Chinatown Bandung: Wisata Kekinian yang Bikin Greget!

October 19, 2017

chinatown bandung


Bandung nggak ada matinya kalau urusan tempat wisata, tiap tahunnya selalu ada aja yang baru, salah satunya adalah objek wisata Chinatown Bandung. Pengen ke sini karena beberapa bulan sebelumnya melihat feeds dari beberapa akun Instagram yang hasil fotonya bagus banget. Sebenernya kawasan pecinan atau kampung China di Bandung ini udah ada sejak lama, cuma sekarang dirombak sama walikotanya jadi sebuah kawasan kekinian yang asyik banget. Lokasinya ada di Jalan Kelenteng No.41, Ciroyom, Andir, Bandung, persis di belakang Mall 23 Paskal, kawasan yang lumayan padat dan rame banget.

Gue ke sini hari Sabtu sore dan mendapatkan saran dari temen kalau mau ke Chinatown Bandung pakai mobil sebaiknya parkir di dalam Mall 23 Paskal-nya. Dari dalem mall tinggal jalan kaki keluar ke arah belakang. Sekitar 5 menit jalan kaki, kita sudah sampai di lokasi Chinatown-nya.

Sampai di lokasi, ternyata Chinatown Bandung ini semacam tempat kumpulan kuliner dan toko pernak-pernik khas Tionghoa. Masuk ke dalam kita harus bayar tiket masuknya sebesar Rp20.000/orang dan dapet kue bolu imut. Niat banget pengelolanya, mantap!

chinatown kota bandung
ini gerbang masuknya ke gang pecinannya
wisata chinatown kota bandung
lampion-lampion cantik
wisata chinatown bandung
ya ampun bolu sama jari-jari gue itu sama gedenya
Masuk ke bagian dalam, di mana ekspektasi gue nggak terlalu tinggi sama Chinatown Bandung ini, karena gue pikir bakalan terlihat aritificial banget, tapi ternyata nggak eh! Replika bangunan dengan desain khas Tiongkok di Chinatown Bandung ini rapi banget. Hampir setiap sudutnya bisa jadi spot menarik buat foto-foto, instagramable. Emang banyak dari mereka yang ke sini hanya untuk sekedar hunting foto aja. Mungkin kalau weekday bakal lebih nyaman karena nggak rame. Jadi foto-foto bakal lebih tenang dan nggak terganggu oleh banyak orang yang lalu-lalang.

Area Chinatown Bandung ini nggak bisa dibilang luas, tapi sempit juga nggak. Mungkin jadi terkesan sempit karena saking banyaknya orang yang datang pas weekend. Di Chinatown banyak toko yang menjual barang-barang unik dan antik, jajanan juga ada, kaos-kaos, tas-tas, banyak lagi. 

Semua sistem pembayaran di Chinatown Bandung nggak ada transaksi tunai atau cash ya, jadi semua non-tunai dan wajib pakai flazz BCA. Kalau yang sering naik KRL, busway, tinggal isi ulang aja kartunya di loket, tapi yang belum punya di sini ada yang jual kartunya. Kalau nggak salah liat harganya 50 ribu, isi saldonya 20 ribu. Cakep sistemnya!

masuk ke chinatown
suasana kalo sore di sini asik bingit
suasana di chinatown bandung
duh yha, lampionnya cantik banget
suasana chinatown bandung
weekend rame banget tapi di sini
Gue pergi ke Chinatown Bandung ini sekitar jam 5 sore sampai jam 7 malam, jadi sempet merasakan dua suasana sekaligus, ketika terang dan gelap. Suasananya sama-sama menyenangkan dan bagus buat foto-foto, karena malem hari di sini nggak gelap, banyak cahaya dari lampu lampion gantung yang cantik di sini.

Buat yang muslim, di dalam area Chinatown Bandung ada musholla yang besar dan nyaman. Persis, di area dekea musholla, ada permainan yang mirip di pasar malam, misalnya permainan melempar gelang, basket, dan lainnya.

Di area tengah Chinatown Bandung (yang menjadi spot utamanya), sekitar jam 7 malam (malam minggu) lagi ada check sound live music yang bakalan tampil sampai jam tutup. Tapi gue nggak tau live music ini ada setiap malam atau hanya malem minggu aja.

Suasana temaram dari lampion gantung warna-warni bikin suasananya makin syahdu. Sama-sama seru pergi sama pacar atau sama temen ke Chinatown Bandung ini.

suasana di chinatown bandung
barang-barangnya antik-antik
chinatown kota bandung
makin malem, nyala lampionnya makin cakep


chinatown wisata bandung
suasananya asik banget menjelang malem
wisata chinatown bandung
nah itu di ujung lagi ada check sound buat live music kayaknya
wisata chinatown kota bandung
banyak spot instagramable


KesimpulannyaChinatown Bandung termasuk wisata baru yang lagi nge-hits. Dengan tiket masuk 20.000 Rupiah, Chinatown Bandung termasuk worth it buat dikunjungi. Kalau mau makan dan nyemil, mungkin siapkan saldo flazz BCA sekitar 50 -70 ribu buat satu orangnya. Selamat berkunjung!

You Might Also Like

2 comments

FACEBOOK

Member of

ID Corners