Gudeg Yu Djum Pusat, Selokan Mataram Jogja: Gudeg Legendaris Yang Paling Diburu!

September 02, 2016

Siapa sih yang nggak kenal gudeg? Makanan satu ini menjadi yang paling diburu ketika berkunjung ke Kota Jogja. Almarhum Yu Djum, menjadi salah satu nama penjual gudeg paling legendaris di Jogja. Cabang Gudeg Yu Djum sekarang ada di mana-mana. Dulu hanya berlokasi di dua tempat, di Jalan Wijilan dan di Selokan Mataram.

Gue lebih suka makan di pusatnya yang sekaligus dapur utama untuk semua cabangnya. Di pusatnya, tempatnya lebih kecil, namun suasana njawani-nya benar-benar terasa. Suasana rumah khas Jawa yang berpadu dengan aroma asap dari pawon yang bakal bikin betah.
gudeg yu djum
mbaknya pake seragam SD pas hari 17-an
gudeg kering yu djum
simpel tapi enaknya bukan main!
Pilihan menu di Gudeg Yu Djum bervariasi, mulai dari gudeg telur, tempe, tahu, dan ayam. Harganya mulai dari Rp15.000 sampai Rp35.000. Gudeg Yu Djum adalah tipe gudeg kering, yang membuatnya bisa dibawa sebagai oleh-oleh. Paket gudeg kendil cocok dipilih untuk dibawa pulang karena bisa bertahan 48 jam.

Rasanya Ki? Tipikal rasa gudeg Alm.Yu Djum ini manis, jadi buat yang nggak makanan manis sepertinya harus menyesuaikan. Krecek dan sambelnya pun menurut gue nggak pedes, walaupun udah ditambah lagi sambelnya. Ya, begitulah tipikal orang Jawa kalau bikin sambel, rasanya nggak akan sepedes sambel buatan orang Sunda atau Sumatera.

Tapi sejauh ini, Gudeg Yu Djum adalah gudeg kering paling enak dari semua gudeg kering yang pernah gue coba di Jogja.

Gudeg Telur Tempe: Rp18.000 (9/10)

You Might Also Like

4 komentar

  1. hmmm.. bikin ngiler setiap lihat gudeg..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bangeeet, duh, tapi rasa gudeg di Jakarta belum ada yang seenak di Jogja. Apa karena suasananya ya? hehe

      Hapus
    2. udah pernah coba gudeg mercon ?

      Hapus
    3. sudah mas... pedes banget...

      Hapus

FACEBOOK

Member of

ID Corners