Pempek Beringin Jalan Rajawali, Palembang: Ini Enak Banget!

Agustus 16, 2017

pempek beringin palembang


Pempek seolah menjadi makanan yang wajib dicoba ketika lagi main ke Palembang, kebetulan pas melewati Jalan Rajawali, persis di samping Hotel 1O1 ada Pempek Beringin dengan papan plang nama yang lumayan besar di sana. Pempek Beringin di Jalan Rajawali ini udah berbentuk restoran ya, bukan lagi semacam toko kecil, warung, apalagi kaki lima. Bentuk bangunannya mewah, bertingkat 2 lantai, dan terlihat mentereng dari jalan raya. 

Memang, ketika ada tempat makan yang udah terkenal banget di suatu daerah, biasanya mereka improve tempatnya menjadi lebih bagus lagi. Oke, itu bagus kok dan positif. Tapi menurut pandangan pribadi gue, kalau bisa sih nggak perlu terlalu bagus dan terkesan mewah. Justru banyak sebagian orang/wisatawan biasanya malah mencari suasana yang lebih authentic/khas ketimbang yang modern. Asalkan bersih, rapi, dan terurus, itu sudah cukup. Eh tapi ini pendapat pribadi ya, mungkin memang ada yang menyukai tempat seperti ini, tapi mungkin ada juga yang nggak suka. Oh iya, satu hal yang sangat disayangkan lagi dari bangunan tempat makan Pempek Beringin ini adalah udah bercampur dengan jualan yang lainnya, seperti Batagor Bandung (loh kok?).
pempek beringin di palembang
nah ini plang nama "beringin"-nya yang mencolok dari jalan raya
pempek beringin jalan rajawali
fancy ya tempatnya kalau dilihat dari jalan raya
Untuk makan di Pempek Beringin ini kita harus terlebih dahulu memilih jenis pempek apa saja yang kita mau. Pempek-pempek mentahnya dijembreng/diler (apasih bahasanya) di atas daun pisang supaya kita bisa pilih sendiri. Harga satuan pempeknya sekitar 5.000  7.000 ribuan tergantung jenisnya dan kalau mau lebih hemat di Pempek Beringin ini mereka punya menu paket isi 12 pempek yang harganya 57.000 Rupiah. Oke gue pesan menu paket itu dan untuk minumnya es teh aja cukup. 

Es tehnya duluan yang datang ke meja dan patut jadi attention buat kalian yang mau pesan es teh di Pempek Beringin ini. Gue suka manis, gue suka es teh (minuman rakyat), tapi nggak sama es tehnya Pempek Beringin, kenapa? Es tehnya manis banget, manisnya nggak dari gula pasir, tapi dari gula cair yang gue rasa komposisinya itu 50:50 sama air tehnya, sampai-sampai di tenggorokan itu sakit karena saking manisnya.
pempek beringin jalan rajawali palembang
tempat naruh pempeknya yang selalu siap dibuat ketika habis
pempek beringin rajawali palembang
nah nih baru dibuat lagi pempeknya
pempek beringin rajawali kota palembang
pembeli bisa milih sendiri pempeknya
Setelah itu barulah pempeknya datang diantar ke meja, 12 buah pempek berbagi jenis mulai dari kapal selam, kulit, lenjer, bulat, disajikan dalam piring keramik panjang. Sedangkan kuah cukonya sudah bertengger di meja dengan botol-botol besar di sana. Cocolan pertama pempek dengan kuah cukonya, enak! Cocolan kedua, enak banget! Cocolan ketiga, nagih! Iya, untungnya kekecewaan gue dengan es teh-nya terbayarkan oleh rasa Pempek Beringin yang enak. Gue suka pempeknya karena rasanya fresh (dalam artian nggak bau tengik atau amis), karena pempeknya baru dibuat dan digoreng ketika ada banyak pembeli yang datang buat memesan. Rasa kuah cukonya cenderung pedes (banget!), tapi justru bikin makan pempeknya jadi lebih semangat. Cuma memang makan Pempek Beringin ini kita nggak akan mendapatkan pendamping apapun, seperti potongan timun atau mi kuning yang biasanya ada sebagai pelengkapnya. 
pempek beringin jalan rajawali kota palembang
porsi paket, isi pempeknya macem-macem
pempek beringin rajawali di palembang
ini yang pempek bulet
harga pempek beringin rawajali palembang
paling enak yang kulit! 
Tapi, so far Pempek Beringin ini enak kok dan adonan pempeknya dibuat ketika ada pembeli yang datang memesan. Konsep open kitchen di bagian depan yang membuat proses masak pempeknya bisa dilihat oleh setiap pembelinya. Kelihatannya mahal kalau dilihat dari jalan raya dengan desain bangunan Pempek Beringin yang mentereng ini, tapi nggak kok, harganya standar, nggak  terlalu pricey. Selamat makan pempek!

Paket Pempek Isi 12 : Rp 57.000 (9.5 dari 10)
Es Teh Manis : Rp 8.000 (6 dari 10)

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+

FACEBOOK

Member of

ID Corners