Petik Apel KTMA; Yuk, Makan Apel Sepuasnya Disini!

January 04, 2017

Jika berkunjung ke Batu nggak afdol kalau nggak nyobain sensasi petik apel langsung dari kebunnya. Wisata petik apel ini memang menjadi salah satu aktivitas yang paling populer di kalangan para wisatawan. Untuk bisa menemukan wisata petik apel ini gampang banget karena berjejer terdapat di sepanjang Jalan Arjuna yang menuju ke arah Selecta atau Cangar. Namun ada satu tempat rekomendasi yang paling sering dibicarakan di forum yaitu Wisata Petik Apel dari Kelompok Tani Makmur Abadi (KTMA).

Nah lokasi tempat pembelian tiket Petik Apel KTMA ini berada di pertigaan yang menuju Selecta, berada tepat persis di pertigaannya. Kendaraan roda empat memang agak sulit berbelok jika dari arah berlawanan dan parkir mobil pun juga nggak ada tempatnya. Tetapi sebenernya nggak perlu terlalu mencemaskan hal tersebut, karena hanya membutuhkan waktu yang sebentar disana untuk membeli tiket. Setelah itu, kamu akan langsung diantar menuju lokasi kebun buah apelnya.

Lokasi kebun apelnya berada di dalam area taman wisata selecta. Disini pun yang membawa kendaraan roda empat juga harus parkir di pinggiran jalan karena memang nggak ada area atau lahan sendiri untuk kendaraan roda empat. Menurut saya, setelah saya tahu lokasinya, sepertinya pembelian tiket bisa otodidak langsung deh di kebunnya, tanpa harus mampir dulu di kios KTMA yang di pertigaan tadi. Sepertinya lo ya, karena saya nggak menanyakannya lagi di sana.

Bentuk kebun apel milik KTMA ini bertingkat karena letaknya berada di bukit. Saat masuk pertama kali, kita akan disambut dengan ramah oleh para pegawainya dan diberikan satu cup minuman sari apel yang menyegarkan saat diminum walaupun memang tidak dingin. Setelah itu kita bisa naik ke atas, untuk memetik apel sendiri di sini. Nah konsepnya seperti kebanyakan wisata petik apel lainnya yaitu makan apel gratis sepuasnya di tempat dan jika ingin membawanya pulang barulah akan dikenakan biaya lagi sebesar 30.000 Rupiah untuk 1 kg-nya. Saya sih nggak tahu pasti ya harga apel sekilonya berapa ini di pasaran atau di luar tempat wisata, namun yang jelas keuntungan yang bakalan kamu dapetin jika membelinya disini adalah bisa memilih sendiri mana apel yang bagus dan mana yang tidak.
petik apel ktma
apelnya seger-seger!
pemandangan dari petik apel ktma
pemandangan dari kebun apelnya
petik apel ktma batu malang
petik apel KTMA
Melalui pengeras suara, petugas memberitahukan bahwa apel yang berwarna merah cenderung lebih asam dan kecut dibandingkan dengan apel yang berwarna hijau. Membuat saya pun memilih dan memetik apel yang berwarna hijau yang ukurannya besar-besar. Saya juga sempat memakan apel langsung di tempat dan memang beneran asik. Tapi tetep ya, setelah dipetik harus dicuci atau setidaknya di lap terlebih dahulu. Ya jaga-jaga takutnya malah mules, karena emang banyak kelelawar atau binatang-binatang yang juga memakani apel ini di pohon. Namun, itu juga membuktikan bahwa kebun apel KTMA ini tidak menggunakan pestisida untuk merawat pohon-pohon apelnya.

Butuh perjuangan memang jika kita ingin mendapatkan apel-apel hijau yang berukuran besar, karena biasanya letaknya berada di atas pohon dan di paling ujung. Tapi seru banget lah loncat-loncat, penekan (naik-naik) pohon buat dapetin apel. Hahahahha… Oh iya, jangan lupa sebelum naik dan petik apel di atas, ambil kantong plastik di bawah jika memang kamu ingin membawanya pulang.

Kebun buah apel milik KTMA ini menurut saya asik banget, karena kita bisa duduk-duduk santai di sini, ngadem dari panasnya terik matahari, sambil makan apel yang baru dipetik. Terlebih lagi, kamu juga disuguhkan dengan pemandangan pegunungan yang indah. Dengan harga tiket masuk 20.000 Rupiah, lumayan worth it jika kamu memang hanya ingin mencoba sensasi memetik apelnya saja tanpa ingin membawanya pulang. Lalu, misalkan kamu sudah mengantongi apel yang ingin kamu bawa pulang, nanti akan ditimbang oleh petugas di area pintu masuk tadi dan harus membayarnya di sana. Di sini mereka juga menjual berbagai macam keripik buah dan souvenir yang bisa di beli sebagai oleh-oleh. Bibit-bibit tanaman sayur dan buah pun mereka jual di sini. Jadi, wisata petik apel KTMA ini bisa kamu masukkan dalam destinasi saat berkunjung ke Batu, siapkan waktu paling tidak sekitar 1-2 jam di sini.
petik apel malang ktma
maafkan tangan yang lebih besar daripada apelnya
petik apel batu ktma
kalau mau dapet yang besar, butuh perjuangan
penjual kaos di petik apel ktma
penjual kaos sebagai souvenir di sini
timbang apel di ktma
ditimbang untuk dibawa pulang
apel merah apel hijau batu malang
apel merah (kecut asam), apel hijau (lebih manis)
Selamat Berburu Apel!

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+

FACEBOOK