliat beberapa warung yang menjual barang-barang unik dan keren. Banyak juga kafe-kafe asik buat nongkrong dan tentunya emang harus ngerogoh kocek yang agak banyak sih. Nah, di Gili Meno juga ada penangkaran penyu nih, lokasinya tepat berada di belakang tulisan Gili Meno yang berwarna-warni itu.

Setelah puas muterin Gili Meno, gw nyantai-nyantai di bawah pohon sambil ngeliatin pemandangan laut yang keren banget bro/sist! Semua penat lo dan beban kerjaan bakalan hilang disini, beneran deh! Lumayan lama sih gw ngadem karena sambil nunggu kapal berangkat ke Trawangan jam 15:30.

penyu-penyu di Gili Meno
penangkaran Penyu di Gili Meno
salah satu penjual barang-barang unik di Gili Meno
art Shop di Gili Meno
Saya kemudian nyebrang ke Trawangan sekitar jam 3:30, naik kapal Island Hoping. Ukuran kapalnya lebih gede dari yang gw naikin dari Pelabuhan Bangsal ke Gili Meno. Sekitar 15 - 20 menit dari Gili Meno ke Gili Trawangan dan sesampainya saya disambut oleh ratusan manusia yang berkumpul di dermaga Trawangan. Gileee ndrooo rame bangettt.....!!!

Jarak dari dermaga ke penginepan yang udah gw pesen sebelumnya ini lumayan jauh, karena memang nggak berada di pusat hiruk pikuk. Kesan pertama gw sama Trawangan ini adalah tempat ini beneran cocok buat yang mau party-party dan menghabiskan rupiah. Banyak banget kafe, bar, sampai tempat makan yang menurut gw harganya selangit.

Ada satu hal yang harus gw coba disini, yaitu Gili Gelato! Yeaaaaa!! Ice Creaaaam!!! Ini es krim katanya fenomenal banget disini. Nah pertama kalinya sih gw pikir cuma ada satu penjual disini, tapi ternyata banyak banget dan sama aja. Sampai-sampai di kedai es krimnya ditempel penghargaan dari TripAdvisor! Haha... 1 scoop-nya 20 ribu, 2 scoop 30 ribu, dan 3 scoop 50 ribu. Sebenernya gw suka banget es krim cokelat, tapi kan nggak asik siang-siang panas terik makan es krim cokelat. Gw pikir enak banget kalo nyobain yang rasa buah, ulala.. Rasa pertama yang gw incer adalah mangga dan kedua adalah mix berry. Rasanya? yang mangga enak banget, mirip jus mangga asli tapi dibuat es krim. Nah yang mix berry teksturnya nggak selembut yang mangga dan lebih kecut dikit. Enaaaaaak pokokeee!!

Trawangan yang ramai wisatawan
salah satu kedai es krim Gili Gelato
siang terik di Trawangan, siapa yang ngiler liat beginian!
Mango & Mix Berry
Gw makan itu es krim sambil jalan kaki ke arah penginepan. Es krimnya cepet banget meleleh, kalah sama panas teriknya Trawangan saat itu. Nah lokasi penginepannya ini emang berada di tengah pulau dan jalan pun mulai berubah tanah berdebu. Apalagi kalau udah ada delman dan sepeda yang lewat, wusssss.... Kagetnya gw ngelewatin sebuah kuburan, yang gw pikir lagi wah agak PR nih malem-malem lewat sini sendirian! Penakut lu ki!

menuju ke arah penginepan GiliKlapa Hostel
Sesampainya di penginepan dengan basah kuyup keringetan kayak abis lari marathon, gw disambut dan kenalan sama owner hotelnya langsung (gw lupa nama si bapaknya). Mungkin karena liat gw megap-megap ngos-ngosan kali ya, si bapak langsung bilang ke salah satu anak buahnya "Hei tolong ambilkan satu botol air mineral untuk Mas Eki". Huahahahaha..... duh si bapak tau aja euy! Nggak pake basa-basi satu botol air mineral gw habisin dalam sekejap. Ahhhh segarnyaa!!!

Nama penginepannya GiliKlapa Hostel dengan harga yang mungkin agak mahal buat satu orang (dimana gw juga menyesal menginap disini). Nah lucu dan kagetnya, disini nggak terima pembayaran  tunai, hanya bisa debit. Elah ribet deh!

Nah iya, mungkin ada yang nanya "kenapa nggak sewa sepeda aja dari dermaga biar nggak jauh ke penginepan?". Ya, gw nggak sewa sepeda disana karena katanya hotel ini juga nyewain sepeda dengan harga yang lebih murah untuk siapa yang nginep di tempatnya. Saat itu gw yang masih berada di depan meja receptionist-nya menanyakan tentang sewa sepeda ini. Nah si bapak mengatakan akan di cek dan disiapkan nanti. Okelah gw siap keluar pas sore menjelang sunset pakai itu sepeda....

Setelah itu gw dianter ke lantai 2 dan alangkah kagetnya, dyaaaaarr!!! Gw kaget bukan karena ada kecoa ada penampakan, tapi apa? Ini ceritanya kan konsepnya bambu-bambu gitu deh ya dan semuanya pakai bambu. Sampai dinding pembatas antar kamarnya pun bambu yang disusun dan dirapetin satu sama lain. Kebayang nggak? Apa yang bikin kaget? Iyaaaa, itu pasti celah-celah antara susunan bambu-bambu tadi yang nggak rapet. Nah menyangkut hal ini beneran bikin bete, gw ceritain di bawah ya.

Lanjut, nah kebetulan ini pilihan kamarnya kan cuma ada yang model twin bukan double. Tau kan bedanya? Nah gw putusin kasur satunya buat berantakin barang-barang gw disana. Ini gara-gara temen yang nakutin kalau-kalau kebangun tengah malem dan sadar ada yang tidur atau duduk di kasur satunya, padahal gw sadar kalau gw lagi jalan-jalan sendirian. Kan asyeeeemm!!

Sekitar 1 jam gw rebahan dan mengistirahatkan badan dan berencana keluar sekitar jam 5 sore. Nah pas gw asik bongkar-bongkar tas, gw lupa banget kalo masih bawa bungkusan martabak manis yang nggak habis semalem. Masih enak ternyata, yaudah lah lumayan buat ngganjel perut. Setelah istirahat kelar, saya pun siap pergi untuk ngeliat sunset di Trawangan. Kemudian, turunlah gw ke meja receptionist dan menanyakan sepeda yang sudah dijanjikan sebelumnya. Namun, lagi-lagi bikin bete karena sepedanya sudah habis dipesan. Rghhhh!! Kemudian gw dikasih tau kalau ke arah Hotel Ombak Sunset ada banyak tempat persewaan sepeda. Okelah gw agak tenang saat itu karena gw emang mau ke arah sana buat liat sunset. Tapiiii kampreeetnya adalah ternyata setelah gw sampai disana, daerah Hotel Ombak Sunset itu nggak ada yang ngerentalin sepeda! Ah elah!

Yaudah lah dengan semangat 45 gw memutuskan buat jalan kaki ke arah pelabuhan dengan rute setengah Pulau Trawangan ini yang nggak ada jalan pintasnya. Mau balik lagi ke arah hotel juga sama aja jauhnya, okelah itung-itung gw disini bakar kalori buat nurunin berat badan. Wkwkwkwk... *kelesss kii..!!

Oh iya, suasana di bagian barat Trawangan ini kontras sama suasana di timur (dekat dermaga), disini cenderung lebih sepi tapi banyak kafe mahal yang menjual pemandangan sunset. Nah kalau di timur jauh lebih ramai dan banyak restoran maupun warung-warung kecil disana. Berhubung saat gw disana masih termasuk musim liburan (1 Januari), jadi banyak wisatawan disini yang berbondong-bondong buat liat sunset-nya Trawangan. Ada titik point atau spot favorit yang mainstream disini buat foto-foto yaitu ayunan tepi lautnya Hotel Ombak Sunset.  Ternyata ayunannya ada 3, gw pikir cuma ada 1. Dan ternyata lagi gak cuma Hotel Ombak Sunset yang punya ayunan, ada beberapa hotel lagi disini yang punya ayunan itu buat spot foto-foto, sekaligus menjual nilai dari hotel itu sendiri menurut gw.

Agak bergeser sedikit dari spot ayunan favorit itu, gw berhenti sejenak buat nikmatin pemandangan matahari tenggelam. Rasanya beneran luar biasa bisa ngeliat mahatari lenyap bak ditelan lautan di ufuk barat. Duileeeeh… Aaaaaah gak pengen balik Jakarta rasanya kalo inget momen itu.
jalan sehat sore hari menelurusi Trawangan
lucu ya pohonnya!
kafe-kafe yang baru saja mengadakan party-party tahun baruan
spot ayunan yang mirip punya Hotel Ombak Sunset
pohon unik lagi! Haha...
suasana sunset di Trawangan
sunset di Trawangan
matahari yang semakin tenggelam di ufuk barat Trawangan
Saat hari mulai gelap, lampu-lampu kafe, restoran, dan hotel pun mulai nyala satu per satu. Waaaww!! Trawangan berubah menjadi sebuah pulau dengan kehidupan yang kontras berbeda saat siang hari, glamour nan mewah dikala malam. Kehidupan Gili Trawangan baru saja dimulai!

Ketika mendekati daerah dermaga, gw melihat ada satu swalayan yang di depannya berjajar sepeda-sepeda. Saya pun masuk ke dalam sekalian membeli minuman karena hausnya bukan main. Gw sebenernya pengen pinjem sepeda yang ada keranjangnya, bukan karena apa, itu keranjang buat naruh tas kamera gw yang berat kalo diselempangin terus. Nah ternyata yang tersisa tinggal sepeda yang berjenis fat bike. Itu sepeda yang rodanya gede banget! Ebuseet bu mentang-mentang saya gede, dikasih yang gede juga! Haha...

lampu-lampu restoran dan kafe sepanjang jalan Gili Trawangan pun mulai dinyalakan
banyak kafe-kafe mahal disini...
semakin malem semakin asik buat jalan kaki
Gw sepedaan sambil nyari dimana letak Pasar Sentral Trawangan, yang ternyata nggak perlu susah nyarinya karena deket sama dermaga. Nah sialnya gw cuma bawa duit pas-pasan saat itu karena udah kepake buat sewa sepeda 100 ribu/hari dan gw juga nggak bawa atm karena dompet ada di hotel. Ya mau nggak mau gw harus balik dulu ke hotel buat ambil uang.

Ternyata oh ternyata, ke arah GiliKlapa Hostel ini gelap gulita men jalanannya! Kagak keliatan beneran! Bule-bule yang lewat banyak yang nyalain flash dari hapenya buat ngeliat jalan, gw pun melakukan  hal yang sama. Perjuangan banget balik ke hotel, ditambah itu jalanan berpasir dengan sepeda yang beneran berat banget buat dikayuh karena ban raksasanya itu lo! Kurus dah gw disini! Kurus! Makin masuk ke dalem makin sepi wisatawan dan gw baru inget kalo siang tadi gw ngelewatin kuburan. Mana tu kuburan! Mana! Dengan sok stay calm gw lewatin kuburan depan perlahan.

Setelah uang gw ambil, gw balik ke arah Pasar Sentral dan lewat kuburan itu lagi. Ah elah! Gw gampang banget haus disini, jadi gw mampir tu ke toko dan beli air minum yang 1 liter. Oia, disini air mineralnya nggak ada Aqua lo ya, mereknya Narmada yang katanya sih merek lokal dan berasal dari mata air di Lombok. Okelah, sesampainya di Pasar Sentral Trawangan, gw liat banyak banget yang jualan makanan, mulai dari seafood, bakaran, gorengan, burger, kebab, martabak, dll. Tapi gw suka karena yang jelas dan pasti harganya murah meriah dibandingan gw harus makan di kafe atau restoran disana. Gw milih satu warung tenda yang nyajiin prasmanan dan gw makan pakai opor ayam, sayur buncis, bakwan 1. Nakkk naaan cuma abis 25 ribu doang!!

suasana di Pasar Sentral Trawangan
rame para pembeli dan pedagang di Pasar Sentral
Perut kenyang dan balik ke penginepan, lalu sebuah kejadian yang nggak akan pernah terlupakan terjadi disana. Di atas tadi kan gw cerita ada cerita di hotel ini yang bikin gw bete, salah satunya ini. Jadi, pas gw lagi rebahan nyantai di kamar sambil mainan hape, ada sesuatu yang luar biasa terjadi di sebelah kamar gw. Kan di atas gw bilang tadi ya, pembatas antara kamar cuma bambu-bambu yang disusun, nah tau lah pasti masih ada rongga yang keliatan antara bambu satu dengan bambu yang lain kan? Naaaah, terlebih lagi semua bangunannya terbuat dari kayu, eeeh ada yang ohoook ohoook dong disamping dan keliatan men ama gw! Oh my god! Itu kayaknya bangunan hotel goyang semua dan bergerak kenceng banget. Deim! Hampir sekitar 20-30 menit gw berasa aneh ngerasain di kamar sendiri dan bingung harus ngapain. Ah kampret! Haha... Begitulah cerita hari kedua saya di Lombok, keren dan mengesankan yah! Wkwkwk....