Cu Chi Tunnel: Singkong Rebus Tentara Vietkong Yang Ampuh Mengusir Penjajah di Negaranya

June 19, 2016

cu chi tunnel

Gue ikut tur Cu Chi Tunnel dengan TheSinhTourist seharga 89.000 VND aja untuk half-day dan dimulai pada pukul 1 siang. Jarak dari Saigon (Ho Chi Minh City) menuju Cu Chi Tunnel ditempuh selama 45 menit – 1 jam. Gue di jelasin macem-macem sama guide-nya dengan bahasa Inggris logat khas Vietnam yang agak-agak nggak jelas. Gue denger sebenernya, cuma agak bingung buat ngertinya karena si guide mrebet ngomong Inggrisnya dan di seret-seret. Selama perjalanan menuju Cu Chi Tunnel dari Saigon sebenernya nggak ada yang spesial sih, semuanya tampak biasa aja dengan pemandangan yang sering dilihat di Indonesia. Mirip-mirip ketika lagi pergi ke Cirebon ke Kuningan atau dari Tegal ke Slawi gitu lah. Pohon-pohon, sawah-sawah, dan rumah-rumah warga aja. Haha...
menuju cu chi tunnel
ya kan mirip di Indonesia
Sesampainya di Cu Chi Tunnel, kita akan diberikan tiket yang bisa dikaitkan menjadi sebuah gelang. Dari area pembelian tiket masuk, kita akan terlebih dahulu melewati sebuah terowongan yang lumayan panjang. Entah maksud dibuat terowongan itu apa, gue juga nggak ngerti. Pemberhentian pertama adalah area penjelasan menyeluruh dari apa itu Cu Chi Tunnel. Di awal tur ini kita akan dijelaskan singkat padat tentang sejarah Cu Chi Tunnel ini. Jadi, intinya Cu Chi Tunnel adalah tempat ngumpet tentara Vietcong/Vietkong di bawah tanah untuk bisa terhindar dari serangan musuh. Hal yang bikin Cu Chi Tunnel ini beda dari tempat persembunyian lainnya adalah, ukuran lubang bawah tanahnya yang luar biasa sempit. Gue sempet nyobain masuk dan berjalan jongkok dari satu lubang ke lubang yang lain. Asli men, itu sempit dan bikin pegel banget! Apalagi kalau udah capek, megap-megap, ambil nafas di dalem lubang tu rasanya susah banget. Salut sama para tentara Vietkong ini yang bisa hidup berbulan-bulan lamanya di lubang kayak gini. Selain itu, di Cu Chi Tunnel ini juga terdapat banyak replika dari berbagai macam ranjau dan senjata yang digunakan tentara Vietkong untuk melawan serta menjebak para musuhnya. Serem-serem dan sadis-sadis cui! 
terowongan cu chi
suasana di dalam area Cu Chi Tunnel
rombongan tour cu chi tunnel
bersama para wisatawan lainnya meng-explore Cu Chi Tunnel
lubang sempit Cu Chi Tunnel
temen mencoba masuk ke dalam lubang super sempit
diorama para tentara Vietkong
tembak-tembakan di cu chi tunnel
biaya kalau mau main tembak-tembakan
ranjau tentara Vietkong
salah satu ranjau yang digunakan tentara Vietkong
tank tentara Vietcong
tank milik tentara Vietkong
Nah, di akhir tur Cu Chi Tunnel ini, gue disuguhin makanan yang dimakan para tentara Vietkong selama masa perang yaitu SINGKONG! Hahahaha... ya, singkong rebus! Singkong rebus yang dimakan dengan cocolan campuran gula dan kacang tanah, rasanya? Hehe.. nggak perlu gue cerita lagi lah ya. Intinya, gue salut dengan pariwisata Vietnam karena mampu menjadikan tempat seperti ini sebagai daya tarik utama ketika wisatawan datang berkunjung ke negaranya. Tempat wisata sejarah yang memberikan informasi kepada orang-orang tentang perjuangan Vietnam dalam mendapatkan wilayah dan negeranya dari para penjajah asing.
singkong rebus vietnam
makan singkong rebus! hahahaha....
tentara vietkong
mejeng boleh lah ya sekali-kali

Happy Traveling!

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+