SELAMAT TAHUN BARU 2017!

January 01, 2017


2016 sudah usai dan kini saatnya menyambut tahun 2017 dengan harapan yang lebih baik darinya. Banyak hal dan pelajaran menarik yang gue dapetin selama tahun 2016 kemarin. Gue nggak menyalahkan, gue nggak benci, justru gue bersyukur dan bisa belajar dari kesalahan-kesalahan yang gue perbuat di 2016. 

1. Solo Traveling
Di awal tahun 2016 kemarin gue memutuskan untuk mencoba menjadi seorang solo traveler pertama kalinya. Gue akuin, awalnya memang banyak hal dan pikiran yang menyelimuti;

"duh garing nggak ya jalan-jalan sendiri?"
"sedih amat kayaknya jalan-jalan sendiri"
"nanti gue ngobrol sama siapa disana ya?"
"seru nggak ya nanti liburannya?"

Jujur, pertanyaan-pertanyaan itu memang selalu muncul dipikiran sebelum berangkat. Tapiiiii, hal itu berubah seketika dan semua kecemasan itu lenyap begitu saja ketika sudah berada di sana. Entah kenapa semuanya terasa sangat menyenangkan, malah terlanjur asik sendiri. (Hahahaha....ya ampun kurang bahagia sepertinya gue di Ibukota). Beneran deh, solo traveling memberikan banyak hal baru dan manfaat buat gue pribadi. Gue bisa belajar mengambil keputusan sendiri yang lebih pasti, belajar lebih mandiri, belajar untuk tidak ketergantungan dengan orang lain, lebih dekat dengan kehidupan sosial, berinteraksi dengan banyak masyarakat lokal lebih dalam, mendapatkan teman-teman baru di sana, dan banyak hal lainnya. 

Intinya sih, solo traveling, berdua, berkelompok, bersama keluarga, mempunyai kesannya masing-masing. Jadi, jangan sekali-kali kalian men-judge mereka-mereka yang memang memutuskan pergi solo traveling, karena kalian belum tentu/berani melakukannya seperti mereka. :) 

2. Kehilangan Laptop
Kenapa ya gue merasa bahwa di dunia ini nggak ada yang namanya "kebetulan", semua sepertinya sudah "ditata" dengan apik dan sedemikian rupa untuk masing-masing kehidupan. Dalam artian begini, misalnya kamu kena musibah tapi justru dari musibah itu kamu akan belajar dan kemudian mendapatkan hal baik darinya. Hahahahahhahaha... sok tau lau ki!

Ya begitulah, karena di awal tahun 2016 kejadian tidak menyenangkan terjadi, kamar kost dibobol maling. Laptop dan harddisk sejak kuliah yang berisikan banyak data penting, hilang, raib, dan lenyap begitu aja. Perasaan sedih, kesal, gondok sama diri sendiri pun hinggap dan itu wajar kok asal nggak berlarut-larut. Nah, ada yang bikin "tanda tanya" buat gue setelah kehilangan itu. Adek kemudian menang sebuah lomba dengan hadiah netbook, dimana adek menawarkannya ke gue karena nggak mau menggunakannya karena sudah punya laptop dengan spesifikasi lebih tinggi. Alhasil, karena memang gue butuh dan akhirnya netbook tersebut gue bayarin dengan nego potongan 500 ribu. Hehehe.. mayan, thanks, ma bro! Sejak itulah gue mulai lebih berhati-hati menjaga suatu barang yang berharga dan kemudian di akhir tahun 2016 ini alhamdulillah gue bisa nyicil laptop yang lebih bagus lagi.

3. Pertama Kali ke Luar Negeri
Pengalaman yang paling menarik dan nggak terlupakan terjadi di bulan Mei 2016 kemarin, gue traveling ke luar negeri untuk pertama kalinya. Walaupun hanya di negara Indochina, yaitu Vietnam namun gue banyak mendapatkan hal-hal baru yang membuat gue semakin semangat traveling ke luar negeri di tahun-tahun berikutnya. Mengenal budaya dari negara lain, mengenal penduduknya lebih dekat, mencicipi berbagai kuliner khasnya, dan banyak hal baru lainnya yang sangat menarik untuk ditemui dan dijadikan sebuah pengalaman hidup.

4. Mendapatkan Banyak Teman Baru
Traveling nggak semata-mata pergi hanya untuk bersenang-senang saja kok, karena ternyata ketika kita membangun interaksi dengan masyarakat lokal di sana kita bisa mendapatkan banyak teman baru (kegiatan ini sudah ada sejak lama dalam forum couchsurfing). Di tahun 2016, gue berkenalan dengan banyak teman baru yang membuat kami semua bertukar pikiran, menceritakan budaya daerah atau negara masing-masing, dan saling sharing keseruan satu sama lain yang menyenangkan. 

Itulah hal-hal yang paling berkesan di tahun 2016 kemarin! 2017? \m/
Nah, biasanya setiap bulan Desember team di kantor saling membuat dan menuliskan resolusi tahunan di selembar kertas post-it. Kali ini belum ada yang mencanangkan lagi hal tersebut, maka sementara gue mau menuliskan apa-apa saja yang pengen gue capai dan gue lakuin di tahun 2017 besok.

1. Hidup sehat (jaga makanan & banyak minum air putih)
2. Jaga berat badan (stabil!)
3. Olahraga rutin (sepedaan tiap minggu pagi keliling perumahan/freeletics)
4. Intens dan fokus nulis blog (minimal nulis 1 artikel/hari dan 1 share/hari)
5. Lancar adobe premiere (berguru dengan adek!)
6. Bisa terus melakukan hal-hal baik ke semua orang
7. Makan kalajengking, kumbang, atau tarantula goreng di Kamboja (*atau ya, "atau" bukan semuanya!)
8. Pengen smartwatch (Moto 360 keren yah!)
9. Butuh HD Eksternal banget
10. iPad Mini portable ringkas juga dibawa-bawa sepertinya


2017? Gue siap!

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+