My Bucket List (23 Things to Do/Buy Before Old or Die)

3:03:00 AM


Ngejalanin hidup emang lebih seru dan lebih bersemangat ketika lo punya tujuan tertentu. Entah apakah itu pastinya setiap orang mempunyai tujuan yang berbeda-beda, ada yang sifatnya jangka panjang dan ada juga yang jangka pendek. Dimana hampir semuanya memang membutuhkan uang dan gue pun nggak munafik akan hal itu. Jujur, sebenernya gue orangnya susah banget buat nabung untuk hal-hal yang sifatnya jangka panjang. Itu beneran menjadi hal paling susah yang saat ini masih menjadi tantangan tersendiri buat gue. Tapi kalau nabung untuk hal-hal yang sudah jelas dan pasti, misalnya dalam 4-5 bulan ke depan mau jalan-jalan ke suatu tempat, nah barulah gue dengan “berdarah-darah”-nya berusaha bagaimanapun untuk  bisa menyisihkan gaji demi hal tersebut.

Lalu apa sebenernya solusi tepat buat orang-orang kayak gue yang emang susah buat nabung sendiri untuk jangka panjang? Pertama adalah dengan cara melakukan cicilan pada sesuatu hal yang harganya lumayan tinggi, misalnya motor, mobil, laptop, atau bahkan rumah. Biasanya dengan cara ini maka gaji yang setiap bulan turun akan “mau tidak mau” dan wajib digunakan untuk membayar cicilan tersebut. Hal ini udah gue terapin pada 1,5 tahun terakhir dan bahkan akan terus berlanjut.

Nah balik lagi ngomongin masalah semangat hidup, gue pribadi punya target-target yang beneran pengen banget gue coba, gue lakuin, dan gue rasain sebelum gue udah ketuaan dan males melakukan berbagai hal seperti kebanyakan orangtua. Mereka sibuk ngurus rumah tangga, sibuk mikirin karir kerjaannya, sibuk mikirin masa depan anaknya, sibuk mikirin keuangan, sibuk ini itu yang omaaigaaaat gue belum siap akan hal-hal ituuuu…L Terlebih di umur 24 ke atas ini pastinya lo lo pada udah pada bosen atau jenuh kalo dicecer sama pertanyaan-pertanyaan yang itu-itu aja, ya lu tau lah ya apa itu. Ditanyain ortu atau temen ortu pas kondangan kapan nikah lah, diceramahin nabung buat sewa gedung mahal lah, ini lah itu lah. Meeeeeen!!! Sedih banget! L

Tapi entah dimana gue pernah denger kutipan atau nonton film apa gitu, gue lupa judulnya. Tapi disana ngejelasin yang intinya sih menjadi tua itu nggak pernah salah dan jangan lo takutin, itu semua akan tetap mengasikkan tergantung lo gimana ngejalanin proses menuju tahap itu. Mulai dari situlah gue punya semangat 45 buat ngisi hidup gue selain berangkat kerja, pulang, kena macet, tidur, ~~~~ (looping terus-terusan). Apalagi kalau bukan jalan-jalan yang walaupun gue lakuin sekitar 3 – 4 bulan sekali karena emang harus nabung buat ha; itu, tapi it’s okeiii. Setidaknya gue punya cerita selain social life di kantor atau rumah yang mungkin itu-itu aja dan ngebosenin.

Hal-hal itu selalu terpikirkan kalo gue lagi nggak ngelakuin apapun atau sekedar melamun. Ya kalo orang-orang sekarang sih biasa nyebutnya bucket list. Haha… Coba gue bikin point deh apa aja yang kepengen banget gue lakuin sebelum gue tua dan die nantinya. Eh kok serem ya…

1.       Karimun Jawa!
Wah ini nih udah kepengen dari pas jaman kuliah di Jogja, udah bolak-balik diajakin temen tapi gak kesampean terus. Padahal dari Jogja dulu deket, nyesel gak ikutan. Malah keduluan pantainya Gili di Lombok, tapi tetep denger cerita dari orang-orang dan liat blog-blog mereka sepertinya Karimun jauh lebih indah. Pengeeeen..

2.       Jalan-Jalan di Eropa
Ini ni gegara semenjak di rumah pasang TV kabel dan kebanyakan nonton tayangan-tayangan yang paling sering di Eropa entah itu kuliner atau wisatanya. Aaaah…. entah kenapa pokoknya negara-negara di Eropa itu beneran menarik buat dikunjungin, ngebayangin jalan kaki di pasar tradisional atau pedesaan di Eropa tu bikin “melayang” banget.

3.       Nyobain Turkish Delight di negaranya langsung
Hahahahaa…. Ini sih agak nggak penting yaa. Wkwkwkw… Ini kepengen banget nyobain Turkish Delight gara-gara nonton Narnia pas si Edmund dikasih Turkish Delight sama White Witch. Semenjak itu penasaran sama rasanya dan sampai sekarang belum pernah kesampean nyoba. Ya, walaupun gw pernah liat di Food Hall sih, wkwkwk.. Tapi siapa tau gue berkesempatan nyoba itu di Turki langsung. :P

4.       Naik Garuda Indonesia dan pesawat kelas bisnis
Nah kalo yang ini jadi salah satu bucket list yang udah kesampean. Naik Garuda emang udah kepengen dari lama, ya cuma karena satu alasan sih emang harganya kelewat diatas rata-rata. Nah kalo kepengen naik kelas bisnis nih, duileeeh… Haha… Ini gara-garanya nggak sengaja nonton random di YouTube trus ketemu video turis yang dateng ke Indonesia pake kelas bisnisnya Garuda. Kok dirasa-rasa nyaman bener dan mulai dari situlah gue kepengen naik Garuda dan makin-makin kepengen naik kelas bisnisnya.
Daaaan tau apaaa?? Keduanya tercapai dalam satu waktu, hehe J. Kebetulan di sekitar bulan Desember 2014 gue lagi ada rezeki lebih dan gue bela-belain beli tiket sekitar 2,4 juta buat sekali terbang ke Surabaya tanggal 1 Januari 2015. Pengalaman yang luar biasa dari hasil jerih payah sendiri. 

5.       Naik salah satu maskapai luar negeri dan pesawat big body
Kepinginan (bahasa apaan kepinginan -_-) yang satu ini sebenernya udah hampir kesampean banget ini pas mau liburan ke Vietnam. Tapi gagal bin total gara-gara dapet promo murah-nya dari AirAsia. Haha… padahal gue udah ngidam pengen ngerasain naik Tiger Air atau JetStar. Kalo pesawat Big Body kayaknya itu maskapai-maskapai besar dengan penerbangan long haul kayak ke Eropa atau Dubai. Naik pesawat kok ya kalo nggak Boeing 737-800 NG, paling banter Airbus A320.

6.       Pergi sendirian ke luar negeri (Solo Traveling)
Sebenernya bucket list yang satu ini tercapai karena ketidaksengajaan (haha..namanya mah bukan bucket list itumah). Keinginan buat jalan-jalan sendiri di dalem negeri pernah dilalui, nah semenjak itulah gue merasa tertantang buat pergi jalan-jalan ke luar negeri sendirian. Tantangan terbesar bagi gue adalah komunikasi menggunakan Bahasa Inggris, yang gue sendiri akuin cuma bisa mengerti apa yang orang bilang, tapi buat tek-tokan komunikasi gue akan sedikit nyerah. L

7.       Punya paspor dan pergi ke luar negeri
    Naaaah…. Keinginan buat pergi ke luar negeri ini datangnya dari semenjak awal kuliah. Gue kuliah jurusan Sastra Prancis dan banyak mata kuliah lain yang gue ambil berbasis pariwisata. Mulai dari situlah gue kepengen banget pergi ke luar negeri dan tentunya punya paspor dulu lah ya. Sampai pada akhirnya gue kerja di Jakarta dan di awal tahun 2015 kemarin tim kantor buat seru-seruan bikin resolusi tahunan yang di catet di atas post-it dan ditempel di ruangan kantor. Disana tertera bahwa gue pengen berkesempatan jalan-jalan ke luar negeri, 2015 gak kesampean tapiii finally di tahun 2016 ini, bulan Februari gue mendapatkan paspor dan di bulan Mei 2016 gue berhasil meng-explore salah satu kota di negara IndoChina.

8.       Nyobain street food di banyak negara
Huaaaah yang satu ini sih harus dan wajib banget. Bukan keseringan lagi nonton tayangan kuliner street food di National Geographic Channel sama YouTube, tapi emang jadi rutin nonton beginian di kantor kalo kerjaan dah kelar dan gatau lagi mau ngapain. Rasanya nyobain street food dari berbagai negara tu asik dan seru, ketimbang nyobain makanan di restoran. Aaaaaaaah…

9.       Sunsetan di Old Bagan, Myanmar
Pengen banget kesini gara-gara nggak sengaja baca blog yang jelasin keindahan Old Bagan di Myanmar. Dan pas browsing gambar-gambarnya di Google, baaaah giling keren banget.


11.   Punya DSLR
Ya ampun ini angan-angan dari pas jaman masuk kuliah, udah sempet gabung sama komunitas fotografi di kampus dan keterima jadi fotografer di majalah kampus. Katanya sih gapapa waktu itu pake kamera digital, tapi gue nya yang agak minder. Yakali semua pada pake DSLR, tapi gw sendiri pake kamera digital. Akhirnya perlahan demi perlahan gw meredup dari 2 komunitas itu dan akhirnya setelah bekerja gw dikasih rezeki buat nyicil kamera DSLR. Pinjeman datang dari sang Ibunda tercinta yang baik hati yang bersedia anaknya untuk nyicil kamera Canon EOS 700D + Lensa Tele + Dll-nya yang hampir nyentuh angka 10juta.

12.   Punya motor sendiri (Mio GT/Xeon GT)
Gw naksir ini motor pas pertama kali Mio GT keluar dan waktu liburan ke Bali pas disuruh milih motor gue pun milih Mio GT warna putih merah. Gatau kenapa model lampunya tu keren dan emang mirip Chevrolet Camaro. Ada insiden pas kerja gue jatoh naik Honda Karisma dan semenjak itu gw mutusin buat beli n nyicil motor Xeon GT 125 warna merah yang keyeeeen. Cieeee… :P

13.   Punya Macbook
Haha ini sih kayaknya cuma latah aja liat-liat orang pada pake Macbook nya pas nongkrong di kafe. Eh tapi gak juga sih, gw abis kehilangan laptop dan butuh laptop yang mengakomodir kebutuhan gw. Laptop yang cepet, bukan gw gak bersyukur gw skrng pake netbook, tp RAM 2GB buat jaman sekarang ini udah lelet banget men. Gak asik jadinya kalo mau browsingan apalagi buka tab di chrome banyak banget.

[update] di akhir November 2016, Alhamdulillah gue diberikan rezeki buat nyicil laptop apel kroak selama setahun ke depan. 

14.   Punya HP agak mahalan dikit
Dari dulu bersyukur udah bisa gonta-ganti hape berulang kali (Nokia 3310, Siemens M55, Nokia 6610, Sony Ericsson K508i, Motorola L7, Nokia 5310 XpressMusic, Nokia 6600 Black Edition, Motorola W396, Sony Ericsson J108i Cedar, Motorola RAZR V9 Ferrari Edition, Blackberry Bold 9000, Sony Ericsson Xperia Mini, Nokia Lumia 520, Motorola Moto G). Tapi itu semua hape kisaran-kisaran menengah kebawah, gw pengen sekali-kali punya hape mahal gitu diatas 5 juta, ya hasil jerih payah sendiri dengan cara menabung. Lagi naksir Sony Xperia Z3+, LG G4, atau LG/Motorola Nexus. Waaahh pengen!!

[update] di bulan Juni 2016, gue ada rezeki lebih buat beli iPhone 5s (hape paling lumayan daripada hape-hape gue sebelumnya)

15.   Koleksi HP Motorola
Dari dulu semenjak pake pertama kali Motorola L7 beli seken di counter hape, udah kesengsem sama Motorola. Gatau kenapa ya, produknya tuh jarang yang punya, disini banyak yang ngeremehin merk Motorola. Tapi sebenernya gw tau kualitas Motorola ni Amerika punya dan disana disanjung-sanjung. Terlebih dari itu gw orangnya gak suka punya barang yang mainstream atau banyak orang yang pake misal kayak seri Galaxy-nya Samsung dan tadinya kesengsem sama fitur-fitur gilanya Asus Zenfone, tapi karena Zenfone jadi ponsel sejuta umat jadi males belinya. Jarang kan orang pake Motorola disini? Dulu sempet punya RAZR V9 Ferarri Edition beli seken batangan dan itu kece banget pas dibuat telpon (logo Ferarri gede nyala di layar belakangnya). Beda men! Kaga ada yang punya! Nyesel gw jual dan sekarang nyari hape-hape jadul Motorola susahnya minta ampun dan sekalinya ada harganya selangit.


16.   Tidur dan menginap di kamar dormitory
Ini ni satu hal yang masih menjadi tantangan pribadi buat gue, karena masih belum punya keberanian buat tidur di penginepan model dorm. Entah kenapa banyak tanda tanya "?" yang masih menyeruak di pikiran kalo gue mau mutusin buat tidur yang permalemnya rata-rata cuma 50-70ribu. Semoga segera bisa kesampean segera ngerasain nginep satu kamar sama banyak orang.

[update] akhirnya setelah rasa was-was melanda, pada akhir Februari 2017 kemarin ke Singapore gue berhasil mencoba menginap di kamar dormitory

17.   Ngerasain salju
Seru kali ya bisa ngerasain salju trus pake coat bulu ala-ala gitu. Huakakakkaka… Tapi gue ngebayangin salju tu turun di depan istana Kremlin, Rusia. Ya gitu trus pake coat tebel yang di capuchones-nya ada bulu-bulu gitu. Huakakakka apaan sih!!

18.   Punya rumah dengan konsep eco green dan desain sendiri
Nah ini jadi bucket list paling besar yang mungkin pengen gue capai. Dari dulu udah ngebayangin kalo lagi baca-baca majalah rumah, enaknya punya rumah yang dibikin sendiri, desain sendiri, trus banyak pohon, ada taman, ada kolam ikannya. Huwaaaa…

Sebenernya bucket list ini bukan hanya angan-angan semata sih, tapi bisa lo jadiin suatu motivasi, harapan, dan juga impian yang bisa bikin nafas kehidupan lo lebih semangat. Cieeelaaah…Dengan lo bikin bucket list ini juga akan bikin lo semangat kerja dan semangat mengumpulkan uang demi hal-hal yang pengen lo capai dalam waktu dekat ataupun panjang. Aheeyyyy..!!!


20.   Maroko
21.   India
22.   Myanmar
23.   Kamboja





pict source: https://media.licdn.com/mpr/mpr/p/8/005/0a8/12e/09ec6d1.jpg

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+