Makan Nasi Kucing Itu Murah dan Hemat? Masa Iya, Coba Cek Lagi!

September 12, 2017

suasana angkringan jogja

Udah pada tau kan ya apa itu nasi kucing?
Kalo angkringan? 
Atau ada yang belum tau angkringan dan belum pernah makan nasi kucing? 

Iyes, angkringan sama nasi kucing ini menjadi 2 hal yang nggak bisa dilepaskan satu sama lain, kalau inget nasi kucing pasti inget angkringan, begitu juga sebaliknya. Alasan paling rasional kenapa disebut nasi kucing karena emang nasinya dibuat dengan porsi kucing (perasaan kucing gue makannya banyak deh) dan asalnya nasi kucing ini dari Kota Yogyakarta. Nasi kucing yang dijual di angkringan ini awalya diciptakan untuk menyasar kelas mahasiswa di Jogja buat makan irit, hemat, dan terjangkau, (maklum lah ya, di Jogja isinya anak rantau semua), tapi apa iya makan nasi kucing ini beneran jauh lebih murah dan hemat?

Dulu pas gue kuliah di Jogja, angkringan nasi kucing ini emang jadi favorit mahasiswa buat makan dan sampai sekarang pun begitu. Hampir di setiap sudut kota Jogja pasti bakal nemuin gerobak angkringan nasi kucing ini, mulai dari yang biasa aja di pinggir jalan sampai yang udah terkenal di sekitaran Stasiun Tugu (ini sekarang rame banget sama wisatawan). Tapi sebenernya tujuan mereka (para mahasiswa) ke angkringan ini bukan sepenuhnya untuk makan apalagi untuk makan berat, lah terus ngapain? Sebenernya mereka dateng ke angkringan lebih untuk sekedar nyari tempat buat ngobrol sama temen mereka dengan suasana yang lebih dekat dan hangat (ciee..). Nggak ada yang bisa menggantikan suasana angkringan di malam hari, duduk di bangku kayu, di depan gorengan dan sate-satean, di depan bara api menyala dan ceret air panas di sana, ditemani benderangnya cahaya lampu petromak, dan hangatnya segelas susu jahe. Duh, obrolan mana yang nggak bakalan mencair kalau suasananya kayak gini.
suasana temaram angkringan
suasana temaram yang bikin asik buat ngobrol. 
sumber: soloraya.wordpress.com
makanan di angkringan jogja
ngobrol asik di hadapan makanan, bikin nggak sadar ambil sana ambil sini
sumber: qraved.com
teko angkringan
teko air panas/teh yang khas dan biasanya ada di atas bara api, bikin anget badan juga
Tapi, sesuai yang pengen gue bahas tadi, apa iya makan nasi kucing ini lebih murah dan hemat? Kalau menurut gue jawabannya 50:50 bisa iya, bisa nggak. Lah kok? Seperti yang gue ceritain barusan, kalaupun ada mahasiswa yang mau makan berat dan kenyang di angkringan, biasanya mereka udah prepare bawa uang yang sedikit lebih banyak. Gue jelasin dulu rata-rata harga di angkringan nasi kucing yang selama ini pernah gue makan, pertama susu jahe atau minuman-minuman itu harganya 3.000-5.000an, sate-satean 2.000-3.000an, gorengan 2.000-3.000an, nah nasi kucingnya itu sendiri harganya berkisar 3.000-4.000an. 
sate-satean di angkringan
sate babat, sate kikil, telur puyuh, ceker, sampai kepala ada di sini
sate babat sate kikil angkringan
sate-satean di angkringan yang bikin lupa diri
Pertama, alesan kenapa makan di angkringan gue bisa bilang murah, jawabannya iya murah kalau kita makannya satuan aja dan sebelum pergi ke angkringan udah makan kenyang terlebih dahulu. Jadi ketika di angkringan kita hanya tinggal nyemil-nyemil lucu aja, misalnya cuma ambil gorengan satu/dua dan minum segelas teh anget, selebihnya ngobrol, nah itu bakalan murah, nggak lebih dari 10.000 ribu malah. Tapi, akan berbanding terbalik ketika lo pergi ke angkringan dalam kondisi laper atau diniatkan untuk makan malam/makan berat, kondisi yang seperti ini lah yang patut diwaspadai dan bakalan membuat makan di angkringan nasi kucing menjadi sama mahalnya dengan lo makan di restoran fast food atau tempat makan lainnya. Gini, misalkan lo ngambil satu porsi nasi kucing (yang biasanya isinya itu cuma satu gempalan tangan anak SD), sate kikil, gorengan satu, tapi lo belum makan sebelumnya, pastinya nggak mungkin cuma ambil itu aja bukan? Sembari ngobrol sama temen, obrolan mengalir, nggak sadar lo ngambil nasi lagi, sate lagi, gorengan lagi, dan lainnya. Tiba-tiba pas mau bayar, si penjual bilang totalnya adalah lebih dari 20.000 ribu atau bahkan lebih, jangan kaget ya. Hehe…
segelas susu jahe atau teh cukup menemani obrolan hangatmu bersama temen (cieeeh....)
sumber: travelingyuk.com
Itulah yang udah gue "ngertiin" dari dulu kalau memang angkringan nasi kucing ini sejatinya murah dalam "kondisi khusus". Ketika ingin pergi ke angkringan, biasanya kita mencari suasananya terlebih dahulu dan kedua barulah makanannya, percaya deh sama gue kalau suasana angkringan ini bakalan bikin orang merindu! Ahayyy... Selamat nangkring! 

Sumber gambar utama (header pict): blog.carionline.com

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+