Pasar Ben Thanh, Saigon, Vietnam: Semerbak Aroma Kopi dan Biji Bunga Lotus yang Bikin Penasaran!

9:44:00 PM

pasar ben thanh

Pasar Ben Thanh memang menjadi tempat yang paling pas kalau mau cari oleh-oleh murah dari Vietnam. Lokasinya berada di pusat Kota Saigon dan berada di seberang terminal bis dari dan menuju bandara, pasti kalian langsung notice karena bangunan ini mencolok banget dari jalan raya. Pasar Ben Thanh ini juga nggak jauh letaknya dari pusat backpacker di Ho Chi Minh City, yaitu di daerah Jalan Pham Ngu Lao. Palingan cuma 5 menitan lah jalan kaki ke Pasar Ben Thanh ini. 

Bentuk Pasar Ben Thanh ini sekilas mirip-mirip Pasar Beringharjo yang ada di Jogja dan ternyata dalemnya juga hampir mirip-mirip. Kanan-kiri di dalam Pasar Ben Thanh ini banyak banget penjual pakaian dan makanan. Kaos-kaos bertuliskan Vietnam, makanan-makanan ringan, sampai penjual kopi. Nah, ternyata penjual kopi lah yang mendominasi di Pasar Ben Thanh ini. Gue sempet berhenti di salah satu penjual kopi di sana dan dijelaskan berbagai macam jenis kopi, yang sampai sekarang gue pun lupa jenis-jenisnya. Banyak banget men! Selain kopi, ada oleh-oleh yang paling dicari wisatawan ketika berkunjung ke Saigon dan Pasar Ben Thanh ini, yaitu Biji Bunga Lotus. Harganya termasuk mahal, kalau di Rupiahkan sekitar 100-300 ribuan tergantung banyaknya Biji Bunga Lotus itu. Gue pengen sih beli, tapi apa mau dikata seorang backpacker yang nukerin uang VND pas untuk keperluan di keesokan harinya, jadinya hanya bisa melihat saja bentuk dari Biji Bunga Lotus itu. 
bagian dalam pasar ben thanh
di dalem Pasar Ben Thanh nih, padet banget yang jualan
penjual kopi pasar ben thanh
paling banyak ngejual kopi-kopian
oleh-oleh di pasar ben thanh
makanan-makanan kering yang dijual per ons/kg-an
ini kok ada yang kemasan kecil ya? pas gue kesana nggak ada deh (sumber: http://lobaksusue.blogspot.co.id)
Oh ya, suasana malem di Pasar Ben Thanh ini berbeda jauh dengan suasana siangnya. Pasarnya memang tutup, tapi pedagangnya semua pindah berada di jalanan dan sekeliling pasar. Rame banget, kalau di Indonesia mirip-mirip pasar malem gitu. Penjualnya juga sama kayak yang berjualan di dalem Pasar Ben Thanh, penjual pakaian sampai berbagai macam makanan dan kopi-kopian. Saran gue kalau mau beli oleh-oleh di Pasar Ben Thanh ini adalah harus punya mental baja untuk berani nawar setengah harganya atau bahkan 1/4 harganya. Beneran deh, terbukti gue awalnya iseng nanya-nanya harga gantungan kunci dan sok-sokan nggak butuh karena setelah ngucap "setengah harga" kepada si penjual, gue langsung pergi. Eh ternyata gue dipanggil si penjualnya dan dia setuju dengan deal"setengah harga" yang gue minta. Strategi itupun gue terapkan ketika menyambangi salah satu kios pedagang pakaian untuk membeli kaos merah bergambar bintang khas Vietnam dan lagi-lagi itu terbukti. Gue pun berhasil mendapatkan harga yang super murah untuk semua oleh-oleh yang gue beli saat itu. Yeaay! (mau tau gue dapet harga berapa, cek di sini deh)
suasana malam pasar ben thanh
Pasar Ben Thanh nyalanya bagus banget kalau malam
beli oleh-oleh di pasar ben thanh
di sekeliling pasar, jadi tempat jualan oleh-oleh
pedagang kaos di pasar ben thanh
berhenti di salah satu penjual pakaian, nawar sadis di sini, ternyata ampuh!
jajanan kaki lima pasar ben thanh
itu ketan ya, kayaknya cuma diwarnain aja biar menarik, makannya nggak gue beli
gantungan kunci khas vietnam
dapet deh gantungan kunci serenteng dengan harga murah meriah!
Selamat Berbelanja!

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+