Pesan Hotel? Enak Bayar Nanti atau Bayar Langsung?

1:27:00 AM


Kebutuhan akomodasi menjadi hal yang sangat penting dan menjadi faktor utama yang memang harus diperhatikan saat bepergian atau traveling. Berbagai jenisnya mulai dari bunk bed, homestay, hotel, bungalow, villa, sampai resort mewah, ditawarkan berbagai website penyedia akomodasi.

Sejauh ini dan menurut sepengamatan saya, ada sejumlah website yang cukup populer di kalangan para traveler. Seperti agoda, booking.com, airbnb, tiket.com, traveloka, nusatrip, expedia, hotels.com, dll. Dari sekian banyaknya website penyedia akomodasi, setau saya dahulu hanya booking.com yang menyediakan sistem “book now, pay later”, dimana kita tidak akan dikenakan biaya apapun saat memesan hotel dan baru akan membayarnya ketika sudah sampai di hotel tersebut. Tapi sekarang hotels.com pun menerapkan sistem pembayaran yang sama seperti booking.com. Sebenernya, agoda juga menerapkan sistem “pesan sekarang bayar nanti”, tapi pembayaran “nanti” nya adalah menggunakan kartu kredit. Pembayaran akan dikenakan melalui kartu kredit dengan potongan langsung pada beberapa hari sebelum kita menginap atau bisa juga dipotong pada saat kita sedang menginap di hotel tersebut.

Selain ketiga website penyedia akomodasi diatas, rata-rata yang lainnya menerapkan sistem pembayaran langsung. Maksudnya, saat kita memesan hotel, maka kita diharuskan untuk membayar biaya-nya langsung pada hari yang sama. Lalu, apa plus minus dari kedua sistem pembayaran tersebut? Nah sebelumnya, yang menjadi hal mendasar dari 2 sistem pembayaran ini adalah target atau sasaran konsumen yang berbeda. Saya nyebutnya sistem “pay later” sama “pay now” aja ya biar gampang. Sistem pembayaran pay later ini sasarannya adalah mereka yang ingin bepergian, tapi punya tanggal keberangkatan yang belum pasti atau masih bisa berubah. Hal ini sangat menguntungkan bagi mereka, karena ketika mereka merubah tanggal, maka pemesanan hotelnya pun juga bisa diubah. Tipe yang seperti ini (yang belum pasti/sering merubah tanggal keberangkatan) nggak cocok jika memesan akomodasi dengan sistem pembayaran pay now. Mereka akan dirugikan karenanya, hotel yang sudah dipesan dan dibayar akan hangus ketika mereka batal atau merubah tanggal kepergian.

Nah, biasanya yang paling sering memberikan potongan harga (diskon) adalah mereka-mereka yang menerapkan sistem pembayaran pay now. Pegipegi, traveloka, tiket.com, terbilang yang paling sering menyajikan promo diskon berupa kode voucher. Bagi kalian yang mau bepergian, pasang reminder di ponsel pada momen-momen hari besar atau hari libur Indonesia. Di tanggal dan momen tersebut, mereka sering mengeluarkan promo diskon yang sangat menguntungkan dan besar jumlahnya.

Potongan harga atau diskon dengan memasukkan kode voucher jarang sekali ditawarkan atau malah tidak ada, dari mereka para penyedia akomodasi dengan pembayaran pay later. Booking.com mempunyai potongan harga, tapi ini dikhususkan bagi mereka yang sudah pernah memesan hotel di website-nya sebanyak 5 kali. Potongan harganya pun diberikan 10% dan berbagai advantage lainnya, misalnya seperti diberikannya akses untuk bisa check-in lebih awal atau check-out lebih lama secara cuma-cuma.

Jadi, intinya disini adalah bahwa semua tergantung dari kalian masing-masing untuk memilih website penyedia akomodasi. Apakah kalian sudah mempunyai tanggal yang sudah pasti atau belum untuk bepergian ke suatu tempat. Jika sudah mempunyai tanggal pasti dan tentunya punya uang lebih, maka sistem pembayaran pay now sangat cocok bagi kalian. Dan jangan lupa untuk terlebih dahulu mencari tahu apakah ada promosi potongan harga atau tidak, pada website yang kamu pilih. Namun, jika kamu mempunyai rencana liburan yang masih ragu atau kamu yang belum punya duit untuk liburan (*haha…saya banget), maka sistem pembayaran pay later menjadi yang terbaik untuk pilihanmu.
HAPPY HOLIDAY!! :)
source pict 1: http://airlineticketcentre.ca/
source pict 2: http://blog.traveloka.com/

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+