Kuala Lumpur International Airport 2 (KLIA2): Gila, Ini Bandara Gede dan Luas Banget!

June 21, 2016

mendarat di klia2 tengah malam
Pertama kalinya ke luar negeri, pertama kalinya melakukan penerbangan transit, dan pertama kalinya menginjakkan kaki di Kuala Lumpur International Airport 2 (KLIA2). Di artikel ini gue cuma mau ngomongin bandaranya aja ya, karena pengalaman transit udah gue ceritain di sini

Gue sampai di KLIA2 tengah malam dan suasananya udah cenderung sepi, yaiyalah ki! KLIA2 ini emang beneran luas dan gede banget seperti yang diomongin orang-orang di forum, terbukti ketika setelah mendarat, gue kebingungan mencari area ruangan transit. Bingung banget, ke sana kemari dan nyasar, sampai pada akhirnya gue bertanya kepada salah satu petugas yang sedang berjaga (dimana gue lupa kalau di Malaysia ini bahasanya Melayu dan nggak perlu ngomong bahasa Inggris). Sukurin lau ki, sok-sokan Inggris, bingung sendiri kan petugas India-nya ngomong apa! 
terminal kedatangan klia2
kalem aja, bingung pasti di sini kalau buru-buru
transit di klia2
transit nggak perlu lapor lagi kok, langsung aja masuk gate
klia2 malaysia
pintu-pintunya banyak banget njir, bingung princess!
Butuh sekitar 30 menitan dari pintu kedatangan KLIA2 (pas turun dari pesawat) sampai ke area foodcourt dengan berjalan kaki. Lumayan jauh nih menurut gue dan bikin sebel kalau lagi bad mood. Untungnya mood gue malam itu juga lagi bagus karena excited buat liburan pertama kalinya ke luar negeri, jadinya nggak kerasa capek. Saat berjalan kaki ke foodcourt gue melewati sebuah mini shopping mall yang barang-barangnya sepertinya "nggak murah". Nah, setibanya di foodcourt yang buka 24 jam penuh, di sini banyak macam pilihan makanan yang bisa dipilih, mulai dari Burger King, McDonald, masakan India, ayam goreng, dll. Harga rata-rata makanan di foodcourt KLIA2 ini di atas 15 MYR, kalau di Rupiah-kan sekitar 40 ribuan. Harga yang wajar untuk sebuah foodcourt bandara, tapi emang nggak cocok buat para backpacker berkantong pas-pasan, hanya untuk kondisi darurat dan mendesak inimah. 

Kalau yang capek mau selonjoran, ada banyak tempat yang bisa digunakan sebelum area pemeriksaan imigrasi. Tapi kalau yang udah terlanjur masuk ke dalam, ada juga kok. Ada lounge berkarpet, sofa, dan TV yang nyetel film-film box office, cuma gue nggak ke sana karena space-nya udah lumayan penuh saat itu. Area lantai setelah pemeriksaan imigrasi rata-rata nggak dilapisin karpet, langsung keramik yang itu beneran dingin banget kalau tengah malem. Saran terbaik dari gue emang bawa jaket deh kalau emang transit di KLIA tengah malam sampai pagi.
mini shopping mall di klia2
salah satu mini shopping mall di KLIA2
pelepasan antarbangsa klia2
turun ke bawah banyak spot buat bobok, di lantai ini adalah foodcourt-nya
airasia di klia2
jadwal di KLIA2 diisi AirAsia semua, yaiyalah!
buggy service gratis di klia2
sebenernya ada gratisan ini, tapi tengah malem kayaknya off deh, gue cari nggak ada
foodcourt di klia2
kalau mau beli minum di sini
makan di klia2 mahal
ada dunkin donuts juga di area keberangkatan KLIA2
menu makan foodcourt klia2
beberapa menu makan di foodcourt KLIA2 
Pintu pemeriksaan scanning x-ray baru dibuka sekitar jam 4 pagi dan betapa luasnya boarding room di KLIA2 ini. Abjad pemisahan ruangannya mulai dari A-Z itu ada, kebayang kan besar dan massive-nya ini bandara. Setiap boarding room-nya dipisahkan berdasarkan tujuan pesawatnya, iyalah ki, elah! Setiap ruangannya menurut gue juga besar dengan kursi yang lumayan nyaman buat nungguin pesawat datang. Lauar pengumumannya akurat dan pengeras suaranya juga terdengar dengan jelas. Nah di boarding room ini lantainya dilapisi karpet, jadinya membuat suhu ruangannya nggak sedingin di luar area boarding room. Untungnya lagi, masuk ke dalam pesawat pun sudah pakai garbarata, nggak perlu turun tangga kebawah dan naik bis untuk menuju ke pesawat.

Kesimpulannya, walaupun KLIA2 ini memang diperuntukkan menjadi basis maskapai LCC (Low Cost Carrier) AirAsia, tapi jangan sekali-kali meremehkannya karena memang KLIA2 ini bagus dan luar biasa besar. 
lcc airasia di klia2
terbang paling pagi dari KLIA2 sekitar jam setengah 6
klia2 from sky
KLIA2 dari atas, keren kan ya!

So, happy traveling!

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+