Gagalnya Mendapatkan Tiket Promo di Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2016

11:39:00 PM

Seperti biasa, berbulan-bulan sebelumnya euforia GATF 2016 tahap 2 ini sudah riuh dibicarakan di grup traveler oleh mereka para pemburu diskon. Termasuk saya yang memang akan berniat mencari tiket untuk keberangkatan PP ke Denpasar pada akhir bulan Oktober 2016 ini. Diadakan mulai tanggal 7 – 10 Oktober 2016 di JCC Senayan, yang lokasinya tidak jauh dari kantor dimana saya bekerja. Dengan semangat 45 dan sudah mendapatkan izin atasan, saya meluncur ke lokasi pada pukul 10 pagi di hari pertama GATF.

Sesampainya di lokasi, lautan manusia sudah tak terbendung di antrian tiket masuk saat itu dan saya pun hanya bisa pasrah kepanasan menunggu seperti yang lainnya. Disini antrian untuk pemegang kartu kredit BNI, debit BNI, dan Garuda Miles pun dipisahkan, jadi mereka akan mendapatkan advantage lebih dan bisa masuk secara cuma-cuma. Tapi sayangnya, yang bisa masuk gratis ini hanya untuk pemegang kartu debit BNI Garuda dan Garuda Miles gold/platinum. Padahal saya berharap bisa mendapatkan tiket masuk gratis itu karena saya punya debit BNI dan Gmiles. Apa daya, saya harus ikut antrian yang super panjang untuk membeli tiket masuk sebesar 30.000 rupiah.

garuda indonesia travel fair
loket tiket masuk GATF 2016
antrian garuda indonesia travel fair
antriannya luar biasa panjang
gatf senayan
panas-panasan demi tiket murah
gatf senayan jakarta
tiket masuknya 30.000 Rupiah
Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, ada beberapa ruangan yang terpisah untuk mengkategorikan booth atau stand merchant yang berbeda-beda. Saya masuk ke ruangan/hall pertama yang berisikan berbagai macam booth pariwisata, hotel, lapak penyedia travel gear, dll. Banyak potongan harga yang lumayan besar menurut saya disini, seperti paket sea walker di Nusa Lembongan yang dipatok hanya 500 ribuan dengan harga normal sekitar 1,7 jutaan. Paket dari wisata Jatim Park, Garuda Wisnu Kencana, Tanjung Lesung, Hotel di Bali, koper-koper keren juga banyak memberikan diskon yang lumayan besar menurut saya.

Lanjut ke ruangan/hall yang paling ramai dan paling riuh di GATF ini, yaitu ruangan yang berisikan berbagai macam travel agent dengan berbagai macam promonya. Saya sebelumnya pernah berkunjung ke GATF tahun lalu dan bisa mendapatkan harga 1,4 juta PP untuk penerbangan ke Lombok pada high season tahun baru. Luar biasa murah bukan? Bahkan teman saya mendapatkan harga 700 ribu PP Lombok untuk low season. Saya pun berharap bisa mendapatkan tiket PP ke Denpasar dengan harga yang tidak terpaut jauh beda dari Lombok. Keinginan itu pun didukung dengan banyaknya brosur-brosur yang mencantumkan tiket sekali pergi ke Denpasar mulai dari 700 ribuan. Itu udah super murah menurut saya ketika bisa mendapatkan PP ke Bali sekitar 1,4 jutaan.
booth garuda indonesia di gatf
booth Garuda Indonesia di area pertama
booth di gatf
booth Bali di area kedua
travel agen di gatf
berbagai macam travel agent di area utama
via.com di gatf
ada via.com, salah satu pendatang baru
hall utama jcc senayan gatf
keramaian di hall utama
Tapi hal itu semua pupus dan sirna, ketika saya menyambangi dan bertanya ke salah satu travel agent yang saya percayai yaitu TX Travel. Penerbangan ke Bali di tanggal yang saya pilih tidak ada promo sama sekali dan harga normal Garuda adalah 1,9 juta untuk sekali penerbangan. Whaaaaat!!! No waaaay!!!! Begitu juga dengan penerbangan pulang dari Denpasar ke Jakarta yang harga terendahnya adalah 1,1 juta. Tidaaaaak....!!! Seketika lutut lemas karena sudah berharap-harap mendapatkan promo seperti tahun lalu.

Saya pun sudah mengerti, semua booth travel agent yang ada disini mempunyai jaringan yang terhubung dengan 1 sistem Garuda pusat. Jadi walaupun kamu bertanya di travel agent yang berbeda, maka hasilnya pun akan sama dengan yang lain. Menurut saya, slot promo yang disediakan oleh Garuda di batch 2 GATF ini sepertinya lebih sedikit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Saya sempat bertemu dan mengobrol dengan beberapa orang yang juga sedang hunting tiket di GATF ini dan mereka menceritakan kejadian yang sama seperti saya, bahwa harga tiket dicari tidak ada promo padahal beberapa dari mereka baru akan pergi di tahun 2017. Why oh why Garuda....???
 
tx travel di gatf
TX Travel!
Kendati saya harus tetap mendapatkan tiket PP ke Denpasar, karena saya sudah payment semua hotel di Bali dan teman pun sudah mendapatkan tiket promo AirAsia dengan harga 750 ribu PP. Maka saya memutuskan untuk pergi ke booth PegiPegi yang dimana disana bisa memesan tiket selain maskapai Garuda. Potongan harga yang ditawarkan PegiPegi saat pameran terbilang sangat kecil dan tidak menarik menurut saya. Dengan bantuan travel assistant disana, akhirnya saya mendapatkan tiket Sriwijaya Air untuk pergi ke Denpasar dengan harga 950.000 rupiah dan pulang dengan AirAsia X seharga 550.000 rupiah. Akhirnya, saya kembali pulang ke kantor dengan penuh rasa sedih. Halah lebai...!!


HAPPY HUNTING!

You Might Also Like

4 komentar

  1. saya sih beli tiket jkt denpasar pp 1,4,,menurut saya itu udah murah,,sebab pas saya check via website lain seperti traveloka, tiket,com untuk tgl yg sama dengan yg saya beli itu one way aja kena 1,2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu pp garuda mas? kalau iya murah memang, tetapi kalau maskapai lain termasuk mahal. AirAsia sekali jalan ke Bali kalau beruntung bisa hanya sekitar 500rb-an saja.

      Delete
  2. saya malah dapat 1,3 jutaan dengan rincian bandung denpasar tgl 4 februari dan denpasar jakarta 6 februari 2017, semua tiket saya beli di booth panaorama di GATF TSM Bandung. Terus di TSM bandung ini antriannya tidak terlalu banyak di setiap booth travel agentnya, makanya saya ga sampe 15 menit udah bisa dapat 2 tiket promo GA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah enaknya yang di kota lain, di Jakarta tumpah ruah ramai sekali. Jadi harus dulu-duluan dapetin harga promonya sebelum kehabisan.

      Selamat berlibur mba.

      Delete

GOOGLE+