Makan Seafood Murah Dengan Porsi Seabrek di Pasar Ikan Kedonganan

December 27, 2016

Tempat ini cocok banget bagi para penggemar seafood, karena bisa mendapatkan porsi yang besar dengan harga relatif murah. Gue tahu tempat ini karena diajak oleh seorang temen yang rumahnya nggak jauh dari Pasar Ikan Kedonganan. Terletak di daerah Jimbaran yang masih satu garis pantai dengan Menega Café, pasar ikan ini menjadi salah satu tempat alternatif untuk menikmati seafood dengan harga terjangkau. 

Di pagi hari, Pasar Ikan Kedonganan juga berfungsi sebagai TPI (Tempat Pelelangan Ikan), dimana banyak nelayan yang baru pulang dari laut dan langsung menjualnya disana. Namun memang tidak semuanya dijual di TPI, karena sebagian hasil laut lainnya juga dibawa ke pasar. Nah, pas masuk ke dalem pasar ikan ini jangan kaget ya, kaget karena buanyaaak banget hasil laut yang dijual, mulai dari udang, lobster, kerang, kepiting, cumi, yang segala jenis macam ikan yang semuanya kayaknya ada disini. Selain itu, banyak jenis ikan yang aneh dan gue baru tau jenisnya setelah dijelaskan oleh sang penjual. 
pasar ikan kedonganan
lobsternya gedong-gedong!
pasar ikan kedonganan jimbaran
semua jenis seafood kayaknya ada di sini deh, tinggal cari dan pilih
pasar ikan kedonganan bali
banyak jenis ikan yang gue baru tau
kedonganan jimbaran bali
tunanya gede-gede coi!
pasar ikan jimbaran
itu udang apa jari raksasa? gede-gede banget!
Sistem pembelian di Pasar Ikan Kedonganan ini adalah kiloan, yang tentunya lebih murah daripada kita membeli seafood di restoran-restoran pinggir laut di Jimbaran. Saat itu, gue sama temen beli 1 kg ikan (yang gue lupa namanya) dan 1 kg udang yang gedenya hampir 2x lipet jempol gue. Nah setelah kita dapetin apa yang kita mau, tugas selanjutnya adalah membawanya ke luar pasar karena disana sudah banyak kios-kios yang siap untuk membakar dan memasak apa yang kita beli dari pasar. Di salah satu kios tersebut gue meminta untuk membakar ikan dan udang yang udah gue beli, lalu gue juga memesan 2 porsi nasi dengan 2 kelapa muda. Nggak pakai lama, hanya sekitar 10 menit pesanan langsung diantar ke meja dan siap untuk disantap. Semuanya dibakar tanpa bumbu, namun kita akan mendapatakan 2 jenis sambel yang berbeda (mateng dan mentah). Sambelnya itu yang bikin nampol dan bikin bakaran ikan/udangnya jadi lebih enak. Sumpah nggak bohong gue! Hebatnya lagi, semua itu gue berdua habiskan nggak lebih dari 200 ribu. Muraaaah kaaan!!! (btw thanks buat Tante Ain, gue ditraktir cuy! Makasih!)
makan seafood di pasar ikan kedonganan
ikannya masih fresh, langsung dibakar, trus dicocol sambel. ajib!
seafood pasar kedonganan
ditambah lagi makan liat laut sama angin semilir. duh!
Apalagi dengan harga segitu dan dengan porsi yang seabrek, kamu masih di hadiahi dengan cantiknya pemandangan lautan dan angin semilir pantai saat makan di sana. Ah pokoknya ini paket komplit makan seafood yang luar biasa enak! Jadi, Pasar Ikan Kedonganan bener-bener gue rekomendasiin buat kalian-kalian yang pengen ke Bali dan mencoba seafood-nya selain di restoran pinggir laut Jimbaran. 

You Might Also Like

2 komentar

GOOGLE+

FACEBOOK