Tips Internetan dan Mencari Lokasi Wisata di Toraja

6:20:00 PM

telkomsel toraja
sumber: http://www.staticwhich.co.uk
“Ah, sinyalnya kampr*t!”
“Bisa buat telpon sih, tapi gue butuhnya internet”
“Wi-Fi mana Wi-Fi ini penginepan!”
“Loadingnya lama bangeeeet!”
“Boro-boro loading maps, sinyal aja putus nyambung”

Ya, itulah kata-kata yang selalu gue ucapkan selama berada di Toraja. Gue sama sekali nggak punya prediksi kalau di Toraja itu susah sinyal dan belum ada artikel yang menyarankan hal-hal demikian. Jadinya gue tetep isi paket data Indosat dan membiarkan Telkomsel tanpa paket data. Menjalankan itinerary di Toraja pada awalnya pun gue prediksi mudah karena pergi ke satu tempat ke tempat yang lain cukup mengandalkan GPS. Tapi semua prediksi itu salah besar ketika gue tiba di Toraja, kenapa?

1.     Mau Internetan? Telkomsel Jawabannya
Ini gue nulis ini harusnya dapet royalti nih dari Telkomsel, wakakaka..!!
Ya, tapi emang bener sih dan gue nggak bohong, selain Telkomsel di Toraja lo nggak akan bisa melakukan sambungan koneksi internet. Indosat dan XL pun sinyal nggak penuh dan hanya tercantum EDGE bahkan Indosat sempet nyentuh GPRS. Luar biasa bukan? Internetan di EDGE tetep bisa kok, bisa iya bisa, tapi harus sabar-sabar aja yah karena buka web page aja mungkin bisa sampai 20 menitan sampai benar-benar tertampil sempurna. Jangan harap bisa loading situs sosial media seperti Path, Instagram, Facebook, dll karena semuanya bakalan gagal. Daripada kalian terus berusaha connect, mending sekalian matiin itu paket data atau bahkan nyalain airplane mode. Mengapa? Yap, karena mencari sinyal apalagi mencoba berusaha menyambungkan koneksi internet itu sangat amat memakan daya baterai, so matikan saja semuanya!

Telkomsel benar-benar lancar jaya ketika saya mencoba meminta tethering kepada si Aji. Semua berjalan lancar dan normal seperti selayaknya internetan di Ibukota. Gue bener-bener kegirangan seolah-olah baru hidup di zaman modern yang akses internetnya super kenceng. Tips dari gue nomor 1 ini juga didukung oleh pernyataannya Aji, seorang temen yang sudah lama tinggal di Parepare. Menurutnya selain Makassar, kota-kota di Sulawesi Selatan hanya bisa mengandalkan Telkomsel jika ingin melakukan koneksi internet.
sumber: forrent.com
2.     Bertanyalah Kepada Anak Sekolah dan Jangan Mengandalkan GPS
Ketika berkunjung ke Toraja sebagai daerah baru yang kamu datangi, pastinya ingin bepergian ke berbagai tempat wisata di sana bukan? Banyak yang menganggap simpel karena berpikiran hanya tinggal menyalakan GPS dan membuka maps. Oke, itu nggak masalah ketika kamu menggunakan operator Telkomsel, tapi akan menjadi masalah ketika operator selulermu bukanlah si merah menyala itu. Solusi cepat dan mudahnya memang tinggal membeli nomor baru yang murah dan isikan paket data yang mingguan. Tapi jika kamu tidak mau melakukan hal itu atau menganggapnya terlalu ribet karena harus berganti kartu, maka solusi terbaiknya adalah bertanya.

Eitsss, tapi jangan anggep mudah ya bertanya di Toraja. Nggak mudah bukan karena jarang penduduk yang bisa ditanya, tapi susah karena mereka nggak mengerti apa yang kita maksud dan begitu juga sebaliknya. Itu terjadi sangat sering ketika gue bertanya arah menuju lokasi wisata yang ada di Toraja. Kebingungan terjadi ketika gue menanyakan kepada rata-rata orang-orang tua dimana letak wisata yang kami ingin tuju, namun pencerahan datang ketika gue bertanya kepada beberapa anak sekolah yang langsung mengerti apa yang kami maksud dan tuju. Sepertinya penduduk asli Toraja sendiri banyak yang belum tau lokasi-lokasi wisata di tempatnya, atau mungkin saja lokasi-lokasi tersebut punya sebutan lain. Misalnya ketika saya bertanya dimana lokasi Bori Kalimbuang, banyak yang tidak tau tapi saat bertanya kepada anak sekolah mereka langsung mengerti.

Pokoknya kalau pergi ke Toraja, saran utama gue cuma satu yaitu pakai operator Telkomsel. Kegunaan terpentingnya bukan hanya untuk internetan ataupun upload foto di social media aja, tapi lebih ke penggunaan navigasi GPS-nya yang tentunya akan memudahkan untuk pergi kemana-mana. Semua lokasi populer dan banyak dikunjungi wisatawan semuanya sudah ada di maps.
Selamat berlibur kak!

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+