Kereta Api di Indonesia, Perkembanganmu Kini dan Nanti

10:09:00 PM

sumber: http://kip.kereta-api.co.id
Selamat Hari Kereta Api Nasional yang ke-72!
Banyak doa dan harapan untuk kereta api agar lebih baik lagi!

28 September 1945 silam, para pegawai kereta api Indonesia telah berhasil merebut Balai Besar Kereta Api Bandung dari para kolonial Jepang, peristiwa besar dan bersejarah itu akhirnya membuat tanggal 28 September diperingati sebagai Hari Kereta Api Indonesia.

Kereta api telah menjadi moda transportasi yang paling digemari oleh penduduk di pulau Jawa dan Sumatera hingga saat ini. Pebaikan dan perubahan terus menerus dilakukan oleh PT. Kereta Api Indonesia demi memberikan yang terbaik bagi setiap penggunanya. Apakah ada yang masih ingat, dahulu ketika akan naik kereta api harus berdesakan satu sama lain, berebut untuk mendapatkan kursi, dan pusingnya berada di dalam kereta karena banyak pedagang yang lalu lalang menjajakan makanannya? Ya, semua hal tersebut pernah dialami oleh banyak orang termasuk saya dan itu akan menjadi sebuah pengalaman yang tidak terlupakan tentang perkeretaapian di Indonesia. Tapi sekarang? Hilangkan dan buang jauh-jauh semua keburukan itu, karena PT. KAI sudah merubah semuanya menjadi lebih baik dan akan terus begitu sampai di masa mendatang nantinya.

Lalu, apa sih yang diharapkan dari para penumpang kereta api di masa mendatang? Saya menjawab mewakili jutaan orang pengguna kereta api di Indonesia, dimana mereka sebenarnya hanya punya satu keinginan saja, yaitu masalah kenyamanan. Mengapa demikian? Ya, kenyamanan menjadi faktor paling penting karena bisa mencakup ke semua aspek mulai dari masalah infrastruktur sampai dengan masalah pelayanan. Mari coba kita lihat dan perhatikan sejenak, hal apa saja yang sudah baik saat ini dan diharapkan akan lebih baik di masa mendatang nanti untuk kereta api di Indonesia. Pertama adalah sektor infrastruktur, dimana sektor ini seolah menjadi fondasi utama untuk membentuk unsur-unsur lain agar lebih baik lagi seperti salah satunya adalah ketersediaannya fasilitas penjunjang yang ada di stasiun, sumber daya manusia (SDM), sampai dengan masalah keselamatan dan keamanan dari para pengguna kereta api itu sendiri. Perubahan pun sudah bisa kita lihat dari banyaknya perbaikan stasiun kereta api seperti peremajaan bangunan, nyamannya area tunggu peron dengan banyak kursi duduk di sana, sampai penataan tata ruang di stasiun yang semakin rapi. Saya masih ingat betul dahulu ketika akan menunggu kereta api datang, di dalam peron stasiun sungguh penuh oleh orang-orang yang akan mengantar, orang-orang yang akan menjemput, dan juga penuh sesak oleh para pedagang asongan kaki lima yang lalu lalang berjualan, para pedagang yang berteriak menjajakan dagangannya demi mendapatkan pembeli, sungguh pusing rasanya. Tapi sekarang? Kita tidak akan melihat dan menikmati pengalaman buruk itu lagi, karena saat ini di dalam peron stasiun hanya bisa dimasuki oleh mereka yang memang ingin bepergian atau mereka yang baru saja tiba. Tidak hanya itu, nyamannya area peron stasiun juga ditunjang dengan banyaknya fasilitias untuk memberikan kenyamanan bagi setiap pengguna moda transportasi kereta api ini, mulai dari bersihnya toilet umum, nyamannya tempat beribadah, adanya supermarket, sampai banyaknya restoran tempat makan yang ada di dalam stasiun, bye…bye lapar!

Fasilitas penunjang lainnya yang dibuat untuk mempermudah para pengguna moda transportasi kereta api adalah masalah ticketing. Ada yang masih ingat tidak, dahulu ketika saat akan bepergian menggunakan kereta api, kita harus mengantri panjang berjam-jam di stasiun untuk mendapatkan tiket, berpanas-panasan mengantri bersama yang lain, dan meluangkan waktu yang tidak sedikit tentunya. Tapi sekarang, kita bisa dengan mudah membeli tiket kereta api dengan hanya beberapa kali klik saja di situs resmi PT. KAI dan semuanya bisa dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya tanpa harus repot mengantri panjang dan kepanasan di depan loket stasiun kereta api, enak bukan? Begitupun saat hari keberangakatan tiba, dimana kita tidak perlu mengantri lagi untuk menukar bukti pembelian tiket ke loket, hanya perlu mencari mesin check-in dan kita bisa mencetak boarding pass dengan mudah secara mandiri hanya dengan memasukkan kode booking-nya saja. Semua hal ini memberikan keuntungan lebih dari sektor efisiensi dan kepraktisan untuk setiap calon penumpang yang hendak bepergian menggunakan moda transportasi kereta api ini. Fasilitas lain dari PT. Kereta Api Indonesia yang memberikan dampak positif bagi para pengguna kereta api adalah sudah adanya layar informasi real time yang ada di hampir setiap stasiun kereta api. Layar informasi real time ini memuat sejumlah list keberangakatan kereta api lengkap dengan jadwal tibanya di stasiun, yang akan meminimalisir kita dari masalah “ketinggalan” kereta api.

Selanjutnya, ada sektor Sumber Daya Manusia (SDM) yang punya kaitan erat dengan masalah pelayanan, keselamatan, dan juga keamanan. Ya, seperti yang sudah kita sadari dan nikmati bahwa pelayanan dari PT. KAI banyak mengalami kemajuan yang cukup signifikan, misalnya seperti banyaknya petugas di stasiun kereta api yang ramah dalam melayani setiap calon penumpangnya, begitu pun dengan petugas di dalam kereta api yang juga melayani setiap penumpangnya dengan sigap dan tanggap. Saya punya pengalaman menarik saat melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Malang dengan menaiki kereta eksekutif Bima, di tengah perjalanan kalau tidak salah sekitar jam 11 malam Ibu saya mengeluh kepalanya pusing, sedangkan saya sama sekali tidak membawa obat mual/pusing, akhirnya saya pergi ke restorasi dan diberitahukan untuk mengirimkan pesan ke nomor ponsel customer service yang ada pada di setiap gerbongnya. Tidak lama setelah memberitahukan dimana saya duduk, balasan ramah pun langsung masuk melalui pesan singkat, dan beberapa saat setelah itu, salah satu petugas berseragam menghampiri saya dan memberikan 2 butir obat mual/pusing secara cuma-cuma. Keren!

Last but not least, adalah sektor kemanan dan keselamatan kereta api, mulai dari adanya verifikasi KTP (Kartu Tanda Pengenal) yang ketat, sampai penjagaan keamanan di stasiun kereta api yang juga sudah banyak petugas di sana untuk meminimalisir terjadinya tindak kejahatan yang tidak diinginkan. Namun memang ada hal yang perlu ditingkatkan lagi mengenai masalah keselamatan dan kemanan kereta api di Indonesia ini khususnya daerah yang dilalui oleh lintasan rel kereta api. Mengapa? Ya, masih banyaknya jalan umum tanpa adanya penjagaan dan palang perlintasan kereta api di sana, jadi tidak heran kalau kita masih sering mendengar berita dari banyaknya kecelakaan yang terjadi di lintasan jalur kereta api.

Namun, sampai sejauh ini kita tetap harus mengapresiasi inovasi dan perubahan yang dilakukan oleh PT. Kereta Api Indonesia. Kabarnya juga bahwa saat ini PT. KAI sudah hampir menyelesaikan lintasan rel yang ada di Kalimantan dan Sulawesi, waw Bravo! Keinginan paling realistis dari “kami” sebagai para pengguna kereta api adalah berharap bahwa sektor-sektor infrastruktur, fasilitas, SDM, sampai keamanan yang saat ini sudah bagus tetap bisa dipertahankan dan hal-hal yang masih kurang diharapkan bisa dikembangkan lagi untuk memberikan yang terbaik bagi setiap penggunanya. Sekali lagi, Bravo PT. KAI! dan Selamat Hari Kereta Api Nasional yang ke-72! 

sumber: https://kai.id/

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+