Pantai Atuh yang Tak Bisa ku Jamah Keindahannya

November 24, 2016

pantai atuh

Gue mengelompokkan destinasi spot wisata di Nusa Penida berdasarkan wilayahnya yaitu timur dan barat. Di hari pertama, bagian barat sudah dijelajahi dan kini di hari kedua giliran bagian timurnya. Salah satu tempat yang udah gue list sebelumnya adalah Pantai Atuh. Dari lokasi penginapan, membutuhkan waktu sekitar 30-40 menit perjalanan menggunakan motor. Nah asiknya ketika akan meng-explore bagian timur Nusa Penida ini adalah kita akan disuguhkan pemandangan pantai yang datar atau landai. Jalan raya bersampingan tepat dengan pantai membuat perjalanan semakin tidak terasa jauh dan melelahkan. Untuk menuju ke Pantai Atuh ini sebenarnya sudah sangat enak karena banyak papan petunjuk arahnya. Tetapi ada yang sedikit membuat gue kebingungan yaitu ketika bertemu dengan sebuah pertigaan dimana papan petunjuk menyebutkan Pantai Atuh berada di media arahnya, lurus dan berbelok. Nah loh! Gue pun sempat berhenti dan bertanya kepada seorang bapak yang kebetulan lewat disana. Katanya kalau belok kiri, rutenya lebih dekat. Namun jika kamu lurus sedikit lebih jauh tetapi bisa sekalian mengunjungi Rumah Pohon. Benar saja ketika gue lurus maka akan bertemu dengan jalan bercabang untuk menuju Pantai Atuh dan Rumah Pohon.

Saat gue ke sana, sedang ada perbaikan jalan dan juga pemasangan kabel listrik. Lalu, jalan berakhir buntu dengan sebuah warung di kiri jalan dengan tanah kosong yang dibuat untuk lahan parkir. Ada beberapa orang disana yang sedang mengobrol dan mengatakan kepada kami bahwa jika ingin menikmati pantainya dari bawah maka ikuti jalan setapak dan belok kiri, sedangkan untuk menikmati dari atas bukit maka kamu harus berbelok kanan. Dari lokasi parkir menuju area pantai atau bukit katanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit berjalan kaki. 30 menit berjalan kaki!!!! Di siang bolong matahari lagi panas-panasnya!!! Omegat!!

Setelah kami berjalan kaki sekitar 10 menit dan bertemu dengan cabang jalan setapak yang dimaksud, tiba-tiba sandal yang gue gunakan terputus. Yeaaaaa!! Selamaaat!! Gue pun novak mungkin meneruskan berjalan kaki dengan terpincang-pincah karena sandal putus, terlebih treknya masih jauh banget. Akhirnya hal tersebut membuat gue kembali ke atas dan tidak jadi untuk turun ke bawah. Pelajaran pertama disini buat gue! Gunakan sandal gunung bukan sandal slop yang daya tahannya sangat ringkih. Dari tempat gue mengambil gambar, jarak menuju pantainya beneran masih jauh banget itu. Kamu harus benar-benar memperhitungkan masalah waktu jika akan berkunjung ke Pantai Atuh, setidaknya alokasikan sekitar 1.5-2 jam untuk berkunjung ke Pantai Atuh.
atuh beach nusa penida
jalan setapak menuju Pantai Atuh
pantai atuh bali
jauh banget buat ke sana!