Biru dan Toscanya Air Terjun Kedung Pedut, Kulon Progo

4:32:00 AM

Bagi yang sudah mengunjungi wisata Kalibiru, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mampir ke objek wisata yang belum banyak dijamah wisatawan. Namanya adalah Air Terjun Kedung Pedut, terletak di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Untuk bisa kesini, jalurnya masih sama seperti ke arah objek wisata Kalibiru. Dari jalan raya Wates, kamu akan bertemu dengan pertigaan (Indomaret di kanan jalan sebagai patokannya), dimana kamu harus berbelok kanan ke jalan Setolo-Pengasih. Lagi-lagi di zaman canggih ini, saya kembali menyarankan kamu membuka aplikasi Google Maps atau Waze. Di jalur ini  sudah terdapat papan petunjuk yang akan mengarahkan kita menuju Air Terjun Kedung Pedut ini. Tetapi setelah masuk ke jalan desa, jangan harap ada papan petunjuk disana. Bertanya ke penduduk sekitar adalah satu-satunya cara paling ampuh jika kamu merasa tersesat.

Jalurnya memang sedikit ekstrim dan dengan jalan yang sempit. Menanjak dan berkelak-kelok pun akan menjadi rute yang harus kamu lewati. Melewati hutan dan suasana sepi mungkin membuat kamu agak sedikit bertanya-tanya apakah jalan yang dilalui sudah betul atau tidak. Tetapi setelah kamu sampai ditujuan, jangan kaget ketika banyak kendaraan terparkir disana yang sudah lebih dahulu tiba. 

Tiket masuknya sebesar 6.000 rupiah per orang dan parkir motor 3.000 rupiah. Saat saya kesana (17 Agustus 2016), area parkir sedang diperluas untuk bisa menampung kendaraan (roda dua dan empat) yang lebih banyak. Setelah dari area parkir, kita diharuskan berjalan kaki sekitar 5-7 menit untuk menuju air terjunnya. Tetapi tenang, jalurnya sudah bagus dan tidak ada permukaan tanah ekstrim untuk dilalui. Air terjunnya tidak terlalu tinggi, mungkin hanya sekitar 15 meter. Tetapi yang membuat air terjun ini menarik karena modelnya bertingkat, mulai dari aliran air yang kecil sampai yang besar. Airnya berwarna kebiruan dan tosca, katanya warna ini dihasilkan dari endapan tanah atau bebatuan kapur di dasar kolam air terjunnya.
air terjun kedung pedut
banyak jembatan yang jadi tempat berfoto di sini
air terjun kedung pedut kulonprogo
air terjun kedung pedut terlihat dari sisi yang lain
kedung pedut
aliran airnya bening 
rafting kedung pedut
typo euy! haha... 

wisata kedung pedut
ada toiletnya kok di sini
Sepertinya, air terjun ini adalah tempat wisata musiman. Dimana kalau musim kemarau air yang mengalir tidaklah deras dan banyak. Jadi, pandai-pandailah memilih bulan untuk berkunjung ke Air Terjun Kedung Pedut ini. Saran terbaik, datanglah pada akhir musim penghujan, karena alirannya pasti deras, tumbuh-tumbuhan disana juga terlihat basah dan hijau. Namun, memang resiko terbesarnya adalah medan yang akan dilalui akan lebih licin dan ekstrim dari biasanya.

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+