Akhirnya Indonesia Punya Sleeper Bus!

2:35:00 AM

Angan-angan yang muncul ketika saya pertama kalinya mencoba sleeper bus dari Mui Ne menuju Ho Chi Minh City di Vietnam. Perjalanan yang ditempuh selama kurang lebih 5-6 jam benar-benar tidak terasa melelahkan, mungkin sama jaraknya seperti dari Jakarta menuju Cirebon. Sleeper bus yang saya coba di Vietnam dipunyai oleh salah satu travel agen ternama disana. Ketika akan masuk ke dalam bis, sang supir memberikan kantong plastik besar yang gunanya untuk menyimpan alas kaki yang kita gunakan. Saya mendapatkan seat di belakang dan berada atas. Jadi mengharuskan saya harus memanjat anak tangga yang ukurannya lumayan kecil. Sebelumnya sedikit ragu, apakah bisa muat dan nyaman untuk saya menggunakan sleeper bus ini. Dan ternyata sangatlah nyaman! Semua fit dan pas, kaki saya bisa selonjor sempurna dengan lebar seat yang juga pas.

Pada bagian ujung seat, mulai dari dengkul hingga ujung kaki terdapat penutup dimana bagian atasnya berguna sebagai meja untuk menaruh makanan atau minuman. Pada bagian kacanya, diberikan gorden terpisah pada setiap seat. Lalu, setengah dari seat yang kita dapatkan, bagiannya bisa direbahkan atau dinaikkan sesuai kenyamanan masing-masing. Saya bisa tidur dengan nyenyak seperti di kamar sendiri dan terbangun ketika bis sudah sampai di tujuan.

Jadi, ketika itu saya cuma bisa berandai-andai sendiri. Kenapa di Indonesia nggak punya bis seperti ini? Padahal Indonesia mempunyai jarak antar kota yang lebih jauh dan lebih lama waktu tempuhnya. Seperti contohnya Jakarta – Jogja yang dahulu saya sering menggunakan bis untuk pulang pergi. Perjalanannya ditempuh selama 12-15 jam, bayangkan jika saat itu sudah ada sleeper bus. Oh indahnya dunia, macet Pantura pun mungkin tidak terasa. Jangankan Jakarta – Jogja, rute antar pulau pun ada di Indonesia (lintas Sumatera, Kalimantan, bahkan Sulawesi) yang memakan waktu berhari-hari lamanya bisa terlewati dengan nyamannya mungkin.

Kenapa Indonesia tidak punya? Padahal notabene-nya Indonesia jauh lebih berkembang dan lebih maju daripada Vietnam. Pertanyaan itu pun terus berulang kali berada di kepala saya, sampai pada akhirnya saya menyimpulkan jawaban dari pertanyaan saya sendiri. Ya, mungkin Indonesia ini lebih mementingkan urusan financial ketimbang urusan kenyamanan dari konsumennya. Ibaratnya gini, buat apa punya bis yang hanya bisa membawa sekitar 20 orang saja, kalo ada bis yang bisa membawa hingga 40 orang lebih. Mereka berpikir uang pun akan mengalir lebih banyak jika penumpang yang dibawanya pun lebih banyak.
sleeper bus di vietnam
sleeper bus di Vietnam
naik sleeper bus di vietnam
lorong sleeper bus-nya
the sinh tourist sleeper bus
sleeper bus with Wi-Fi! (sempet nyobain "connect", tapi gagal terus)
Tapiiii... pada bulan Juli kemarin, ada salah satu berita yang membuat saya menghela nafas panjang. Akhirnyaaaaa..!!! Ya, salah satu perusahaan jasa transportasi yaitu Brilian Bus, meluncurkan sleeper bus yang menjadi pioner pertama di Indonesia. Great!

Sleeper bus milik PO Brilian ini melayani rute Jakarta – Purwokerto – Purbalingga. Menurut berbagai berita yang saya baca katanya bis ini punya tiket seharga 375.000 rupiah untuk sekali perjalanannya menuju Purwokerto. Setelah saya cari tahu gambar-gambar bisnya, saya kaget dan terkagum-kagum. Ini model sleeper bus-nya jauh lebih keren dan mungkin lebih nyaman daripada yang saya coba di Vietnam. Modelnya bukanlah seat selonjor, tapi kamar! Waw! Bisnya punya 20 bilik kamar yang luasnya masing-masing sekitar 100 x 200 cm. Ternyata yang bikin saya kagum nggak hanya itu, di setiap room-nya dipasang LCD TV…. Weheeeeyy!!! Lagi! Tiap room-nya udah disediain bantal, selimut, sandal (slip-on), loker, makanan dan minuman. Oh my lord!! Saya pengen coba, saya pengen coba!

Ini beneran keren! Kenapa sih nggak dari dulu ada beginian! Haha.. Kabarnya lagi, kita beli tiket bis nggak perlu desek-desekan antri di terminal. Semuanya bisa di pesan online! Menurut saya, dengan harga yang mungkin tidak jauh berbeda dengan tiket kereta eksekutif, sleeper bus ini bener-bener sepadan dan layak dicoba. Semoga PO Brilian bisa menambah rute ke kota-kota lain di Indonesia atau PO lainnya juga bisa bersaing sehat dengan membuat sleeper bus yang mungkin lebih keren dan canggih lagi.
sleeper bus di Indonesia! lebih keren!
source: busnesia.com
pengen nyobain deh!
source: busnesia.com

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+