Gudeg Yu Djum; Gudeg Legendaris Jogja Yang Paling Diburu

September 02, 2016

Siapa yang nggak kenal gudeg? Makanan ini memang menjadi yang paling diburu ketika berkunjung ke Kota Jogja. Yu Djum, menjadi salah satu nama penjual gudeg yang paling legendaris disini. Cabang Gudeg Yu Djum saat ini sudah ada dimana-mana. Dahulu hanya berlokasi di 2 tempat, yaitu di Jalan Wijilan dan pusatnya yang berada di daerah Selokan Mataram. Saya pribadi lebih suka makan di pusatnya yang sekaligus menjadi dapur utama untuk semua cabangnya. Disini tempatnya sedikit lebih kecil, namun suasananya bisa benar-benar kamu rasakan. Suasana rumah khas Jawa berpadu dengan aroma pawon yang membuat kamu rindu.
gudeg yu djum
mbaknya pake seragam SD pas hari 17-an
gudeg kering yu djum
gudeg telur tempe
Pilihan menunya bervariasi, mulai dari gudeg telur, tempe, tahu, dan ayam. Harganya mulai dari 15.000 sampai 35.000 rupiah. Gudeg Yu Djum adalah tipe gudeg kering, yang membuatnya bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh. Paket gudeg kendil yang cocok dipilih untuk dibawa pulang karena mampu bertahan sekitar 48 jam.

Tipikal rasa gudegnya manis, jadi buat kamu yang nggak suka makanan manis sepertinya harus sedikit menyesuaikan. Krecek dan sambelnya pun menurut saya nggak pedes, walaupun sudah ditambah lagi sambelnya. Ya memang begitulah tipikal orang Jawa dalam membuat sambel, rasanya nggak akan sepedes sambel buatan orang Sunda. Tapi sejauh ini, Gudeg Yu Djum menjadi gudeg kering paling enak dari semua gudeg kering yang pernah saya coba di Jogja.

You Might Also Like

2 komentar

  1. Replies
    1. bener bangeeet, duh, tapi rasa gudeg di Jakarta belum ada yang seenak di Jogja. Apa karena suasananya ya? hehe

      Delete

GOOGLE+