Pesona Batu Karang Donat di Banah Cliff, Nusa Penida

November 16, 2016

banah cliff

Melanjutkan perjalanan dari Mata Air Tembeling, gue yang sejak tadi was-was di dalam hutan karena kehabisan bensin, membuat gue memprioritaskan terlebih dahulu untuk mencari penjual bensin eceran. Sebenarnya di Nusa Penida ada pom bensin milik Pertamina, namun hanya terdapat dua saja dan semuanya berada pusat keramaian, pertama di dekat pelabuhan dan kedua di dekat penginapan yang gue tinggali. Syukurlah nggak jauh dari pertigaan menuju Air Terjun Tembeling, gue menemukan warung yang menjual bensin eceran. Di warung tersebut, sembari si Ibu mengisikan 2 liter bensin ke motor gue, cuaca panas terik Nusa Penida membuat gue dehidrasi dengan cepat, akhirnya sebotol sprite pun habis dalam beberapa tegukan saja (seger banget anjir!). Gue juga sempat bertanya kepada si Ibu masih jauh atau nggaknya letak dari Banah Cliff ini. Si Ibu pun menjawab dengan pasti bahwa lokasinya masih jauh dan kalau jalan yang akan dilalui merupakan jalan buntu.

Setelah tangki bensin motor terisi, perjalanan menjelajah Nusa Penida menjadi lebih tenang saat itu. Gue terus berkendara mengikuti jalan berliku di sana dan kemudian terhenti karena adanya truk pembuat aspal yang memenuhi badan jalan. Seketika kami pun bingung apakah bisa melewati jalan tersebut atau nggak sampai kemudian beberapa pekerja aspal mempersilahkan kami untuk melewati pinggiran jalan yang sempit. Thanks, pak!

Jalan beraspal yang kemudian putus dan bertemu dengan lahan berumput yang cukup luas, di sanalah lokasi Banah Cliff. Parkirkan motor di bawah teduhan pohon, turun, dan berjalan perlahan ke pinggir tebing di sana. Jangan terkejut dengan apa yang bakal lo lihat, sebuah pemandangan tebing pinggir laut yang berpadu dengan ombak dan air yang berwarna biru. Selain itu, daya tarik utama dari Banah Cliff ini tentunya adalah karang berbentuk seperti donat yang berada di tengah laut, cantik banget!
banah cliff nusa penida
daya tarik utama Banah Cliff, itu batu bolongnya!
banah cliff view
pemandangan di Banah Cliff
banah cliff bali
ombak yang menghempas batu karang di Banah Cliff
banah cliff nusped
terik matahari membuat air laut berwarna tosca cerah
karang donat nusa penida
si donat, si primadona!
nusa penida banaf cliff
hati-hati jatuh ya... 
Nggak ada biaya retribusi wisata untuk bisa menikmati pemandangan di Banah Cliff, nggak ada yang berjaga apalagi mengawasi, karena tempat ini hanya berupa view spot saja. Tapi lo tetap dituntut untuk bisa menjaga kebersihan dan nggak membuat kerusakan apapun di sini. Tetaplah menjadi seorang traveler yang bijak dan bertanggung jawab ya bro/sist!

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+

FACEBOOK

Member of

ID Corners