Sentra Pembuatan Kapal Phinisi di Tanah Beru, Bulukumba: Masnya Mau Beli Kapal?

February 19, 2017

sentra pembuatan kapal phinisi
Ketika sampai di daerah Bulukumba, coba deh mampir sebentar ke sentra pembuatan kapal phinisi tepatnya di Tanah Beru, Bonto Bahari. Kawasan pembuatan kapal phinisi ini kayaknya udah jadi salah satu destinasi wisata yang menarik buat dikunjungin dan dilihat saat wisatawan berada di Bulukumba, Bira, Sulawesi Selatan. Nggak butuh waktu lama kok di sini, karena emang kita hanya ngeliat gimana sih proses pembuatan kapal phinisi yang merupakan kapal layar tradisional khas dari Suku Bugis ini. 

Berhenti aja di salah satu kapal yang lagi digarap, masuk ke dalem lihat-lihat nggak akan ada yang melarang dan marahin kok. Malah pas pekerjanya sesekali gue tanya, mereka menjawabnya dengan sangat ramah. Tapi beneran men, kapalnya gedeee bangeeeet!! Hebatnya, mungkin sekitar 90% kerangka kapalnya terbuat dari kayu!! Gue masuk ke dalem salah satu kapal phinisi yang belum kelar dan ngeliat betapa kokohnya kayu-kayu kerangka kapal ini. Kata salah satu pekerjanya, kalau proses pembuatan kapal mulai dari nol sampai benar-benar rampung selesai membutuhkan waktu sekitar 4-5 bulan. Hebatnya lagi adalah hampir semua bagian kapalnya dibuat secara manual oleh tangan-tangan handal para pekerjanya. Selama keliling naik turun kapal, rasa kepo gue muncul lagi, yaitu berapa harga dari satu kapal phinisi ini? Berusaha mencari tau dengan menanyakan ke beberapa pekerja di sana, tapi ketika gue tanya mereka nggak tau harganya. Gue malah di suruh pergi ke kantor penjualannya yang berada di seberang jalan (waduh). Ah nggak ah, ntar malah lama lagi deh ngobrol di dalem sama juragan kapalnya dan disangka malah mau beli kapal (njir beli kapal!).
pembuatan kapal phinisi
tuh liat deh bandingannya sama mobil
pembuatan kapal phinisi bira bulukumba
naik ke kapal liat-liat
pembuatan kapal phinisi bira
para pekerja keras
pembuatan kapal phinisi tanah beru
setengah jadi aja udah kerasa kokoh banget ini kapal
pembuatan kapal phinisi bulukumba
mapping project-nya, sangar cui!
pembuatan kapal phinisi di sulawesi
palunya aja dari kayu, berarti kan kekuatan kayunya luar biasa hebat
Oia, dari Jalan Poros Bira Bulukumba ke desa/sentra pembuatan kapal phinisi ini jalannya kecil dan sempit banget, agak PR kalau naik mobil trus papasan dengan mobil lain dari arah sebaliknya. Nah, sebaiknya ketika udah sampai di tempat, kita nggak perlu puter balik lagi ke jalan raya. Tinggal lurus aja terus masuk ke dalem karena memang jalurnya tembus juga lagi ke jalan raya, tinggal lanjutin deh ke arah Pantai Appalarang atau Pantai Bira. Yeay!

Happy Traveling!

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+