Mui Ne Fishing Village: Kapalnya Lucu Bulet-Bulet Kayak Mangkok!

10:12:00 PM




“Sumpah, ini keren banget!”
“Ah baguuuusss banget!”

Gue nggak henti-hentinya melontarkan kalimat-kalimat itu setelah sampai di fishing village Mui Ne. Bukannya gue lebai atau apa ya, tapi asli beneran keren banget ini. Emang kenapa, kok kampung nelayan aja dibilang keren? Apanya yang bagus sih ki, pantainya? ikannya? nelayannya? Semuanya bagus! Iya beneran, kombinasi dari semuanya yang bikin fishing village di Mui Ne ini keren banget.  Jika dilihat dari atas, pemandangan ratusan kapal yang bersandar membuat siapapun yang melihatnya pasti berdecak kagum. Gue nggak tau ya di Indonesia ada pemandangan seperti ini atau nggak, tapi karena gue baru pertama kali melihat yang kayak gini, jadinya gue norak dan seneng banget liatnya. Kerennya lagi, jika diperhatiin dari jejeran kapal itu, ada sebagian kapal yang bentuknya bulet-bulet kayak mangkok. Lucu deh! Nah gue tau kalau yang ini di Indonesia nggak ada nih kapal bulet-bulet kayak gitu.
fishing village mui ne
pemandangan yang luar biasa indah
fishing village di mui ne
kapalnya berbeda dengan yang ada di Indonesia
kapal bulet di mui ne
ini nih lucu banget kapalnya. haha..
Dari jalan raya kita harus menuruni anak tangga untuk menuju bibir pantai yang sudah banyak penjual ikan di sana. Rata-rata yang berjualan ikan di sini adalah kaum perempuan, mungkin laki-lakinya tugasnya adalah yang mencari ikan. Fishing village Mui Ne ini mirip-mirip TPI (Tempat Pelelangan Ikan) sih kalau di Indonesia, tapi kalau di TPI itu yang dijual rata-rata adalah ikan mati, lain cerita di sini karena yang dijual adalah ikan segar dan hidup. Cara menjualnya pun unik, dengan cara di taruh di ember atau baskom yang diberikan gelembung udara. Hal tersebut bertujuan untuk membuat hasil tangkapan lautnya yang dijual benar-benar segar sampai ke tangan pembeli. Cool! Bener aja sih, pas gue liat langsung malah mirip akuarium karena semuanya hidup dan semuanya bergerak aktif. Orang-orang yang berjualan di fishing village Mui Ne ini juga sangat baik dan ramah, mereka nggak segan menyapa dan tersenyum saat bertemu dengan yang lain, begitu juga dengan wisatawan yang hanya datang untuk berfoto-foto. 
para penjual hasil laut
para penjual hasil laut
penjualan hasil laut di mui ne
rata-rata perempuan yang berjualan
hasi laut mui ne
ikan yang udah mati juga dijual di sini
kampung nelayan mui ne
semuanya masih hidup dan segar

Menurut gue sih fishing village di Mui Ne ini mejadi destinasi paling menarik yang gue datengin, bahkan lebih menarik daripada White Dunes. Menurut gue lo ya, kan persepsi orang beda-beda. Nggak ada salahnya mampir ke sini ketika sedang berada di Mui Ne, mengenal keseharian kehidupan dari para nelayan di negara orang sungguh sangat menyenangkan.

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+