Warung Pangkep, Takalar: Kenikmatan Hakiki Dari Semangkuk Sop Sodara Isi Jeroan!

February 25, 2017

sop sodara takalar
Panas-panas cocok banget kan kayaknya makan makanan yang berkuah-kuah gitu!
Makan sop sodara yang isinya jeroan, diseruput sama kuah berbumbu berwarna cokelat itu…
Pake nasi anget, keringetan, tambahin sambel…
(*duh kan gue nulis malah jadi pengen sendiri)

Di perjalanan pulang dari Tanjung Bira menuju Kota Makassar, gue, Andi, dan Ashar memutuskan untuk mampir makan siang di sebuah salah satu Warung Pangkep yang menjual Sop Sodara. Lokasinya berada di Jalan Poros Takalar yang merupakan jalan raya besar penghubung, jadi seharusnya kalau mau ke tempat ini gampang banget nemuinnya. Dari jalan raya lo bakal ngeh Warung Pangkep ini karena asap bebakarannya ngebul banget bercampur dengan aroma surga bakalan tercium.

Masuk ke dalem Warung Pangkep di Takalar ini gue pesen Sop Sodara dan bakalan langsung ditawarin mau campur atau nggak apa si penjualnya. Maksudnya, isiannya mau dicampur sama berbagai macam jeroan sapi atau hanya mau daging sapinya aja. Nah karena sejatinya Sop Sodara ini isinya adalah jeroan, makannya gue pilih yang campur. Nggak pakai lama (emang pelayannya gesit-gesit banget) pesanan udah dateng hadir di meja beserta nasinya. Sikaaaaat bleeeh!! Rasanya? Aduhduh biyung! Mantep banget pokoknya rasa dari Sop Sodara ini! Kuahnya yang berwarna cokelat pekat ini kenceng banget bumbunya (entah apa ya isi campurannya, gue nggak ngerti apaan) dan pas di serok ke bagian dasar mangkoknya pake sendok baru munculah surga-surga kebahagiaan (jeroan-jeroan yang potongannya gede-gede banget). Rasanya tanpa dicampurin apapun aja udah enak banget, makin enak ketika ditambahin peresan jeruk nipis dan sambelnya (lidah menari-nari). 
sop sodara warung pangkep
puanas banget je siang-siang di sini!
warung pangkep takalar
suasana warung pangkepnya
warung pangkep sop sodara takalar
duh beneran semua yang dipajang itu menarik semua
sop sodara di warung pangkep takalar
ayamnya men gede-gede banget! 
ikan goreng warung pangkep
mangap-mangap si ikan goreng
pembuatan sop sodara
the making of.....syurgaa....
makan sop sodara di sulawesi
duh kan gue nulis ini jadi pengen lagi!
sop sodara warung pangkep
tuh-tuh parunya keliatan gitu, enak banget ini suer deh
warung pangkep sulawesi
pisang gratisnya, sikaaaat!
Harga seporsi Sop Sodara di Warung Pangkep Takalar ini harganya sekitar 27 ribuan apa (kalau nggak salah, sayanya lupa) udah sama nasi, pokoknya gue makan bertiga ditambah segelas es teh manis habisnya cuma 89 ribu doang. Berarti kemungkinan harganya seporsi sekitar 27 ribuan, itu masih termasuk murah lo. Murah karena udah sama nasi dan yang paling penting rasanya enak dengan isian daging atau jeroan yang super banyak (kalau di Jakarta biasanya begini ni banyak kuahnya doang, isinya nggak ada), tapi di sini kebalikannya. Ah cocok, gue rekomendasiin buat siapa pun deh yang lagi lewat Jalan Poros Takalar mau pulang atau baru mau pergi ke Tanjung Bira buat mampir ke Warung Pangkep Takalar ini.
Selamat makan!

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+

FACEBOOK