Buat Yang Mau Backpackeran ke Malaysia, Ini Kartu SIM Terbaiknya!

7:12:00 PM

Sebelum pergi ke Malaysia gue berpatokan dengan kebanyakan blog yang nyaranin buat pilih SIM Card dari provider Digi, yang identik dengan warna kuning dan (katanya) jadi provider telekomunikasi paling besar di Malaysia. Patokan harga untuk membeli kartu SIM pun berasal dari banyak blog kebanyakan, yang membuat gue harus menyediakan uang 30 MYR untuk membeli SIM Card tersebut di bandara. Emang bener sih, pas turun dari pesawat dan menuju terminal kedatangan udah ada 2 booth provider SIM Malaysia yang bersebelahan.

Satu booth berwarna kuning dari operator Digi yang saat itu rame banget antriannya dan satu lagi booth serba merah dari operator Hotlink yang sepi sama sekali nggak ada pembelinya. Gue nggak langsung memutuskan untuk membeli kartu Digi begitu aja, karena gue liat di sana kartu Digi untuk 3 GB kuota ternyata dijual seharga 35 MYR, nah sedangkan Hotlink dengan kuota yang sama cuma 30 MYR. Yaudah, awalnya sih gue mikir beli harga termurah aja, tapi ternyata keuntungan yang gue dapeting dari kartu Holtlink bener-bener buanyak (wah gue dapet royalti nih!). Gini gue jelasin;

  1. Pas pertama kali aktif kartunya, kita bakalan dapet pulsa sebanyak 13.87 RM dan 3 GB kuota internet
  2. Kita bisa klaim bonus 1 GB kuota setelah aktif kartunya (udah 4 GB nih total kuota yang di dapet)
  3. (masih kurang?) Kita bisa klaim lagi bonus 1 GB/jam setiap harinya (ini cocok buat upload foto/stories/video di jam malem leyeh-leyeh di kamar hotel). Inget ini setiap hari bisa kita klaim ya, jadi cocok banget yang nge-trip di Malaysia sampai berminggu-minggu
  4. (masih kurang lagi?) Kita masih punya pulsa 13.87 RM (inget kan?) dan misalkan kita tipe orang yang gila internet atau nggak bisa lepas dari yang namanya spotify/youtube, beli ekstra kuota 1GB/harinya cuma 3 RM doang. Kita masih punya sisa pulsa banyak yang bisa dibeliin lagi ekstra kuotanya kalo butuh.
Dah, sekarang udah punya bayangan belum betapa banyaknya kuota yang bakalan lo dapetin dari kartu Hotlink seharga 30 RM?

Gue liburan 5 hari di Malaysia dan gue termasuk orang yang sering upload foto/stories di Instagram, sering update di path/facebook/twitter, sesekali buka youtube, bahkan sebelum tidur gue dengerin lagu dari spotify. Gue setiap hari klaim gratisan 1 GB/jam dan gue sempet beli ekstra kuota 1 GB/day pas lagi di Penang, karena pengen nonton youtube. Nah pas mau pulang ke Jakarta di KLIA2, gue ngecek sisa kuota ternyata masih ada 1.35 GB dan masih ada pulsa 10.87 RM. Sayang banget kan? Tapi di sisi lain ini nguntungin banget kan?

[tambahan] di artikel trip report sebelumnya, gue cerita kalau gue pernah masuk ke salah satu counter hp di Melaka mau beliin kartu SIM buat temen dan ketika gue tanya provider Digi atau Hotlink yang paling bagus, si penjual menjawab dengan spontan “yes, Hotlink is good in here!”, bahkan dia sama sekali nggak nyaranin gue pakai yang satu lagi (gue nggak tau juga ya doi dapet bonus berapa dari Hotlink, soale semangat banget ngejelasin gue suruh pakai Hotlink).

Tapi ya gitu lah, mungkin ada benernya juga si penjual itu, karena emang selama gue pake Hotlink di Malaysia ini buka youtube, file video, atau stories di Intagram pun nggak pernah putus/buffering. Semoga bermanfaat!

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+