Perayaan Hari Manis di Pura Parahyangan Agung Jagatkartta, Bogor

October 06, 2016

Pura ini menjadi pura Hindu terbesar kedua di Indonesia setelah pura Besakih yang berada di kaki Gunung Agung, Karangasem, Bali. Lokasinya sama-sama berada di kaki gunung, dimana Pura Parahyangan Agung Jagatkartta berada di kaki Gunung Salak, Bogor. Keduanya pun menyajikan suguhan pemandangan alam yang luar biasa indahnya. Tetapi yang menjadi pembeda antara keduanya adalah Pura Jagatkartta ini bukan menjadi tempat wisata untuk pengunjung umum. Pura ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang datang untuk beribadah dengan suasana hening dan sejuk.

Saya sebelumnya memang sudah mengetahui bahwa Pura ini memang tidak bisa dikunjungi oleh wisatawan umum. Namun karena lokasinya tidak jauh dari Curug Nangka, maka saya berpikir mungkin tidak ada salahnya saya mampir untuk bisa melihat lokasi persisnya Pura ini. Ketika tiba di area Pura, suasana khas Bali langsung menyeruak dengan banyaknya umat Hindu berpakaian adat yang masuk ke dalam. 

pura parahyangan agung jagatkartta
sepertinya salah seorang tokoh yang dihormati
pura parahyangan agung jagatkartta bogor
para umat Hindu yang mulai berdatangan ke Pura
pura parahyangan bogor
tangga menuju halaman depan Pura
pura agung di bogor
si kecil dengan udengnya
Saya sempat kebingungan karena semuanya menggunakan pakaian adat, tidak ada sama sekali yang menggunakan pakaian bebas. Saya pun sempat berdiam sejenak di dalam mobil, sampai pada akhirnya saya memberanikan keluar untuk bertanya kepada petugas parkir di sana yang menggunakan udeng khas Hindu Bali. Benar saja, saat itu memang berlangsung puncak acara Hari Raya Kuningan (Manis Kuningan). 

Hal tersebut membuat saya hanya bisa mengambil foto suasana sekitar Pura saja. Hampir 15 menitan saya seorang diri di sana, sampai akhirnya bertemu dan berkenalan dengan seseorang bernama Basyar. Remaja muda yang membawa DSLR dan datang ke Pura ini untuk melengkapi tugas kuliahnya. Kami pun mengobrol satu sama lain, dimana kami penasaran untuk bisa sekedar naik ke atas tangga, tetapi tidak masuk ke area Pura-nya. Kami kesana kemari untuk bertanya kepada seseorang yang mengerti betul tentang Pura ini. Tidak lama, bertemulah dengan seseorang yang lengkap dengan pakaian adat Hindu Bali dan udengnya, dimana bapak itu mengizinkan kami untuk naik ke atas. Waaaah, senangnya!

Kami berdua pun naik ke atas dengan perlahan, tertunduk sopan, dan bertegur sapa ketika bertemu dengan umat Hindu lainnya. Betapa mengejutkannya, mereka semua sangatlah ramah kepada kami dan benar-benar mempersilahkan kamu masuk ke dalam untuk bisa mengabadikan momen hari besar mereka. Waaaaah terimakasih.!!! 
denah pura jagatkartta
denah Pura Jagatkartta
perayaan hari manis di pura agung bogor
salah satu hiasan pada salah satu bagian Pura di perayaan Hari Manis

gerbang utama pura jagatkartta
gerbang utama Pura Jagatkartta
air suci di pura bogor
Tirtha (Air Suci)
hari manis pura jagatkartta
suasana perayaan Hari Manis di area pintu masuk Pura

OM SWASTIASTU!

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+

FACEBOOK