Appalarang Cliff, Bulukumba: Surga (Tak Tersembunyi) di Ujung Tanah Celebes!

February 20, 2017

appalarang cliff
“Aaaaaah…..ini bagus bangeeet!!!!”
“Cakep cakep cakep cakep!!”
(**jingkrak-jingkrakan kayak anak kecil)

Tapi beneran, Appalarang Cliff ini menurut gue jadi destinasi terbaik yang wajib didatengin ketika berada di Bulukumba, Sulawesi Selatan. Emang sih biasanya tujuan utama dari wisatawan yang datang ke Bulukumba adalah Pantai Bira atau Pantai Bara, tapi ternyata setelah gue tau Pantai Bira dan Pantai Bara, membuat Appalarang Cliff ini mengalahkan kedua destinasi wisata favorit tersebut. Menurut gue lo ya, subjektif ini mah.

Masuk ke Appalarang Cliff ini kita akan dikenai biaya retribusi, kalau nggak salah Rp.5000 per orangnya deh (*kalau nggak salah lo ya, lupa sayanya!). Nah, gue ke sini di hari Senin siang, jadi suasananya sepi banget sama pengunjung dan menurut gue justru bikin tambah asik buat foto-foto (bebaaaaas). Di area Appalarang Cliff ini juga ada sebuah mercusuar yang kita bisa naikin kalau berani. “kalau berani”, gue meremehkan kata-kata itu dari si Ashar yang sebelumnya nantangin gue untuk bisa naik ke paling ujung mercusuar. Gue pikir mah gampang itu ya (bayangannya mercusuar dengan tangga memutar di dalammnya (kayak film-film gitu)). Tapi ternyata, lemeeessss bray pas lihat bentukan mercusuarnya (ini mercusuar atau kerangka mercusuar!). Bangunan mercusuarnya nggak ada temboknya sama sekali, naik ke atasnya pun pakai tangga besi yang cuma ditaroh aja dan goyang-goyang pas dinaikin. Oh damn big nooooo……….!!!! Gue pun nggak sanggup dan menyerah buat naik ke paling atas mercusuar ini, daripada itu mercusuar roboh, mending gue stay di tingkatan 1 aja. Jangan salah ya, di tingkatan 1 aja hembusan anginnya udah kenceng banget dan serasa mercusuar itu serasa bergoyang karena hembusan angin kencengnya itu. Serem cui, asli nggak bohong gue!
appalarang cliff bulukumba
denah kawasan Appalarang Cliff
mercusuar appalarang cliff
mercusuar yang beneran menyeramkan
appalarang cliff sulawesi selatan
tapi emang pemandangan dari mercusuarnya bagus banget sih!
Setelah lutut gemetaran gara-gara naik mercusuar tak berdinding itu, akhirnya gue bisa benar-benar menikmati keindahan dari Appalarang Cliff ini. Ikutin aja jalan setapak yang udah diberikan pager cantik di pinggir tebingnya. Suer indah banget! Lautnya warna biru tosca yang cerah banget diterpa sinar matahari yang menyinari di siang itu (bagus banget bagus banget!). Bahkan dari atas tebing gue bisa ngeliat ikan-ikan yang berenang di air laut yang super bening, padahal jaraknya jauh lo. Oh iya, di Appalarang Cliff ini ada spot foto yang paling dicari oleh wisatawan, tapi kita harus menuruni anak tangga dulu untuk bisa ke bawah. Nah pas dibawah makin-makin deh itu jelas air lautnya yang berwarna biru tosca yang bikin mata berbinar-binar saking kagumnya. Cakep bener dah ah! Pokoknya dateng ke Appalarang Cliff ini beneran nggak bikin bosen dan nyesel, bahkan menurut gue berlama-lama di sini pun tetep asik. Cuma emang karena gue ke sana tepat di jam makan siang, apa daya perut pun lebih memberontak daripada yang lain. 
appalarang cliff sulawesi
maafkan numpang mejeng yeu
appalarang cliff bira
jalan setapak pinggir tebing yang sudah rapi
appalarang cliff tanjung bira
ini yang gue bilang spot paling favorit

Happy Traveling!

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+