Masjid Besar Al-Mahmudiyah: Subhanallah Ademnya!

August 07, 2017

masjid besar al-mahmudiyah ilir kota palembang

Pulang dari wisata religi Al-Quran Al-Akbar ke arah kota Palembang, setelah melewati replika kapal Cheng Ho dan Taman Purbakala Sriwijaya, kita bakalan ngelewatin sebuah masjid tua di daerah Ilir Palembang, persisnya berada di Kelurahan 30 Ilir. Masjid ini cukup mencolok dari jalan raya, karena emang lokasinya ada di pojokan sebuah pertigaan (yang macet dan amburadul banget), namanya adalah Masjid Al-Mahmudiyah. Dominasi warna hijau tua hampir melekat pada setiap bangunan masjid tua dan kuno ini (kuno dalam arti positif ya).

Gue pun berhenti dan mampir ke Masjid Al-Mahmudiyah ini karena memang sudah waktunya untuk solat Dzuhur. Tapi beneran deh siang hari di Palembang ini (beuh!) panasnya bukan main! Panasnya ngelebihin Jakarta menurut gue, langsung nusuk ke dalem kulit rasanya. Apalagi bakalan kontras ketika lo tiba-tiba keluar dari mobil ber-AC yang berhembus dingin, tidaaaaak!! Buru-buru gue langsung masuk ke masjid dan ngambil air wudhu (cieee Eki!), subhanallah adeeeemnya bukan main! Beneran deh masuk ke dalem Masjid Al-Mahmudiyah Palembang ini hawanya adem banget, padahal nggak pakai AC lo. Suhu di dalem ruangan masjidnya kontras sama suhu di luar ruangannya, mungkin ini karena pengaruh keramik kuno, langit-langit tinggi yang ada di masjid ini (mungkin lo ya, gue bukannya sok tau).
masjid besar al-mahmudiyah ilir palembang
saking ademnya ada yang nyenyak tuh di teras masjidnya
masjid besar al-mahmudiyah palembang
ubinnya adem bener!
masjid besar al-mahmudiyah kota palembang
duh pak asik kayaknya ya tidur

Interior Masjid Al-Mahmudiyah Palembang ini termasuk rame dan heboh banget. Rame dan heboh karena banyak banget atribut bendera-benderaan yang ada di dalem ruangannya. Dinding-dindingnya juga penuh sama lukisan-lukisan kaligrafi Arab berbagai model dan desain. Nggak ada salahnya mampir ke Masjid Mahmudiyah Palembang ini ketika lo lagi ada di daerah Ilir Palembang atau kebetulan baru pulang (kayak gue) dari Al-Quran Al-Akbar.
masjid al-mahmudiyah kota palembang
di dalem juga dingin, apa karena temboknya keramik?
masjid al-mahmudiyah palembang
bagian mimbarnya juga banyak pernak-perniknya
masjid al-mahmudiyah ilir palembang
saking panasnya itu gue jepret nggak konsen, kamera hampir ketutupan
Selamat Beribadah!

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+

FACEBOOK