Tips Mencari Makan Murah di Nusa Penida

November 27, 2016

Pada awalnya ketika ingin pergi ke Nusa Penida memang agak sedikit ragu bagaimana mendapatkan makanan dengan mudah di sana. Namun, semua keraguan itu seketika sirna setelah mendengar penjelasan dari Mas Kadek seorang karyawan dari Full Moon Bungalows. Saat kami check-in, beliau menjelaskan kepada kami apa-apa saja yang bisa di explore di Nusa Penida, termasuk memberikan saran dimana lokasi untuk mencari makan murah sampai yang sedikit mahal.

Jadi, kalau mau mencari warung makan murah di Nusa Penida letaknya berada di depan Pura Ped. Di sana terdapat jajaran warung makan yang buka di siang dan malam hari, mulai dari warung nasi campur, bakso, nasi goreng, penyetan, dan lainnya. Lalu, kalau pengen suasana pinggir pantai atau café, maka disarankan mengunjungi Pina Colada Lounge Bar, The Gallery, Mola-Mola Waroeng, dan lainnya.
warung makan di nusa penida
nah itu deretan warung murahnya
pura ped nusa penida
ini yang namanya Pura Ped

Pertama kali gue mencoba nasi campur di Warung Handayani depan Pura Ped, harga seporsinya cuma 15.000 Rupiah aja lengkap dengan sate lilit dan ikan tongkol. Cita rasa masakannya persis seperti di Lombok, cenderung pedas yang bisa bikin keringetan. Malam harinya gue mencoba warung penyetan yang berada di seberang Warung Handayani. Gue memesan pecel ayam seharga 25.000 Rupiah, kok mahal? Jangan salah, lo bakalan kaget dengan porsi nasi dan ukuran ayam yang luar biasa besarnya. Rasanya sih ya sama seperti kebanyakan penyetan, sambelnya pun cenderung manis seperti kalau orang Jawa bikin sambel.
nasi campur nusa penida
nasi campur murah meriah dan enak
makan murah di nusa penida
keliatannya biasa ya? tapi beneran deh itu porsi ayam sama nasinya banyak banget!

Kemudian keesokan harinya, gue berhenti di sebuah warung makan dekat Pasar Mentigi untuk mencari sarapan pagi. Kami sebenarnya tidak mengetahui si Ibu menjual makanan apa, karena penasaran maka kami memutuskan untuk berhenti. Kami bertanya dan si Ibu menjelaskan ada pepes ikan, ayam, dan celeng, hehe.. Tau kan celeng? Nah, gue bertanya apakah ada nasi? Si Ibu menjawab bahwa tidak ada nasi dan menjual yang namanya Tipat Cantok. Apa itu? Ya, kami pun memesannya. Jadi Tipat Cantok ini adalah campuran ketupat, kecambah pendek, kacang panjang, soun, dan sayuran lainnya yang diaduk dengan sambel kacang. Mungkin kalau di Jakarta ini seperti ketoprak atau di daerah lain seperti lontong campur dan harganya cuma 5000 Rupiah aja seporsinya (murah banget!). Sebagai pendampingnya, gue mencoba pepes ikan yang rasanya enak banget, harganya cuma 3000 Rupiah aja. Ikan yang dijadikan pepes ini adalah ikan tuna yang sudah diolah dengan berbagai bumbu yang terasa nampol di mulut. Selain itu, gue juga sempat mencoba beberapa jajanan pasar dan es campur yang rasa dan bentuknya tidak jauh berbeda yang ada di tanah Jawa.
tipat cantok
si Ibu penjual tipat cantok
makan tipat cantok di nusa penida
(kiri ke kanan) isi ikan, ayam, babi
kuliner tipat cantok
tipat cantok + pepes ikan enak!
jajanan pasar nusa penida
nyobain jajanan pasarnya juga
jajanan pasar nusa penida
duh ini apa ya namanya, lupa!
Jadi bagi lo yang berkunjung ke Nusa Penida jangan takut sulit mendapatkan makanan murah. 

SELAMAT LIBURAN!

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+

FACEBOOK

Member of

ID Corners