Menikmati Keindahan Curug Nangka di Kaki Gunung Salak

Oktober 11, 2016

Curug Nangka, sebuah air terjun berketinggian kurang lebih 30-40 meter yang berada di kaki Gunung Salak. Persisnya terletak di Desa Sukajadi, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor. Jika dari Kota Bogor, membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk menuju ke lokasi air terjun ini dengan jalan yang cenderung sempit dan berliku.

Air terjun ini sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah, karena saat berkunjung ke sini kita akan dikenai biaya retribusi masuk dan biaya pembangunan daerah setempat. Pada gerbang pertama kita akan dikenakan biaya 7.500 Rupiah per orang untuk biaya pembangunan daerah, lalu gerbang kedua 10.000 per orang untuk tiket masuknya. Biaya parkir pun akan dikenakan dua kali, yaitu pada gerbang masuk dan saat di lokasi parkir, motor dikenakan 5.000 rupiah dan mobil 10.000 rupiah.

curug nangka
keindahan Curug Nangka dari atas tebing
Walaupun sudah dikelola oleh pemerintah, keasrian dari Curug Nangka ini masih tetap alami. Medan yang dilalui untuk menuju ke air terjun menurut gue juga tidak terlalu ekstrem dan melelahkan. Namun, memang untuk bisa ke bagian bawah air terjun dan benar-benar ingin merasakan airnya maka kita diharuskan basah.

Basah? Ya, karena harus melalui aliran sungai yang mengalir cukup deras dan dingin, bukan melewati tepian sungainya. Saran terbaik dari gue, ketika berkunjung ke sini adalah dengan menggunakan sandal gunung atau sandal yang benar-benar masih mempunyai grip bagus. Bebatuannya rata-rata berlumut dan sangat licin untuk dilalui, jadi harus benar-benar berhati-hati saat melewatinya.
main air di curug nangka
melewati sungai untuk mencapai Curug Nangka dari bawah
Di dalam wana wisata Curug Nangka ini, masih ada dua daya tarik lagi yang bisa dilihat dan nikmati, yaitu Curug Kawung dan Curug Daun. Namun kedua curug ini tingginya jauh lebih rendah dan aliran airnya juga tidak sebesar Curug Nangka. Airnya benar-benar dingin dan bening kehijauan, membuat kita benar-benar rileks saat menikmatinya.

Selain itu, wana wisata ini juga mempunyai hamparan hutan pinus yang luas dan membuat suasana menjadi lebih rindang. Oh iya, jangan lengah ketika membawa makanan, karena monyet-monyet di sini akan siap merebutnya. Itu terjadi ketika gue membeli sebungkus tahu bulat dan menaruhnya begitu saja di atas bebatuan, dalam beberapa detik bungkusan plastik tahu bulat sudah dibawa pergi ke atas pohon oleh si monyet. Haha..
monyet di curug nangka
si onyet..
curug kawung dan curug daun
area menuju Curug Kawung dan Curug Daun
curug nangka bogor
anak-anak dengan riang loncat ke air yang bening
air terjun curug nangka
bening dan dingin airnya

Di wana wisata Curug Nangka ini juga terdapat area outbound bernama highlander dan juga bisa digunakan untuk kemping atau berkemah bersama teman-teman. Musala dan kamar mandi pun tersedia, jadi tidak perlu kebingungan ketika akan beribadah atau akan buang air.

Jika kelaparan, di sekitar area parkiran banyak terdapat kios-kios yang menjajakan berbagai macam makanan dan lauk pauknya. Jadi, jika berkunjung ke Bogor, Curug Nangka menjadi salah satu wisata alam yang mungkin bisa dikunjungi selain Kebun Raya Bogor. 

You Might Also Like

0 komentar

FACEBOOK

Member of

ID Corners