Penang Road Famous Asam Laksa & Chendul: Yaelah Laksa Doang! Yaelah Cendol Doang!

June 13, 2017

asam laksa cendol penang

Nggak heran kalau dua jenis kuliner ini jadi yang paling diburu dan harus di cobain kalo lagi main ke Penang. Lokasinya yang emang bersebelahan bikin satu sama lainnya nggak bisa terpisahkan, jadi mantep banget pesen laksa minumnya es chendul (cendol).

Gue ke sini sekitar jam 4 sore dan suasananya rame-rame sepi (halah apaan deh), maksudnya ya emang rame banyak orang beli tapi nggak padet banget sampe ngantri panjang gitu, ngerti kan ya? haha.. Penang Road Famous Asam Laksa & Chendul ini berada di sebuah gang, tepatnya di Lebuh Keng Kwee. Di pinggir jalan itu yang jualan cendolnya, ada beberapa penjual di sini tapi sama aja deh kayaknya. Nah, yang jual asam laksa ada di dalem ruangan, lagi-lagi ada banyak penjual Asam Laksa di sini cuma katanya yang famous banget ada di pojokan (yang bakalan gue review).

Asiknya nih, kita pesen asam laksa sama cendol bisa barengan, tinggal pilih tempat duduk aja mau dimana. Seporsi asam laksa Penang ini harganya 5 MYR (kalau di Rupiahkan sekitar 15 ribu doang), murah banget kan ya untuk makanan yang kelasnya udah mendunia dan terkenal. Kalau di Indonesia yang kaya' gini nih biasanya penjualnya manfaatin buat narik keuntungan dengan naikin harga makanannya. Tapi nggak di sini, sama juga kaya' harga cendolnya yang cuma 3 MYR (10 ribuan) semangkoknya. 
cendol penang
nih jualannya di pinggir jalan (seger banget liatnya)
chendul penang
buka jam 10 pagi - 5 sore katanya
asam laksa penang
ini suasana warung makan asam laksanya
Rasanya gimana ki? Hmm... rasa asam laksa Penang-nya menurut gue enak dan mirip-mirip tomyum tapi lebih ringan. Kuahnya banyak rempahnya dan cenderung asem (iyalah) bagi sebagian lidah orang. Ada potongan daun (gue nggak tau itu daun apaan) sama potongan bawang bombai merah yang gede-gede banget. Bentuk mi-nya lebih mirip mi udon (tau nggak?) yang tebel gede-gede, gue pikir mi-nya kaya' kuetiaw, ternyata nggak. Buat lidah orang Indonesia sih masih cocok lah ya ini rasa asam laksanya, tapi jangan samain kaya' laksa Betawi ya yang kuahnya warna kuning kunyit itu, rasanya 100% beda jauh soalnya.
chendul asam laksa penang
asiknya bisa makan barengan! endess!
Rasa cendolnya menurut gue juara! Sumpah beneran rasanya bikin seger banget. Emang sih nggak jauh beda sama cendol-cendol kebanyakan yang dijual di Indonesia, tapi ternyata di dalemnya ada campuran kacang merahnya. Nah itu yang bikin cendol Penang ini beda daripada cendol yang ada di Indonesia. Banyak yang bilang pas gue mau ke Penang, "ngapain ke Penang?", "kulinernya kan sama aja kaya' di Indonesia!", "yaelah cendol doang di Indonesia mah banyak", saran gue sih yang ngomong gitu mending diem aja karena belum pernah juga ke Penang. Hehe.. Pokok'e maknyuss!

Es Cendol: 5 MYR (9.5 dari 10)

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+