Jalan Mujahidin, Palembang: Kenikmatan Dari Segala Macam Jenis Pempek Ada Di Sini!

Agustus 22, 2017

pempek jalan mujahidin

Pusat pempek Palembang di mana?
Beli oleh-oleh pempek Palembang di mana?
Pempek enak dan terjangkau di Palembang di mana?

Pertanyaan-pertanyaan itu pastinya bakalan muncul ketika lo mau pergi ke Palembang. Percaya sama gue, karena gue pun begitu. Di hari kedua di Palembang, malam harinya gue sempet browsing dan mencari tahu “dimana sih pusat pempek di sini?”, akhirnya jawabannya pun ditemukan yaitu Jalan Mujahidin Palembang. Iya, menurut info-info yang gue baca di internet, katanya jalan ini emang udah terkenal banget di Palembang sebagai pusat pempek yang enak dan murah meriah. Lokasi Jalan Mujahidin ini ada di deket Mi Celor 26 Ilir kalau dari arah dalam, tapi kalau dari jalan raya patokannya lokasinya ini nggak jauh dari kantor walikota Palembang. Dari arah dalam, nggak ada papan petunjuk yang nunjukkin kalau jalan itu adalah Jalan Mujahidin sebagai pusat pempek, kita justru bakalan bertemu dengan sebuah pasar yang rame banget di sana. Tapi berbeda kalau lo dateng dari jalan raya besar, karena di sana ada gapura besar yang ngejelasin kalau Jalan Mujahidin ini adalah sentra kerajinan kasur di Kota Palembang, lah kok? haha.. gue juga nggak tau kenapa. 
ini dari mi celor ke Jalan Mujahidin, lewatnya pasar
sentra pempek jalan mujahidin
kalau ini dari jalan raya
Jalan Mujahidin ini bukanlah jalan yang lebar dan besar, makannya mobil nggak boleh masuk ke dalem. Mobil harus parkir di ujung gang, pinggir jalan raya, atau deket pasar paginya. Pas mau masuk ke Jalan Mujahidin ini, beuh aroma pempek sama ikan tenggiri-nya kecium enak banget. Apalagi di Jalan Mujahidin Palembang ini nggak hanya ngejual macem-macem pempek mentah doang, tapi pempek yang udah mateng pun juga dijual. Banyak pedagang pempek kaki lima yang juga berjualan di Jalan Mujahidin ini. Bukan gue kalau nggak tergoda dengan aroma makanan yang enak banget di sini. Gue mampir ke salah satu penjual pempek bakar yang emang dari awal aroma bebakarannya udah manggil-manggil gue terus.

Pempek bakar ini bentuknya bulet-bulet, bagian dalemnya diisi sama campuran ebi, kuah cuko kental, dan baru di bakar. Harga perbuletannya ini 2 ribuan aja, murah meriah! Rasanya? Unik! Jujur, baru pertama kali gue nyobain yang namanya pempek bakar. Dimakan pas lagi anget-angetnya pempek bikin nagih dan terus ngunyah. Seperti yang gue bilang sebelumnya kalau di dalem pempek bakar ini udah ada campuran isi ebi sama kuah cukonya, jadi makannya nggak perlu lagi dicocol sama kuah cuko.
pempek bakar jalan mujahidin
salah satu penjual pempek bakar di Jalan Mujahidin
pempek bakar di palembang
itu diisi sama kuah cuko plus ebi (udang kecil-kecil)
Nah, kalau yang mau nyari pempek buat oleh-oleh di Jalan Mujahidin ini banyak banget pilihannya. Lo bakalan ngeliat macem-macem warung pempek dengan berbagai nama, puyeng pasti kalau dicari mana yang enak satu per satu. Menurut gue semuanya sama aja, nggak jauh beda kok. Gue di Jalan Mujahidin Palembang ini mampir ke 2 tempat penjualan pempek, yaitu Pempek Hesti dan Pempek Manggik Alik. Untuk harga pempeknya biasanya mereka ngejual paketan, misalnya untuk isi 70 pempek dijual 75 ribu dan kelipatannya. Isi 70 pempek itu udah campur-campur jenisnya, walaupun emang yang paling banyak adalah pempek buletnya, sedangkan pempek kapal selam sama kulitnya juga ada tapi lebih sedikit.
pempek hesty palembang
salah satu penjual pempek yang gue sambangi di sini
pempek hesty jalan mujahidin
rata-rata di Jalan Mujahidin harga paket pempeknya segini
pempek murah jalan mujahidin
banyak pilihan dan bisa request maunya apa
So, silahkan mampir ke Jalan Mujahidin kalau mau nyari oleh-oleh pempek dari Kota Palembang ini. Pertimbangannya utama selain harganya murah, di sini punya banyak variasi pempek dan mereka setiap harinya terus memproduksi pempek baru, pastinya pempek yang bakal lo bawa pulang itu masih fresh dan baru. Selamat makan pempek!

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+

FACEBOOK

Member of

ID Corners