Pho2000, HCMC, Vietnam: Ada Mangkok Yang Menjelma Menjadi Baskom!

1:12:00 AM


“Ini rasanya enak!”
“Di Jakarta ada nggak ya?”

Sekarang pun (pas gue nulis artikel ini), gue beneran pengen itu Pho2000 lagi! Gue nggak bohong, kalau gue bilang enak berarti ini patut kalian cobain. Buat nemuin lokasinya gampang banget, karena memang berada di dekat Pasar Ben Thanh. Cari terlebih dahulu The Coffee Bean, kalau sudah ketemu masuk aja ke dalem dan naik ke lantai duanya. Ya, memang Pho2000 berada di lantai dua dan kalian akan mencium aroma kopi terlebih dahulu sebelum mencium aroma khas dari restoran Pho di Vietnam. Kenapa gue bilang khas? Ya, karena baru pertama kalinya gue cium aroma yang seperti itu. Mungkin bagi sebagian orang ada yang nggak terlalu suka atau merasa aneh, jadi be prepare ya.
pho2000 saigon
suasana di dalam restoran pho2000
pho2000 vietnam
banyak pemberitaan, ya mirip-mirip di Indonesia lah ya kalau udah terkenal semua berita di figura dan di pajang
bill clinton pho2000
Presiden Clinton yang pernah mampir makan di sini menjadi nilai jual pho2000

makan pho di saigon
dapurnya pho2000
Gue kebagian kursi yang berada di pinggir jendela dan menghadap ke jalan raya. Nggak lama setelah duduk, menu pun diantarkan oleh sang pelayan berseragam Pho2000. Buku menu gue buka dan ternyata nggak hanya menyajikan sajian Pho aja, ada banyak menu makanan lain khas Vietnam yang bisa dicobain. Nah karena di sini gue emang niat untuk makan Pho, jadi gue langsung fokus untuk memilih Pho-nya. Untuk menu Pho-nya sendiri ada dua jenis pilihan ukuran, jumbo dan regular. Kalau gue tau lah ya pesen yang ukuran apa? Hahahaha.... dan temen pesen yang regular. Untuk minumanya kita berdua pesen ice yoghurt, bukan karena apa tapi karena minuman itu yang harganya paling murah di sini. Haha.. Sekitar 5 menitan, pelayan kembali ke meja untuk mengantarkan pesanan gue. Betapa kagetnya ketika mangkok (gue nggak yakin sih mangkok, lebih mirip baskom) ditaruh di meja gue. Ya ampun, porsi yang jumbonya luar biasa gede banget. Seporsi Pho ukuran jumbo di Pho2000 harganya 80.000 VND, berarti kalau di Rupiahkan harganya sekitar 48 ribuan. Termasuk murah lo ini!
pho2000 ho chi minh city
semakin malam semakin ramai
pho2000 pasar ben thanh
kebagian duduk di pinggir jendela
porsi jumbo pho2000
porsi jumbonya, kelihatannya kecil ya tapi yakinlah sama gue ini gede banget mangkoknya
Jadi setelah gue nyobain Pho ini, bagi orang Indonesia masih termasuk makanan yang nggak terlalu asing karena mi-nya mirip kuetiaw rebus. Tekstur mi-nya lembut dan bentuknya pipih. Nah kuahnya warnanya bening dan merupakan kaldu sapi sih sepertinya. Penyajiannya juga ditambah dengan potongan daging sapinya itu sendiri, potongan sawi, dan ada tauge yang terpisah di piring kecil. Tapi walaupun mi-nya mirip-mirip kuetiaw rebus, rasa kuahnya itu lo yang bikin gue "terbangun" karena enak dan belum pernah nyobain rasa seperti itu di Indonesia. Setelah beberapa seruputan dan sendokan Pho, gue sebenernya pengen nyobain sambel-sambelan yang ada di botol-botol depan gue. Tapi gue takut, takut malah merusak rasa udah terlanjur enak ini. Akhirnya gue cuma campurin tauge dan irisan cabai untuk memberikan rasa yang sedikit pedas pada kuah Pho-nya. 

Oh iya, cuma mau ngasih tau kalau nanti penyajiannya juga akan diberikan bungkusan tisu basah ya. Nah kalau nggak penting banget jangan dibuka dan dipake, karena itu nggak gratis alias bayar. Gue nggak tau berapa harganya, tapi yang jelas lumayan lah kalau kalian nggak mengeluarkan uang hanya untuk tisu basah doang. Selain itu, sebenernya penyajian Pho di Pho2000 ini juga dikasih lalapan, haha lalapan lu kata di Bandung. Ya dedaunan gitu deh, tapi gue nggak akan pernah menyentuh apalagi nyampurin ke dalem makanan surga ini. Bagi yang udah baca trip report gue di artikel sebelumnya pasti tau kenapa, kalau yang belum tau kenapa jadi rasa dedaunan ini benar-benar nggak bisa diterima di lidah orang Indonesia. Gue udah 2X kena zonk makan dedaunan ini saat makan di Mui Ne dan jajanan kaki lima di deket salah satu pasar di Saigon. Tapi nggak ada salahnya kalian nyobain dulu deh, biar punya cerita. Hehe.

tisu berbayar di vietnam
tisu basahnya dan sambel-sambelan yang tidak bisa dipercaya rasanya  
daun-daunan aneh di vietnam
dedaunan aneh itu
Bagi yang mau ke Pho2000, tolong sampaikan salam saya sama si mangkok jumbonya yah. :) 

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+