Tempat Ikan Kali Bude Yatno, Banjarnegara: Monggo Pinarak Rumiyen Mas!

8:27:00 PM

ikan kali bude yatno
Ketika melewati Banjarnegara, selain dawet ireng yang bakal sering ditemuin di pinggir jalan, ada kuliner lain yang gue saranin kalian coba. Mudik kemarin dari Purwokerto menuju Semarang gue ngelewatin Banjarnegara dan nggak sengaja melihat sebuah warung kecil dengan papan plang yang sangat menarik perhatian gue. Gue yang udah kelewat lumayan jauh, akhirnya puter balik buat mampir ke warung ini, namanya Ikan Kali Bude Yatno.

Warung ini nggak besar, hanya terlihat papan nama warungnya dan etalase kaca kecil yang berisikan tumpukan ikan-ikan kali di sana (justru ini nih yang gue suka). Ketika masuk ke dalem, gue disambut senyum ramah sama seorang wanita paruh baya yang menjual iwak kali ini. Namanya Bude Yatno, dia menjual berbagai macam jenis iwak kali yang semuanya terlihat baru dan menarik buat dimakan. Pas lagi milih-milih, menurutnya suaminya lah yang menangkap ikan-ikan ini sendiri dari sejumlah sungai yang ada di Banjarnegara. Gue lupa jenis-jenis ikannya yang dijual, padahal si Ibunya udah ngejelasin satu per satu dengan sangat excited (maaf ya bu). Pokoknya yang gue inget ada ikan wadernya, haha (iyalah). Selain ikan, ada juga udang-udang kali berukuran kecil sampai yang berukuran sedang, yang udah gue bayangin makan pake nasi anget trus dicocolin sama sambel terasi (duh!). Nah, mungkin si Ibunya ngeliatin muka mupeng gue kali ya, makannya gue ditawarin buat makan di tempat. Jadi ternyata nggak cuma ngejual ikan atau udang buat dibungkus dibawa pulang aja, ternyata juga bisa makan di sini. Nah si ibunya pake manas-manasin gue lagi “mas monggo lo pinarak, dahar teng mriki, sop e sek mawon mateng” (mas silahkan duduk, makan di sini, sopnya baru aja mateng). Ah Ibu! Pengen sih, tapi sayangnya gue baru aja makan sebelumnya dan masih kenyang, tapi tenang bu kalau saya lewat Banjarnegara lagi pasti mampir deh.
ikan kali bude yatno banjarnegara
lokasinya di pinggir jalan raya besar (jalur mudik)
iwak kali bude yatno banjarnegara
si Ibu juga jual ayam goreng kremes (tapi ikannya jauh lebih menarik)
iwak kali bude yatno
tuh liat beginian siapa yang nggak ngiler

Untuk harga perkilonya semua disamaratakan, yaitu 150 ribu untuk pembelian 1 kg ikan-ikanan atau udang. Murah banget lo ini, kapan lagi bisa dapetin iwak kali goreng yang masih fresh dan bercita rasa kampung sesungguhnya. Tapi nggak harus beli sekilo juga kok, setengah kilo, seprapat, atau cuma mau makan pake nasi sop di sana juga bisa dan tentunya jauh lebih murah. Oia, baru inget kata si Ibunya yang cerita ke gue dengan senangnya, katanya dulu pernah ada rombongan walikota Semarang yang ngeborong ikan-ikannya buat dibawa pulang. Sungguhlah gue rekomendasiin buat kalian yang lagi trip ngelewatin Banjarnegara (atau mudik tahun ini nih), karena sekaligus ngebantu ngelarisin jualan si Ibunya yang ramah dan baik banget sama yang dateng membeli ikannya.


Selamat Mencoba!

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+