Tak Ada Bosannya Berkunjung ke Wisata Alam Kalibiru, Kulon Progo

September 01, 2016

photo taken by ariifbudimann
Menjadi begitu hits ketika banyak orang mem-posting lokasi ini di akun berbagi foto Instagram. Tersebar perlahan demi perlahan, sampai pada akhirnya Kalibiru menjadi ikon wisata yang sekarang diunggulkan oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Letaknya berada di Kawasan Desa Wisata Kalibiru, Sermo, Hargowilis, Kokap Kulon Progo. Untuk bisa menuju ke objek wisata Kalibiru ini, dari kota Jogja bisa menuju ke arah Purworejo. Cari papan atau plang nama menuju Wates atau Purworejo, karena tidak ada papan yang bertuliskan Kulon Progo. Ikuti saja terus jalannya sampai bertemu pertigaan dengan patokan Indomaret di kiri jalan. Setelah itu, kamu harus belok kanan ke jalan Sentolo-Pengasih dan menyebrangi rel kereta api. Jika masih kebingungan, hal paling mudah adalah membuka aplikasi maps atau bertanya kepada penduduk sekitar.

Saya pertama kali berkunjung ke Kalibiru pada bulan Mei 2015 dan di tanggal 17 Agustus 2016 ini saya kembali berkesempatan untuk mendatanginya lagi. Banyak yang berubah? Ya tentu saja, sekarang sudah ada banyak spot foto yang bisa digunakan. Terhitung ada 4 spot foto dan 1 spot flying fox disana. Selain itu, antrian untuk naik ke atas pohon juga sudah lebih teratur karena ada petugas yang berjaga dan kita akan mendapatkan  tiket yang sudah di print (sepertinya sudah masuk retribusi/PAD Kulon Progo). Tiket masuk Kalibiru sebesar 10.000 rupiah dan jika ingin menaiki pohon kita harus membayar lagi 10.000 rupiah per orangnya.

Di atas pohon, kita diberikan waktu sekitar 3 menit untuk bebas bergaya dan berfoto. Kamu bisa menyuruh temanmu mengambil foto atau menggunakan jasa foto yang ada disana. Harganya sekitar 5000 untuk 3 kali jepretan foto dan hasilnya akan diberikan dalam bentuk soft file. Ada keuntungan yang didapatkan jika kamu menggunakan jasa foto tersebut, yaitu akan mendapatkan hasil foto dengan latar belakang pemandangan dan warna langit biru yang lebih jelas. Kenapa bisa begitu? Ya, hal ini dikarenakan sang fotografer sudah menggunakan filter kamera dan berbagai perangkat flash yang diletakkan dan diatur sedemikian rupa. (*saya dijelaskan oleh teman saya yang juga seorang fotografer. IG: https://www.instagram.com/ariifbudimann/).

Dari lokasi wisata Kalibiru ini, pemandangan Waduk Sermo akan terlihat jelas yang berpadu dengan bukit-bukit hijau di sekitarnya. Sungguh sajian alam yang luar biasa indahnya. Bagi yang haus karena kelelahan atau perut terasa lapar, tidak perlu cemas karena disini sudah banyak penjual makanan dan minuman. Tetapi tetap perlu diingat ya, kita adalah wisatawan pintar dan cerdas. Jadi tetaplah buang sampah pada tempatnya dan tetap menjaga keindahan tempat wisata ini agar tetap bisa dinikmati oleh anak dan cucu kita nantinya.

waduk sermo
pemandangan Waduk Sermo dari Kalibiru
kalibiru kulonprogo
Waduk Sermo, Kulon Progo
wisata kalibiru jogja
para Ibu pengangkut batu di Kalibiru
kalibiru jogja
salut sama semangatnya yang masih bisa tersenyum saat bekerja. Semangat bu!

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+

FACEBOOK