Tawar Menawar Sengit Demi Mendapatkan Mutiara Lombok di Sekarbela, Kota Mataram, Lombok

7:00:00 AM

Beli mutiara Lombok di mana?
Beli mutiara yang asli dan murah di Lombok di mana?

Sekarbela jawabannya! Apaan tu Sekarbela? Jadi, Sekarbela ini adalah nama dari sebuah wilayah atau desa yang ada di Mataram. Desa ini katanya terkenal sebagai pengrajin dan penjual Mutiara dari jaman dulu di Lombok. Jadi di sepanjang jalan ini dan bahkan masuk ke dalem gang-gang kecilnya, lo bakalan nemuin buanyak banget toko-toko penjual mutiara khas Lombok (kalau di Jogja ini mirip kawasan Kasongan yang ngejual guci-guci tanah liat).

Gue meluncur ke Sekarbela sekitar jam 4 sore dan pas udah sampai di lokasinya kebingungan mau nyambangin toko yang mana. Okelah, gue masuk ke salah satu toko mutiara di Sekarbela (gue lupa nama tokonya). Di toko ini gue tawar menawar lumayan sengit nih sama si penjualnya, untuk mutiara kualitas super si penjual minta harga 800 ribu buat kalung 2 puteran dan 450 ribu buat yang 1 puteran. Itu yang kualitas super air tawar ya, ada lagi yang kualitas biasa (dibawah super) yang harganya cuma 100 ribuan 1 puterannya. Nah apa bedanya mutiara kualitas super sama yang biasa? Bedanya bisa dilihat dari kasat mata kok, kalau yang super ini bentuk dan polesan mutiaranya hampir bulat sempurna (90-95% lah), tapi kalo yang mutiara kualitas biasa bentuk buletnya nih nggak terlalu rapi (60-65% nan) dan polesannya masih terlihat garis-garis di sekeliling mutiaranya. Kalau di pakai di leher emang bakalan kelihatan jelas sih menurut gue mana yang kualitas super sama yang biasa aja (eh btw ini gue beli bukan buat gue lah ya, wahahahah, ini buat nyokap).
muatiara sekarbela lombok
berhenti di salah satu toko mutiara di sekarbela
muatiara sekarbela lombok ntb
dipilih dipilih...
muatiara lombok sekarbela
mahal juga ya harga mutiara
Balik lagi ke pertarungan sengit tawar menawar kalung mutiara ini, gue tawar setengah harganya untuk kalung yang 2 puteran jadi 400 ribu, tapi si penjual tetep ngotot kalau harganya mentok di 700 ribu. Hampir ada kali setengah jam gue di toko pertama dan daripada hasilnya nihil gue pun cabut pergi dari toko itu. Okelah toko pertama gagal dan nyari lagi toko mutiara di Sekarbela ini, kemudian berhentilah di salah satu toko yang nggak sebesar toko pertama. Di toko ini gue langsung di sambut sama seorang Ibu dan Bapak yang ternyata pemilik dari toko ini (pembeli-pembeli gue dengerin pada manggil doi Bu Haji sama Pak Haji). Nah di sini harganya jauh lebih miring cui, karena kalung mutiara untuk 1 puterannya dihargain 300 ribu dan gue pun spontan nyebut 400 ribu buat yang 2 puteran. Pertama sih Ibunya bilang mentok di 500 ribu, tapi gue masih kekeh di 400 ribu untuk yang 2 puteran.

Sebelum deal, gue dijelasin di sini bahwa ada 3 pilihan kalung mutiara dengan jenis dan kualitas yang sama. Gue pun di suruh milih sama mbak-mbak (salah satu pegawainya), lhaaaa….mana gue ngerti deh (di mata gue ketiga kalung yang diliatin ke gue itu berasa sama ajaaa). Ya gue bilang aja ke si mbaknya;
“nah, mbak kan cewek nih, pasti tau dong mana yang bagus dari ketiga kalung ini?”
“yang ini mas (nyodorin salah satu kalung ke gue)”
gue pun penasaran dong kenapa doi milih yang satu itu….
“kenapa mba pilih yang ini?”
“kalo yang ini kilaunya lebih bagus dari yang lain mas”


Gue jejerin lagi tu 3 kalung mutiara tadi yang gue liat (mana beda kilauuuunyaaaa, sama ajaaaa!!), hahahaha…. Dasar lelaki! Ah nggak ngerti lah gue yang beginian, iya aja apa kata perempuan deh ya. Okelah setelah dipilihin yang bagus, gue masih kekeh di harga 400 ribu untuk kalung 2 puteran ini. Sampai kemudian si Pak Haji yang handle gue dan si Ibu bisik-bisik ke si Bapak, akirnya gue pun dikasih harga 400 ribu untuk kalung mutiara 2 puteran kualitas super ini. Aaaaaaah…. Senang sekaliiii…..!! Thanks ya pak, bu! Semoga laris tokonya! Hehe…

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+