Penang Road Famous Asam Laksa & Chendul: Yaelah Laksa Doang! Yaelah Cendol Doang!

Juni 13, 2017

asam laksa cendol penang


Nggak heran kalau dua jenis kuliner ini jadi yang paling diburu dan harus di coba kalau lagi main ke Penang. Lokasinya yang bersebelahan membuat satu sama lainnya nggak bisa terpisahkan, jadi cocok banget pesan laksa dan minumnya es chendul (cendol).

Gue ke sini sekitar jam 4 sore dan suasananya ramai-ramai sepi (apaan deh), maksudnya memang ramai banyak orang beli tapi nggak padat banget sampai mengantre panjang, ngerti kan ya? Penang Road Famous Asam Laksa & Chendul ini berada di sebuah gang, tepatnya di Lebuh Keng Kwee. Di pinggir jalan itu yang jualan cendolnya, ada beberapa penjual cendol di sini tapi sama aja deh sepertinya. Nah, yang jual asam laksa ada di dalam ruangan, lagi-lagi ada banyak penjual Asam Laksa di sini cuma katanya yang famous banget ada di pojokan (yang bakalan gue review).

Asyiknya nih, kita pesan asam laksa dan cendol bisa barengan, tinggal pilih tempat duduk aja mau dimana. Se porsi asam laksa Penang ini harganya 5 MYR (kalau di Rupiahkan sekitar 15.000 aja), murah banget kan untuk makanan yang kelasnya sudah mendunia dan terkenal. Kalau di Indonesia yang seperti ini biasanya penjualnya memanfaatkan untuk menarik keuntungan dengan menaikkan harga makanannya. Tapi nggak di sini, sama juga seperti harga cendolnya yang hanya 3 MYR (10.000-an) satu mangkoknya. 
cendol penang
jualannya di pinggir jalan (seger banget liatnya)
chendul penang
buka jam 10 pagi - 5 sore
asam laksa penang
ini suasana warung makan asam laksanya
Rasanya gimana ki? Rasa asam laksa Penang-nya enak dan mirip tomyum tapi lebih ringan. Kuahnya banyak rempahnya dan cenderung asem (iyalah). Ada potongan daun (gue nggak tau itu daun apa) dan potongan bawang bombay merah yang gede-gede banget. Bentuk mi-nya lebih mirip mi udon (tau kan?) yang tebal dan besar, gue pikir mi-nya seperti kuetiaw, ternyata nggak. Buat lidah orang Indonesia masih cocok rasa asam laksa ini, tapi jangan samain seperti laksa Betawi yang kuahnya warna kuning kunyit itu, rasanya 100% berbeda jauh.
chendul asam laksa penang
asiknya bisa makan barengan! endess!
Rasa cendolnya juar, rasanya seger banget. Emang sih nggak jauh berbeda dengan cendol yang dijual di Indonesia. Hal yang membedakan adalah, cendol Penang ini di dalamnya ada campuran kacang merahnya. Banyak yang bilang ketika gue mau ke Penang, "ngapain ke Penang ki?", "kulinernya kan sama aja kayak di Indonesia!", "yah cendol aja di Indonesia mah banyak", saran gue sih yang ngomong begitu mending stay calm aja karena belum pernah juga ke Penang, ya nggak? Pokok'e maknyuss!

Laksa Penang : 5 MYR (9 dari 10)
Es Cendol: 3 MYR (9.5 dari 10)

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+

FACEBOOK