[LOMBOK Day 4] Pantai Mawun. Pantai Terindah di Lombok!

1:45:00 AM

Lombok Hari ke-4 (Minggu, 3 Januari 2016)
Pantai Selong Belanak – Pantai Mawun – Pantai Kuta

Hari keempat di Lombok gw akan semakin menghitam. Huahahahaha…Semua destinasi wisata di hari Minggu tanggal 3 januari ini adalah pantai semua. :O Yap! Gw akan pindah ke daerah selatan Lombok, tapi masih dalam bagian wilayah Lombok Tengah. Destinasi pertama adalah Pantai Selong Belanak.

Sekitar jam 7 pagi setelah sarapan gw langsung bergegas cabut. Dengan sok taunya gw, dimana gw ngikutin petunjuk jalan yang bertuliskan Selong. Hampir 30 menit gw nyetir bawa motor dengan pedenya ngikutin petunjuk arah itu, sampai gw tersadar kok semakin lama semakin gw gak yakin sama kepercayaan gw berpatokan sama papan petunjuk arah itu. Setelah gw buka Waze dengan kalemnya, gw tersadar kalo gw salah jalur. Gw justru menuju ke arah timur Lombok, bukan ke arah selatan seperti yang gw mau tuju. Lhaaaa? Terus itu Selong apaan? Ternyata nama Selong ini adalah Kabupaten Selong yang ada di Lombok Timur. Bukan petunjuk arah ke Pantai Selong Belanak. Whaaaat!!! Lhaa dhalaaah!!! Piye to leee…
(hijau) jalur yang rencanya mau gw lewatin lewat Desa Sade, (biru) jalur setelah nyasar
Akhirnya dengan gaya sok elegan gw puter balik ke rute Selong Belanak yang bener. Perjalanan dari kota Mataram ke Pantai Selong Belanak gw tempuh sekitar kurang lebih selama 1,5 jam. Lagi-lagi yang bikin gw salut sama Lombok adalah jalan rayanya yang punya aspal halus dan rata. Enak banget berkendara di Lombok, ditunjang sama warga disini yang memang sangat berhati-hati dalam berkendara.

Sesampainya di Pantai Selong Belanak gw harus membayar biaya masuk sebesar 10 ribu rupiah. Gw gak tau ya entah itu uang masuk kantong pribadi apa masuk kas pemerintah. Soalnya yang jaga di pos tiket juga gw liat kayak warga-warga disekitar, bukan petugas resmi yang pake seragam atau apalah itu. Ya gw sih positive thinking aja lah semoga duitnya beneran masuk kas pemerintah buat pengembangan pariwisata di Lombok itu sendiri.

Pas sampai di pantai gw langsung pengen cari kamar mandi buat ganti celana. Tapi di sisi lain gw juga haus, jadi sambil nyari kamar mandi dimana letaknya gw pun mampir ke salah satu warung disana (yang penjualnya lagi siap-siap mau buka). Sekaleng sprite seteguk demi seteguk gw habiskan sambil gw jepret-jepret foto dari bangku warung beratapkan daun kelapa itu. Yang punya warung namanya mas Jack, orangnya baik banget dan gw sempet ngobrol sebentar sama doi. Doi ternyata seorang surfer dan doi dengan baik hati nawarin gw ngajarin surfing sampai bisa. Wiiiiiih… Oia pas gw tanya mas Jack dimana kamar mandi ternyata letaknya udah kelewat jauh sama gw, kamar mandinya deket parkiran. Yah jauh banget gw harus balik lagi kesana karena cuma mau ganti celana. Akhirnya gw minta izin sama mas Jack minjem kamarnya buat ganti celana dan mas Jack pun mempersilahkan gw dengan ramah. Thankyou mas Jack!!
duduk manis di Warung Mas Jack
menu di Warung Mas Jack
Pantai Selong Belanak
jagung bakarnya menggiurkan
Gw jalan semakin menjauh dari keriuhan dan kerumunan wisatawan di Pantai Selong Belanak. Gw nyari spot dan tempat yang agak sepi disini. Nah pas lagi asik-asik nya foto, datanglah segerombolan anak-anak dan 1 orang dewasa yang tenyata mereka lagi nyari ikan. What? Di bibir pantai nyari ikan? Dan pake jaring? Ketidakpercayaan gw digugurkan sama setengah ember ikan yang hampir penuh. Makin-makin pas si bapak ngelemparin tu jaring, gak sampe 1 menit udah ada satu ikan gede yang masuk jaringnya. What!!

Nah pas lagi asik-asik nyantai dan foto-foto, gw disamperin sama seseorang berambut gaya Bob Marley.
“Mas maaf, saya mengganggu gak ya?”
“Oh ya, silahkan mas”
“Iya, begini mas. Di daerah Lombok ini, khususnya Lombok Utara masih sepi ya mas. Belum banyak penjagaan dari Polisi setempat. Nah mas ni bawa kamera dan barang lainnya. Harap hati-hati ya mas, waspada aja”
“Oh siap mas, makasih infonya”
“Oke mas itu aja, saya balik ke sana lagi ya”
“Siap thanks mas!”
Ternyata si masnya hanya mau menginfokan sama gw buat lebih hati-hati selama di Lombok. Waww!! Respect! Masih ada mereka-mereka yang baik hati mau memberikan himbauan kepada para pendatang yang datang ke tanah-nya supaya lebih waspada.

Nah pantai Selong Belanak ini bagus, lautnya hijau kebiruan. Tapi alangkah lebih bagusnya lagi kalo kita bisa liat dari atas bukit. Karena bibir pantai dan garis lautnya disini sejajar, jadi mungkin agak kesulitan buat puas nikmatin pantainya. Sebenernya selama ada di pantai ini gw lagi nyari jalur buat naik ke bukit yang berada di sekitaran Pantai Selong Belanak ini, tapi gak ketemu.
pengan tau cara naik ke bukit itu
Pantai Selong Belanak ramai pengunjung
Setelah puas nikmatin Selong Belanak, gw cabut ke destinasi pantai selanjutnya yaitu Pantai Mawun. Dikarenakan memang masih dalam satu wilayah dan satu garis pantai. Jalanan dari pantai Selong Belanak ke Pantai Mawun ini relatif lebih sepi sih menurut gw (walaupun itu masih termasuk high season waktu gw kesana). Ya emang bener gw rasa jangan sampe kesorean kalo lewat sini sih. Sesampainya di area Pantai Mawun disini juga ada biaya masuk sebesar 10rb rupiah dan pas gw parkir ada kejadian yang menurut gw gak sepantasnya terjadi.

Jadi ada 3 orang turis asing yang mau ngambil motor di parkiran, nah ada seorang warga lokal yang dari gelagatnya dan omongan ke turis asing itu gak ramah. Gw yang lagi asik ngelepasin helm, masker, jaket dll sayup-sayup denger kalo ternyata si warga lokal yang gak ramah itu mintain duit parkir ke turis buat 2 motor sebesar 50rb. What!! Eh gak berapa lama tiba-tiba datanglah dan parkirlah mobil Jazz warna merah dan parkir disamping bule itu. Jeng jong!! Ternyata yang keluar adalah 5 orang polisi yang pada bawa senapan laras panjang (penjagaan musim liburan tahun baru kali ya). Huahahahaha… Tiba-tiba ada seorang bapak-bapak yang nyamperin ke warga lokal itu dan bilang “sudah-sudah” sambil mengembalikan uang si bule dan menyuruhnya pergi.

Sangat disayangkan sebenernya hal ini harus terjadi, apalagi pada pariwisata Lombok yang sedang digembar-gemborkan ke luar negeri (pasang iklan “Visit Indonesia” Lombok NTB di Taksi London”). Memang scam tidak hanya ada di Indonesia, tapi kebanyakan negara Asia Tenggara. Hal tersebut akan berpergaruh terhadap kunjungan wisatawan yang datang ke objek wisata tersebut.

Balik lagi ke Pantai Mawun dan pas gw berjalan dari parkiran menuju pantai-nya. Gw cuma bisa melongo saat itu!! Gilaaaa!! Kereeen banget ini pantai!! Pada bilang Selong Belanak yang paling bagus di Lombok, tapi menurut gw Pantai Mawun lah yang terkeren! Disini dataran-nya lebih tinggi daripada permukaan air lautnya, jadi kita bisa dengan jelas nikmatin hijau birunya lautan di Pantai Mawun ini. Gw dapet teduhan yang nyaman dan enak di bawah pohon kelapa. Disini gw gak ngelakuin apapun dan gak dengerin musik apapun, cuma nikmatin pantai yang super keren!! Hampir 2 jam nothing to do gw di Pantai Mawun ini sambil gw nunggu jam check-in hotel di Kuta buat malem ini.
Pantai Mawun
nyantai gak ngapa2in terkadang jadi hal terasik
pantai terkeren di Lombok!
Saran terbaik gw sih kalo klo emang mau ke pantai-pantai yang ada di Lombok ini sebaiknya lo pake kacamata Polarized. Kenapa gw bilang gitu? Kacamata Polarized ini bisa ngeredam panas dengan sangat baik tapi gak akan menghancurkan warna dari objek yang lo liat. Malah justru setelah gw coba, kacamata Polarized ini nambah tingkat kontras warna objek yang lo liat. Percaya deh sama gw, beda sama kacamata hitam biasa yang non-polarized mungkin akan tampak gelap aja karena hanya mereduksi pencahayaan aja. (cobalah browsing di Google aja deh, si mbah Google lebih banyak tau). Hehe.

Gw cabut dari Pantai Mawun sekitar jam 2 siang karena bertepatan sama jam gw check-in di hotel. Perjalanan dari Pantai Mawun ke daerah Pantai Kuta agak lumayan jauh sih menurut gw dengan kondisi jalanan naik turun berbelak-belok (mungkin kalo dari kalian yang pernah jalan dari Pantai Pandawa ke Uluwatu Bali, kondisi jalanannya hampir mirip-mirip). Nah sesampainya di area Pantai Kuta gw langsung melihat plang papan petunjuk bertuliskan Lara Homestay, tapi sebelumnya gw yang kehausan dan kelaparan mampirlah sebentar di Indomaret depan plang tersebut. Haha..

pemandangan di perjalanan dari Pantai Mawun ke Pantai Kuta
Lara Homestay gw pilih di pegipegi.com karena selain lagi ada promo waktu itu, tapi di TripAdvisor ratingnya juga bagus dan banyak komentar positif tentang penginepan ini. Lokasinya dari jalan raya kita harus masuk ke dalem gang kecil gak beraspal, nanti barulah bertemu dengan bangunan tingkat 2 dengan cat abu-abu bertuliskan Lara Homestay.  Gw tiba disana langsung disambut oleh Ibu Lara yang supeeer baik! Gw dipersilahkan duduk dan gw pikir gw disuruh nunggu sebentar. Ternyata beliau ngejelasin sesuatu ke gw.

“Mas Ikhda, sebelumnya saya mohon maaf. Ternyata begini, seharusnya memang yang menginap di kamar yang akan mas tempati check-out siang ini. Tetapi ternyata turis asing yang menginap ini sakit dan menambah waktu menginap disini. Saya tidak bisa menolak dan saya pun juga tidak bisa membiarkan mas. Jadi saya sudah siapkan kamar untuk mas, nanti silahkan ikuti mba itu ya mas”
“Oh baik Ibu Lara tidak apa-apa, terimakasih sebelumnya”

Gw pikir gw akan ditempatin di penginepan Lara Homestay 2 punya Ibu-nya yang lain tapi gak dilokasi ini. Tapi kok tadi Ibu Lara sempet bilang “Saya beri kamar di Hotel ya mas”. Gw gak ngeh kalimat si Ibu Lara sambil pamitan pergi pake motor ngikutin si Mba-mba pelayan homestay-nya Ibu Lara. Eh bener aja dong si mba-mbanya belok ke hotel namanya Melati Hotel & Resort Kuta Lombok. What!! Si mba-mba tadi bicara sama receptionist hotelnya dan gw disuruh menunggu di meja tamu-nya. Lantas si mba-mba tadi meninggalkan gw dengan senyuman ramahnya. Gak berapa lama pelayan dari hotel itu datang membawakan gw segelas Orange Juice dingin yang dengan sok elegannya gw minum tu dikit-dikit, padahal haus banget gak ketulungan. Wkwkwk…

Gak berapa lama salah satu pelayan hotel-nya mempersilahkan gw buat ikut menuju kamar yang akan gw tempatin. Betapa kagetnya gw dapet kamar yang ukurannya super duper besar dengan 2 kasur King Size. Whaaaat!!! Ini buat gw gegulingan juga masih kegedean. Gw dikasih kamar di lantai 2 yang ngadep kolam renang dan bukit di daerah Kuta ini. So, karena daritadi gw penasaran berapa harga permalemnya di hotel ini, browsinglah gw di booking.com yang ternyata kamar gw semalemnya harganya 450rb. Wheeee!!! Gw dapet harga di Lara Homestay cuma 150rb tapi gw tidur bermalam di kamar seharga 450rb.

Setelah ruangan dingin dengan hembusan AC, TV nyala dengan channel internasional-nya, rebahanlah gw dikasur berukuran besar yang super empuk dengan selimut yang super tebel. Gw nyemilin biskuit Selamat sambil nonton TV sampe sekitar jam 5 sore. Perut gak kuat sok-sokan cuma nyemilin wafer coklat doang, akhirnya gw mutusin buat keluar berharap bisa dapet makan murah disini.

Gw cabut ke arah Pantai Kuta dengan excited yang dimana ekspekstasi gw berubah saat berada disana. Pantai Kuta ternyata gak sebagus yang gw bayangin, pantainya kotor.L Banyak banget sampah disini, di pinggir pantai dan bahkan di sela-sela karang yang air-nya sore itu lagi surut. Terlebih katanya (obrolan di forum) banyak pedagang kaos/kain yang menawarkan dagangannya secara memaksa. Tapi saat gw keliling pantai disana dan foto-foto di depan tulisan Pantai Kuta memang ada yang menawarkan kaos/kain khas Lombok saat itu, tapi gw menolaknya dengan halus dan si pedagang pun tak memaksa.

Pantai Kuta yang biasa aja
banyak pedagang di sini
para pedagang kain di Pantai Kuta
spot favorit buat foto-foto
Cuma saat ada pedagang anak-anak yang menjual gelang dengan harga “5rb dua, mas”, gw tertarik bukan karena kasihan. Tapi gw tertarik sama salah satu gelang yang dijual si pedagang kecil itu, gelang seperti bentuk mutiara tapi warna hitam. Pas lagi asik-asik milih, datanglah 3 anak yang menjual gelang-gelang lainnya ke hadapan gw “mas, mas ini mas gelangnya bagus”, “mas yang ini aja mas”, “mas murah mas gelangnya dibeli mas”. Whaeeet!!

Babang pusing 1 lawan 4 orang inimah. Hahahaha… Akhirnya daripada gw pusing ni anak-anak pada ngoceh aja depan gw, gw suruhlah mereka semua duduk nyantai di pasir sambil gw milih-milih tu gelang. Akhirnya gw beli tu masing-masing 2 gelang tiap anak, jadi adil karena mereka super duper bawel. Hahaha… Oia di Pantai Kuta ini gw udah prepare bawa botol minum, ini sesuai saran dari Mbak Anis yang katanya pasir Pantai Kuta butirannya kayak merica, jadi bagus kalo dibawa pulang dan ditaruh di botol. Tapi jangan harap lo bisa jalan dengan anggun di atas pasir di Pantai Kuta ini, karena kalo lo jalan gak pake alas kaki sakiiiit coiii!! Ini pasir selain butirannya kayak merica, tapi campur pecahan karang-karang juga.

Sebelum balik ke arah hotel, gw muter-muter daerah di sekitaran Pantai Kuta ini, sembari nungguin matahari tenggelam. Ternyata wilayah/daerah Kuta ini emang rame sama warung atau kafe-kafe yang sebagian diperuntukkan untuk para turis. Tapi sangat disayangkan sih kondisi pantai yang gak mendukung buat turis bakal balik lagi ke Pantai Kuta ini.
kondisi lingkungan/daerah di sekitaran Pantai Kuta
lingkungannya cukup asik dan nyaman
Nah pas jalan pulang ke arah hotel, gw ngeliat pedagang gorengan yang kelihatannya sangat-sangatlah menarik untuk dibeli. Parkirlah motor dengan cantik di depan tu warung Ibu-ibu pedagang gorengan dan gw bawa oleh-oleh sekantong gorengan ke hotel. Gw juga gak langsung belok ke hotel, gw jalan agak jauh dikit dari hotel dan gw ngeliat warung tenda Lamongan yang jual pecel lele, ayam goreng, nasi goreng, dll. Dalem hati gw boleh nih buat makan malem nanti, karena warung makan lainnya sepertinya mahal-mahal.

Sampe hotel gw camilin tu gorengan yang gw beli 12rb isinya 8 gorengan dan ternyata gw kenyaaaang. Hahahaha…. Padahal niatan beli nasi goreng di warung tenda Lamongan udah mencuat. Baiklah niat makan nasi goreng diurungkan dan saatnya tidur malam untuk menyambut hari esok yang lebih baik. Preeeet…!!! Wkwkwk..