Makan Lesehan dan Lalapan di RM Sangkan Hurip 2, Punclut

September 16, 2016


Nggak lengkap rasanya ke Bandung tanpa nyobain makan lalapan dan sambelnya.  Orang Sunda emang jago bikin sambel dan lalapan enak. Kesempatan itu nggak gue sia-siakan untuk mendatangi sebuah warung lesehan yang ada di daerah Punclut, Bandung Utara. Rumah Makan Sangkan Hurip 2 namanya. 

Untuk ke sini ada dua cara, pertama bisa lewat Jalan Ciumbeuleuit dan kedua bisa lewat Jalan Ir.H.Djuanda. Untuk kalian tau, kalau lewat Jalan Ciumbeuleuit, medan jalannya cenderung sempit dan masih banyak yang rusak. Kalau lewat Jalan Ir.H.Djuanda, dengan jalannya lebih lebar, tapi harus lewat perumahan Citra Green yang punya tanjakan dan turunan tajam. 

Daerah Punclut ini seperti Puncak Bogor atau Bandungan di Ambarawa, menyajikan suasana alam pegunungan dan sejuknya udara dari atas bukit. Sepanjang jalan berjejer rumah makan dengan view pemandangan kota Bandung. Rumah Makan Sangkan Hurip adalah yang paling terkenal, mereka punya dua cabang, yang pertama lokasinya sedikit lebih bawah daripada cabang kedua. Gue mampir di cabang keduanya, punya tempat yang besar hingga dua tingkat dan area parkir yang luas.


rumah makan sangkan hurip 2
selamat datang di area pengisi perut kelaparan

Di Rumah Makan Sangkan Hurip 2 kita nggak akan dilayani seperti restoran lain, maksudnya kitalah yang harus memilih dan mengambil sendiri menu diinginkan. Pilihannya banyak, mulai dari ayam, pepes (ikan mas, tahu, jamur, jambal, oncom, dll), udang, ikan asin, tahu tempe, usus, jeroan ati, dll. Kita tinggal bilang si Aa-nya duduk di mana dan bayar setelah selesai makan.

Ketika baru aja duduk dan mau menikmati pemandangan, ternyata makanan udah datang, cepet banget! Oh iya, nasi yang disajikan di Rumah Makan Sangkan Hurip 2 adalah nasi merah, jadi cocok buat yang lagi diet, hehe..

Gue pesen lele goreng, pepes oncom, dan ikan asin. Rasanya enak, tapi yang bikin kaget adalah sambelnya. Gue cocol sambel pertama kali, rasanya nggak terlalu pedes. Kedua kalinya ambil banyak, barulah mulut mulai kepedesan, pedes banget, luar biasa!

lesehan rumah makan sangkan hurip 2
makan lesehan penuh kebersamaan, nikmatnya!
sambel rumah makan sangkan hurip
ini dia sambel yang luar biasa bikin mulut kebakar


Ada sedikit saran buat yang mau ke Rumah Makan Sangkan Hurip ini. Misal datang berlima, sebaiknya pesan nasi tiga atau empat porsi dulu, karena memesan lima porsi nasi langsung, nasinya benar-benar banyak. Waktu itu gue masih tersisa setengah bakul, sayang banget kan? Jadi sebaiknya pesen dikit dulu, kurang baru minta tambah.

Satu hal lagi, jangan sampai kekenyangan ya, hehe... Kenapa gue bilang gitu? Iya, karena kalau kekenyangan, setelah itu pasti ngantuk dan bahkan bisa masuk angin. Angin yang berhembus ke dalam Rumah Makan Sangkan Hurip terbilang kencang dan dingin, jadi resiko masuk angin kalau berlama-lama di sini bisa aja terjadi. Hehe..

pemandangan punclut
pemandangan dari Rumah Makan Sangkan Hurip 2
pemandangan kota bandung dari ketinggian
pemandangan Kota Bandung dari ketinggian
punclut bandung
ada yang tahu ini hotel apa?

Kesimpulannya, sambelnya enak dan bikin semua menu makan siang jadi lebih nikmat. Harganya terbilang masuk akal, tergolong murah menurut gue. Pakai nasi merah, lele goreng, pepes oncom, ikan asin, teh manis, hanya perlu membayar Rp37.000 Rupiah. Selamat makan!

Lele Goreng: 7.5 dari 10
Pepes Oncom: 7 dari 10
Ikan Asin: 7 dari 10
Sambal: 8.5 dari 10

You Might Also Like

0 comments

FACEBOOK

Member of

ID Corners