Pantai Mandalaria, Tanjung Bira: 3 Keunikan dan Keindahan Dalam Satu Pantai!

7:38:00 PM

Panaaaas……!!! Tapi baguuuuuss!!
Panaaaas……!!! Tapi baguuuuuss!!
(*lah kok?)

Iyalah panas, gue ke Pantai Mandalaria ini sekitar jam 12 siang (matahari lagi pelukable banget kayaknya). Si Andi down dan tumbang di bawah pohon aja, kayaknya udah males ngapa-ngapain saking panasnya matahari di pantai ini. Yaudah cuma gue, Ashar, dan temen-temennya Ashar yang saat itu juga ikutan gabung ke Pantai Mandalaria ini. Tapi emang beneran sih panasnya tu nyengat banget dan baek-baek kalau nggak pake sunblock (siap-siap geseng!), tapi cocok nih yang mau sok-sokan jadi bule (tanning-in kulit). Rute untuk menuju Pantai Mandalaria udah beraspal dan gampang ditemuinnya karena emang udah ada titik poinnya di google maps, jadi gue rasa nggak ada kemungkinan nyasar deh kalo ke sini.

Pantai Mandalaria ini juga termasuk pantai yang punya keunikan dan ciri khas daripada pantai-pantai lainnya yang ada di Bulukumba, Sulawesi Selatan. Menurut gue lo ya, pertama, Pantai Mandalaria ini punya pasir putih dan air laut berwarna biru tosca yang cakep banget (biasa ya ini?). Oke, kedua, Pantai Mandalaria punya sebuah spot foto yang menarik, yaitu ayunan yang terbuat dari kayu. Ayunan kayu ini letaknya ada di pinggir pantai, kalau yang pernah ke Lombok mirip-mirip spot fotonya ayunanannya hotel ombak sunset (masih biasa aja?). Ketiga, Pantai Mandalaria ini juga termasuk kawasan dari sentra pembuatan Kapal Phinisi. Makannya pas gue di sini, gue bukan takjub sama indahnya pantai pasir putihnya, tapi kapal-kapal phinisi yang berlabuh di Pantai Mandalaria ini.

Iya, adanya kapal phinisi lah yang bikin Pantai Mandalaria ini menurut gue semakin menarik. Jarang-jarang kan nemuin pantai yang ada kapal phinisi super besar yang menjadi ciri khas dan kebanggaan orang Sulawesi, khususnya suku bugis. Cakep pokoknya! Oh iya, pas gue ke Pantai Mandalaria ini nggak ada pungutan retribusi atau biaya parkirnya, semuanya masih gratis tis tis. So, mampir deh ya!
pantai mandalaria
ada kapal-kapal kayu yang bikin pantai ini menarik buat di foto
phinisi pantai mandalaria
si bapak "anak pantai" kulitnya geseng begitu
ayunan pantai mandalaria
nah ini ayunan yang ikonik di Pantai Mandalaria
ayunan mandalaria
woi ki awas putus!
mandalaria beach
nih bocahnya yang udah nggak kuat kepanasan, cian!
mandalaria beach sulsel
sebenernya pintu masuk pantainya mana deh
Happy Traveling!

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+