Ayam Taliwang, Plecing Kangkung, dan Beberuk Terong, Kota Mataram: Tak Akan Pernah Terlupakan Nikmatnya!

January 13, 2016

Ketika main ke Kota Mataram, kuliner satu ini nggak boleh dilewati begitu aja. Karena menjadi yang paling diburu wisatawan saat berkunjung ke Lombok. Ya, apa lagi kalau bukan Ayam Taliwang.

Sebenarnya ada banyak warung yang menjual ayam taliwang di Kota Mataram, seperti Ayam Taliwang Irama, Ayam Taliwang Dua EM, Ayam Taliwang Kania, dll. Tetapi, kebetulan pas, gue berkenalan dengan seseorang yang asli Lombok, namanya Mbak Anis. Dia tinggal di Mataram dengan orangtuanya. Saat mampir ke rumahnya, Ibunya menyarankan gue untuk mencoba ayam taliwang langganannya, katanya nggak kalah enak Ayam Taliwang terkenal di Lombok.

Nggak pakai basa-basi, setelah itu, gue bergegas menuju tempat makan rekomendasi si Ibu. Warung makan Ayam Taliwang ini lokasinya ada di depan SMP 2 Kota Mataram, tembusannya ke Jalan Pejagik.

Ini adalah warung tenda, bukan restoran. Tapi yang makan di sini ramenya bukan main, padahal lokasinya ada di gang kecil dan terlihat biasa aja
ayam taliwang lombok
ayam taliwang + sambel beberuk terong
Gue lupa harga satu porsi ayamnya, tapi gue jelaskan apa saja yang di pesan di sini. Pertama, gue pesan 1 porsi Ayam Taliwang, Beberuk Terong, Plecing Kangkung, 2 Porsi Nasi, 2 Air Mineral, 2 Puding, 1 Kerupuk Kulit. Tebak harganya berapa? Semua gue tebus hanya dengan 76.000 Rupiah aja. Murah kan.

Ayam yang disajikan untuk satu porsi adalah satu ayam utuh yang dibelah jadi dua, rasanya? Pedas tentunya yang pertama kali terasa di lidah. Bumbu Ayam Taliwangnya merasuk ke dalam daging ayamnya. Jadi, walaupun nggak di cocol ke sambel, rasa ayamnya udah enak.

Plecing kangkungnya segar, baik dari sambel di atasnya atau si kangkungnya itu sendiri. Tingkat kematangan kangkungnya pas, nggak terlalu loyo dan tetapi nggak mentah juga. Jadi ketika digigit masih ada sensasi kress-nya.
plecing kangkung lombok
plecing kangkungnya
beberuk terong lombok
makan malam yang sungguh nikmat di Kota Mataram
Selanjutnya, yang dicoba adalah Sambel Beberuk Terong yang memberikan sensasi segar. Kalau masih kurang pedas, cocol lagi dengan dua pilihan sambel yang ada. Gue nggak sempat bertanya ke penjualnya nama masing-masing sambelnya, tapi sambel pertama sepertinya adalah sambel mentah, terlihat dari biji cabe yang banyak. Sedangkan sambel kedua adalah sambel kacang. Siapa yang paling juara pedesnya? Iya, juaranya adalah sambel mentah. Pedasnya bukan main!

Pokoknya kalau berkunjung ke Lombok, sempatkan mampir ke Mataram dan coba ke sini. Gue nggak tahu rasa Ayam Taliwang Irama atau Dua EM yang terkenal itu bagaimana. Tapi setelah mencoba Ayam Taliwang di sini, gue punya standar rasa enaknya

Ayam Taliwang (9.5/10)
Plecing Kangkung (8/10)
Sambel Beberuk Terong (7.5/10)
Sambel Mentah Goreng (9.5/10)
Sambel Kacang (8/10)

You Might Also Like

0 comments

FACEBOOK

Member of

ID Corners