Maruti Express Fast Boat: Menyebrang ke Nusa Penida dari Pantai Sanur

11:37:00 PM

Tanggal 30 Oktober 2016 gue kembali lagi ke Pantai Sanur setelah 5 tahun lamanya. Gue dan seorang teman akan pergi ke salah satu pulau eksotis di tenggara pulau Bali, yeeeeey Nusa Penida. Menggunakan fast boat dari Pantai Sanur adalah salah satu cara untuk bisa menuju kesana, karena kalau lewat Pelabuhan Padang Bai jaraknya lebih jauh. Kalau kamu membawa motor, di sini juga bisa dititipin dan nginep dengan harga 10.000 per malamnya.

Saat berada di loket penjualan tiket, kamu akan ditanya oleh petugas akan pergi ke mana (Ceningan, Lembongan, atau Penida). Harga fast boat menuju Nusa Penida dikenakan biaya sebesar 125.000 Rupiah dengan kapal Maruti Express. Nanti, namamu akan dicatat pada lembaran tiket dan akan diberikan selembar peta Nusa Penida. Kemudian, petugas akan memberikan arahan mengenai kamu akan tiba dimana dan kapan kamu harus kembali dari Nusa Penida. Wah kece banget ini informasinya lengkap, padahal sebelumnya udah panik duluan kalau susah akses kesananya. Ya, memang hal itu penting bagi wisatawan yang akan menyebrang, karena di Nusa Penida sendiri ada 3 pelabuhan (Toyapakeh, Banjar Nyuh, & Buyuk) dengan jarak yang berjauhan. 
nyebrang ke nusa penida
ramai umat Hindu yang ingin menyebrang ke Nusa Penida
jadwal kapal ke nusa penida
jadwal keberangkatan fast boat dari Pantai Sanur (sumber: http://samanthasiahaan.com/)
pantai sanur ke nusa penida
sebaiknya langsung membeli tiket pulang-pergi
menyebrang ke nusa penida
tempat menunggu, harap pasang telinga baik-baik biar nggak ketinggalan kapal
motor menginap di pantai sanur
entah ini motor sudah berapa tahun menginap di area parkir Pantai Sanur
Perjalanan menggunakan fast boat dari Pantai Sanur menuju Nusa Penida (saat itu gue akan menuju pelabuhan Banjar Nyuh), ditempuh selama kurang lebih 45 menit. Kami berangkat bersama para umat Hindu yang sepertinya ingin beribadah di Nusa Penida. Masih jarang banget turis atau wisatawan yang pergi ke Nusa Penida, rata-rata mereka masih memilih Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan yang jauh lebih banyak peradaban.

Model fast boat-nya ini lebih modern dan besar daripada kapal yang pernah gue naiki saat menyebrang dari Pelabuhan Bangsal Lombok menuju 3 Gili (Trawangan, Air, & Meno). Posisi duduknya berbaris menghadap ke depan seperti layaknya mobil atau bis, bukan menyamping. Sandal dan tas berukuran besar pun akan dibawakan oleh petugas kapal untuk ditaruh di bagian atas. Jadi kita nggak bersempit-sempitan di tempat duduk dengan barang bawaan.


Setelah 45 menit melewati arus ombak yang cukup tenang pagi itu, tibalah kami di Pelabuhan Banjar Nyuh (Dermaga 2). Jika kamu sudah memesan homestay atau penginapan, sebaiknya langsung menghubunginya untuk minta dijemput. Namun jika belum mendapatkan penginapan, warga di sekitar dengan senang hati akan memberitahukan kamu dimana letak penginapan yang murah dan nyaman. Di pelabuhan Br.Nyuh ini juga terdapat pangkalan ojek, dimana motor-motor disana juga bisa kamu sewa untuk berkeliling Nusa Penida. 
kapal maruti express
suasana bagian dalam kapal Maruti Express
pelabuhan banjar nyuh
suasana pelabuhan Banjar Nyuh Nusa Penida
penyewaan motor di nusa penida
motor-motor yang siap disewakan kepada wisatawan
pelabuhan banjar nyuh nusa penida
di kejauhan itu adalah mobil-mobil dari berbagai penginapan yang siap mengantarmu
pelabuhan nusa penida
salah satu pedagang yang berjualan di Pelabuhan Banjar Nyuh

SELAMAT MENYEBRANG!

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+