Makan Murah di Kantin Staf Terminal 2 Bandara Changi: Perut Kenyang, Dompet Senang!

March 15, 2017

kantin staf bandara changi

Gue mendarat di Bandara Changi sekitar jam setengah satu malam dengan perut kelaparan. Berbekal petunjuk dari banyak blog, gue niat banget tengah malam nyari kantin staf di bandara Changi demi makan murah.

Gue mendarat di Terminal 1 karena naik maskapai Jetstar dan langsung nyebrang ke Terminal 2 menggunakan SkyTrain karena stasiun MRT hanya tersedia di sana. Di Terminal 2 ini gue mulai mencari di mana letak kantin staf bandara Changi yang sering dibicarakan oleh orang-orang.

Muter-Muter Demi Mencari Kantin Murah
Petunjuk utama lokasi Kantin Staf Bandara Changi ini ada di lantai 3 Mezzanine dan harus menaiki tangga yang ada di samping Burger King. Oke, saat itu gue ikutin semua petunjuknya, mulai berjalan ke arah samping Burger King dan naik tangga untuk menuju lantai 3 Mezzanine. Setelah naik ke atas, tapi kok gue malah sampai ke sebuah ruangan mesin ya? Serem pula! Matilah!

Gue turun dan muter lagi, mencari di mana lokasi tangga yang dimaksud. Belok lagi ke arah yang berbeda dan melihat sebuah tangga lagi yang mungkin itulah tangga yang dimaksud dan gue naik lagi ke atas. Kali ini suasana beneran gelap dan sepi, kaboooorr!!

Nggak jadi ke sana, karena gue yakin bukan di situ tempatnya. Ada sekitar empat kali gue muter-muter di lokasi yang sama karena saking penasarannya sama letak tangga menuju lantai 3 Mezzanine itu. Dengkul udah kerasa capeknya nih, tapi gue belum menemukan satu pun petunjuk menuju Kantin Staf Bandara Changi ini. Rasa menyerah mulai datang saat itu, tapi di sisi lain perut udah laper banget dan nggak mau makan di foodcourt-nya karena gue tau harganya pasti mahal.

Ternyata Salah dan Nggak Buka 24 Jam
Sambil duduk di kursi, gue browsing petunjuk lagi dengan Wi-Fi gratis bandara Changi. Betapa terkejutnya kalau petunjuk yang gue ikuti daritadi adalah untuk menuju Kantin Staf Bandara Changi Terminal 1 bukan Terminal 2! Amalak! Capek deh!

Iyalah nggak bakalan ketemu Ki! Apalagi baru tahu, Kantin Staf Bandara Changi nggak buka 24 jam, tutup jam 9 malem dan baru buka jam 7 pagi. Membuat gue hanya bisa pasrah, tidur-tiduran, main hp, sambil menunggu sang fajar menyapa cakrawala.

Akhirnya sekitar jam 6 pagi, gue mulai semangat lagi buat mencari di mana letak Kantin Staf Bandara Changi Terminal 2 ini dan finally gue menemukannya! Buat temen-temen, ini gue kasih petunjuk buat menemukan Kantin Staf Terminal 2 Bandara Changi Singapore;


  1. Saat berada di Terminal 2, patokan termudahnya mencari McDonald (*jangan kayak orang bingung, tanya aja ke petugas).
  2. Nah di samping McDonald ini ada eskalator, naik aja ke atas dan sampai di lantai counter check-in Terminal 2.
  3. Naik lagi ke lantai atasnya, sampai melihat toilet di depan eskalatornya, Nandos di bagian kiri, dan tulisan besar "Changi Airport Group" di sebelah kanan.
  4. Kalau udah di lantai tersebut, belok ke kanan (*di sana ada tulisan jelas banget “Canteen Level 3M”), ikutin aja arahnya sampai bertemu parkiran mobil dan kemudian belok ke kiri.
  5. Ketemulah dengan neon box yang bertuliskan "Level 3M Canteen"
  6. Udah deh ketemu itu kantin stafnya! Selamat makan!
bandara changi kantin staf
itu McD di lantai paling dasar, naik eskalator 2 kali
staff canteen changi
kalau udah di posisi ini berarti udah bener
changi staff canteen
ini udah di lantai yang bener (itu toiletnya)
kantin staf changi
itu ada Nandos (udah di lantai yang bener)
lantai 3M staff canteen
petunjuk yang sangat jelas di lantai 3M 
staf kantin changi
selamat datang kebahagiaan!
kantin staf bandara changi
jam setengah 7 pagi masih sepi di sini
kantin staf changi terminal 1
puluhan kios penjual makanan dan minuman ada di sini
changi canteen staf
jam setengah 7 pagi baru beberapa kios yang udah ready serving
Oh iya, FYI, ternyata jam 6 pagi Kantin Staf Terminal 2 Bandara Changi ini udah buka lo!

Selain itu, kantin staf ini bukan lagi sebuah kantin yang umpet-umpetan dan khusus untuk staf bandara aja. Kantin staf bandara Changi udah dibuka umum dan bahkan udah dipegang dari Kopitiam. Nice!

Ada banyak pilihan makanan di Kantin Staf Bandara Changi Terminal 2, mulai dari masakan India, Chinese, atau masakan khas Melayu. Di pagi hari belum semua kios makanan buka, hanya ada beberapa yang sudah siap. Salah satunya adalah warung penjual Nasi Lemak dan Bee Hoon dengan berbagai lauk pauk yang dipajang di etalase kacanya.

Gue memilih nasi lemak seharga 2 SGD, telor ceplok, dan tambahan beberapa lauk semacam tempura yang totalnya menjadi 3.2 SGD. Masih termasuk murah meriah. Minum nggak usah beli kalau mau hemat, bawa botol kosong dari Indonesia buat ngisi air minum di kran-kran Bandara Changi ini.
nasi lemak bandara changi
nasi lemak dan bihun yang gue pilih pagi itu
kantin bandara changi
banyak pilihan dessert yang menggoda lidah
makan murah di bandara changi
murah meriah di sini beneran deh!
kantin terminal 1 bandara changi
oh iya, kalau habis makan taruh sendiri nampan di tempatnya
makan murah bandara changi
nasi lemak, telor ceplok, dan tempura (eh sambelnya enak lo!)
Jadi, bagi para backpacker yang transit di Changi, Kantin Staf bandara Changi cocok banget buat ngisi perut yang kelaperan.

Bayangin aja harga rata-rata makanan di foodcourt atau restoran fastfood itu berkisar diatas 7 SGD, tapi di Kantin Staf Bandara Changi ini hanya dengan 2 SGD perut udah bisa kenyang.


Selamat makan murah!

You Might Also Like

0 comments

FACEBOOK

Member of

ID Corners