Menyikapi “Ups and Downs” Dalam Kehidupan

2:15:00 AM


Ups and downs….. itu sudah pasti akan terjadi pada setiap orang. Kamu gak melulu akan selamanya berada di dalam kesenangan dan keriaan hidup. Suatu ketika kamu akan masuk ke dalam fase dimana kamu merasa sedih, berkecil hati, dan bahkan terpuruk. Apakah itu salah? Tidak, tidak ada yang pernah salah dari semua itu. Karena terkadang dengan kita mendapatkan kesedihan, ada sebuah makna dan hadiah terbesar buat hidup kamu.

Misalnya saja, ketika kamu sedang putus cinta. Padahal kamu sudah berpacaran dengannya bertahun-tahun lamanya. Atau bahkan kamu sudah menabung dan merencanakan penikahan yang indah dengan dirinya. Kamu merasa hidupmu gak berarti, sedih berlarut-larut, atau gak mood untuk bekerja di kantor. Lalu, hal itu membuatmu untuk pergi meninggalkan rutinitas dengan traveling sendiri. Melakukan apapun kebebasan yang kamu sukai dan kamu ingin nikmati ke kota atau tujuan yang kamu idamkan. Tiba-tiba tidak sengaja, disana kamu bertemu dan berkenalan dengan seseorang, entah orang lokal atau sesama turis yang juga sedang liburan. Saking asiknya, ternyata tidak sadar bahwa kamu telah larut dalam pembicaraan yang seru dan menyenangkan, sampai pada akhirnya kalian terus berhubungan dan berkomunikasi satu sama lain. Sampai pada akhirnya kamu tau siapa yang kamu cari dan kamu butuhkan sebagai pendamping hidup yang sebenarnya.

Contoh lainnya, misalnya kamu habis kehilangan sebuah barang berharga. Kamu terus menangis dan bersedih karenanya. Tidak masalah dan sangat wajar jika kita menyesal akan kehilangan tersebut. Namun sebaiknya jangan berlarut-larut dan pasti akan ada yang berkata “diikhlasin aja, ada hikmahnya pastinya”. Nah omongan itu sebenernya bukan sembarang omongan lo, hikmah disini maksudnya bukan “berkah” yang turun setelah musibah dari Tuhan lo ya. Hikmah disini maksudnya apasih hal-hal yang harus lo “aware” lebih setelah kejadian tersebut. Misalnya, oh ternyata gw harus lebih berhati-hati menaruh barang berharga, oh ternyata gw harus pindah kos. Nah keajaiban terjadi setelahnya, setelah pindah kos lo justru menemukan hal baru/hal lain yang berarti dalam hidup lo (entah apa itu), setelah lebih berhati-hati misalnya lo justru bisa menyelamatkan temen lo dari kehilangan juga.

Lainnya, gw mau cerita sedikit, pengalaman yang menurut gw itu bukan kesalahan atau kegagalan. Jadi ceritanya gw akan sidang skripsi di hari yang sama dengan seorang temen, targetnya adalah mengikuti wisuda bareng di bulan Agustus. Tapi ternyata, kenyataannya berkata lain dan Tuhan pun mungkin punya rencana lain buat gw. Gw dipersulit untuk revisi skripsi dengan masalah-masalah yang sepele dan seharusnya bisa di-acc dengan cepet. Yang pada akhirnya gw gak bisa wisuda di bulan Agustus bareng temen gw itu. Gw pun menunda kepulangan ke Jakarta hingga awal Januari dan baru wisuda di bulan November. Lalu apa baiknya dari penundaan wisuda tadi? Banyak! Salah satunya mungkin gw masih diberi kesempatan lebih selama 4 bulan buat meng-explore Jogja lebih jauh lagi. Gw masih punya kesempatan lebih lama bersama seseorang yang gw sayangin. Gw pun mungkin gak akan bekerja di perusahaan sekarang ini dan bertemu dengan temen-temen kerja yang sama asiknya seperti temen kuliah, dan banyak lagi. Banyak contoh lainnya yang seperti ini, yang kamu semua pasti tau dari maksud yang gw jelasin disini kan.

Di atas hanya beberapa contoh yang mungkin atau benar terjadi kenyataannya, bahwa ada maksud lain dari Tuhan dari kesedihan yang kamu alami. Gw bukan orang yang super religius, tapi gw masih percaya Tuhan dan gw pun yakin kalo Tuhan tetap akan sayang sama siapapun itu. Gw yakin karena tidak ada “kebetulan” di dunia ini, semua sudah ada jalannya, jalan yang tidak selalu lurus dan sempurna. Ibarat kita berkendara di jalan tol yang lurus-lurus saja, maka kita akan bosan karenanya. Bandingkan jika kita berkendara di pegunungan yang jalannya berliku, terkadang menyenangkan dan terkadang membahayakan tapi sepadan dengan hasil (pemandangan) yang bisa kita nikmati nantinya atau selama perjalanan itu berlangsung. Tinggal kita yang berusaha untuk mendapatkan dan menggapai semua itu, maka Tuhan pun akan dengan senang hati membantu serta memberikan apa yang paling baik buat kita. Gw percaya itu!
source pict 1: http://www.theemotionmachine.com/wp-content/uploads/Ups-and-Downs.jpg
source pict 2: http://www.leanitup.com/wp-content/uploads/2014/01/1554512_566215513467449_992606657_n.jpg

You Might Also Like

2 komentar

  1. yang gambar "Your plans" bener banget gan wkwkw.
    Perkiraannya lurus doang, tauannya belibet :v .

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang kita boleh aja berangan dan bermimpi, tapi memang nggak semudah bayangan kita. ada banyak hal yang harus kita lalu dengan cara berusaha keras.

      Delete

GOOGLE+