Ayam Taliwang, Plecing Kangkung, dan Beberuk Terong, Kota Mataram: Tak Akan Pernah Terlupakan Nikmatnya!

January 13, 2016

Ketika kamu main ke Mataram, kuliner yang satu ini nggak boleh dilewatin begitu aja. Karena kuliner ini menjadi yang paling diburu oleh banyak wisatawan berkunjung ke Lombok. Ya, apa lagi kalau bukan Ayam Taliwang. Sebenernya ada banyak warung yang menjual ayam taliwang ini di Kota Mataram, seperti Ayam Taliwang Irama, Ayam Taliwang Dua EM, Ayam Taliwang Kania, dll. Namun kebetulan pas gue solo traveling ke Lombok, gue bertemu dan berkenalan dengan orang Lombok asli, namanya Mbak Anis. Dia tinggal di Mataram bersama orang tua-nya dan saat diajak mampir ke rumahnya, Ibunya menyarankan untuk mencoba Ayam Taliwang langganannya yang nggak kalah enak dari banyak rumah makan Ayam Taliwang yang sudah terkenal di Lombok.

Nggak pakai basa-basi, di malam harinya gue langsung bergegas untuk menuju tempat makan yang dimaksud oleh si Ibu. Warung makan Ayam Taliwang ini lokasinya berada di depan SMP 2 Kota Mataram dan kalo nggak salah tembusannya ke Jalan Pejagik. Ini adalah warung tenda ya, bukan restoran. Tapi yang makan di sini ramenya bukan main, padahal menurut gue lokasinya berada di gang kecil dan biasa aja. Gue lupa untuk harga satu porsi ayamnya, tapi bakal gue jelasin pesen apa gue di sini. Pertama yang tentunya dipesan adalah 1 porsi Ayam Taliwang, Beberuk Terong, Plecing Kangkung, 2 Porsi Nasi, 2 Air Mineral, 2 Puding, 1 Kerupuk Kulit, dan itu semua cuma ditebus seharga 76.000 Rupiah aja. Murah nggak?

Ayam yang disajikan untuk 1 porsi adalah satu ayam utuh yang dibelah jadi 2, rasanya? Pedes adalah rasa yang pertama kali terasa di lidah dan bumbu si Ayam Taliwangnya bener merasuk ke dalam jiwa si ayamnya (haha…maksudnya ke dalam dagingnya), jadi walaupun nggak dicocolin ke sambel, rasa ayamnya udah endesss! Plecing kangkungnya seger baik itu dari sambel di atasnya ataupun si kangkungnya itu sendiri. Masak kangkungnya juga pas, nggak terlalu mateng dan nggak mentah, jadi ketika digigit masih ada sensari “kress”-nya.

Selanjutnya yang dicoba adalah Sambel Beberuk Terong-nya, yang lagi-lagi ngasih sensasi seger sama si makanannya. Kalau masih kurang pedes sama bumbu ayamnya, cocolin lagi dengan 2 pilihan sambel yang dikasih. Gue nggak tau dan nggak sempet bertanya juga ke si penjualnya apa nama masing-masing sambelnya, tapi yang jelas sambel pertama (sepertinya) adalah sambel mentah goreng, terlihat dari biji cabe yang banyak banget. Sedangkan sambel kedua adalah sambel yang ada campuran kacang tanahnya di sana. Siapa yang paling juara pedesnya? Iya, juaranya adalah si sambel mentah. Itu sambel pedesnya bukan main! Walaupun bikin lidah kebakar, tapi sambel mentahnya ini nagih minta dicolek terus, eh!

Pokoknya kalo kamu berkunjung ke Lombok, sempetin buat mampir ke Mataram dan cobain deh ke sini. Gue nggak tahu rasa Ayam Taliwang Irama atau Dua EM yang super terkenal itu bagaimana. Tapi setelah nyobain Ayam Taliwang di sini, gue udah punya “tempat kembali” ketika gue berkunjung ke Kota Mataram lagi. 
ayam taliwang lombok
ayam taliwang + sambel beberuk terong
plecing kangkung lombok
plecing kangkungnya
beberuk terong lombok
makan malam yang sungguh nikmat di Kota Mataram
Maaf gue nggak bisa merinci satu per satu harganya;
Ayam Taliwang : (9.5 dari 10)
Plecing Kangkung : (8 dari 10)
Sambel Beberuk Terong : (7.5 dari 10)
Sambel Mentah Goreng : (9.5 dari 10)
Sambel Kacang : (8 dari 10)

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+

FACEBOOK