Semerbaknya Aroma Kopi di Pasar Sore Rantepao, Toraja Utara

Februari 07, 2017

pasar sore rantepao


Lokasinya ada di pinggir jalan raya pusat Kota Rantepao, ketika berkunjung ke Toraja pasti lo bakal ngelewatin pasar ini. Patokan utamanya adalah sebuah perempatan dengan tugu Rumah Adat Tongkonan di sana. Menepi dan parkirlah dengan rapi di sisi jalan yang memang sudah disediakan sebagai lahan untuk parkir kendaraan bermotor.

Gue ke sini sekitar jam setengah 5 sore dan suasana pasarnya saat itu lumayan rame. Di bagian depan pasar yang menghadap ke jalan raya didominasi oleh para penjual souvenir­ (cenderamata) dan berbagai jajanan khas Toraja yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Lanjut masuk ke bagian dalam, dagangannya berubah menjadi jajaran toko pakaian-pakaian, sayur-sayuran, sampai buah-buahan. Kemudian, semakin ke belakang lagi, aroma kopi mulai tercium dimana-mana dengan hadirnya belasan kios penjual kopi khas Toraja di sana.

pasar rantepao toraja
lokasi pasarnya ada di pinggir jalan besar
oleh-oleh pasar rantepao toraja
banyak makanan dan souvenir khas di sini
Satu hal penting yang dibutuhkan untuk membeli oleh-oleh di pasar seperti ini adalah “jurus tawar-menawar”. Entah apa pun barang yang dibeli, cobalah terlebih dahulu menawar, nggak ada salahnya. Gue di Pasar Sore Rantepao ini membeli Deppa Tori, ukuran besar harganya 25.000 dan yang kecil 15.000. Apaan ki Deppa Tori? Ini jajanan khas Toraja yang terbuat dari tepung beras dan bentuknya kayak puppy, tapi enaaak. Selain itu gue juga beli jajanan lainnya seperti Jipang khas Toraja, tau lah ya jipang? Nah tentunya yang nggak bakal gue lewatkan adalah membeli kopi khas Toraja asli yang dibungkus plastik bening yang terlihat simpel. Nah ketika sedang memilih-milih kopi, di etalase toko sebelah gue lihat ada bungkusan-bungkusan plastik dengan bubuk berwarna putih di dalamnya yang ternyata setelah ditanyakan itu adalah kedelai bubuk khas Toraja. Hmmm... gue baru denger dan baru tahu, harga per bungkusnya 15.000 aja dan nggak ada salahnya gue beli untuk gue coba. (padahal sampai sekarang pun masih terbungkus rapi di lemari makan). 

kopi bubuk pasar rantepao toraja
banyak juga penjual kopi dan kedelai bubuk

Selain makanan, gue juga membeli tempelan kulkas yang harganya dibawah 15.000 ya, harus dapet harga segitu, soalnya gue saat itu dapet harga mahal 20.000. Kenapa gue bilang harus dapet 15.000? Ya, karena sewaktu gue tanya di Objek Wisata Kete Kesu, tempelan kulkas dengan model yang sama hanya dijual 12.000 – 15.000-an, sebel! Pokoknya kalau ke Pasar Sore Rantepao, jangan segan buat menawar, kalau pun nggak di kasih di satu kios, masih banyak kios-kios lainnya yang menawarkan makanan atau souvenir yang sama, tenang aja. Selamat berbelanja! 

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+

FACEBOOK

Member of

ID Corners