Masjid Al-Safar, Purwakarta: Sumpah, Ini Keren Banget!

Oktober 25, 2017


masjid alsafar

Sebenernya gue udah lama banget tau Masjid Al-Safar ini dan baru kesampaian ke sini pas kemarin ada kondangan temen di Cimahi. Sayangnya nggak bisa semua orang bisa ke Masjid Al-Safar ini, bukan karena apa, tapi letaknya yang berada di rest area Tol Cipularang km.88 arah ke Jakarta, sehingga mengharuskan kita untuk membawa mobil pribadi, bukan bis apalagi motor. 

Ketika lo browsing dengan kata kunci “Masjid Al-Safar” di internet, maka gambar yang bakalan tampil adalah bangunan luar angkasa. Hah? (apaan sih ki!). Iya, emang wajar kalau banyak yang mengira bangunan masjid ini nggak tampak seperti masjid pada umumnya. Masjid Al-Safar ini punya bentuk bangunan yang (menurut gue) break the rules banget berkat rancangan walikota Bandung, Ridwan Kamil. Bentuk bangunnya itu mirip kantor agen rahasia luar angkasa yang punya persenjataan lengkap di bawah tanahnya, bangunannya bisa terbuka dan keluarlah itu jet tempur buat perang (apa lagi deh ki, elah, kebanyakan nonton film lau!). 

Sontak terucaplah “waw! dari mulut gue ketika liat bentuk bangunan Masjid Al-Safar ini secara langsung, momen kagum itu semakin mendebarkan ketika azdan maghrib pas berkumandang. Ketika malam hari Masjid Al-Safar ini nggak terlalu mencolok dengan pencahayaan terang benderang seperti kebanyakan masjid-masjid pada umumnya. Hanya ada beberapa lampu sorot yang menyinari bentuk bangunan eksentrik berwarna abu-abu, tapi sisi keren dari Masjid Al-Safar kalau malam hari adalah adanya pancaran lampu sorot berbentuk bulan bintang yang bisa warnanya bisa berubah-ubah. 
masjid al-safar padalarang
di tulisan itu ada area buat duduknya
masjid al-safar tol padalarang
nggak kelihatan masjid kan kalau nggak ada lampu tembak bulan bintangnya?
Area buat wudhu dan kamar mandinya menurut gue luas banget yang letaknya di bagian (gue nggak tau deh) depan atau samping bagian masjidnya. Nah persis di depan area buat wudhu dan toiletnya ada kolam ikan yang ukurannya juga lumayan besar dengan air mancur yang menyala di sana. Duduk-duduk santai di pinggir kolam sembari nungguin keluarga atau pacar yang lagi solat, asik juga (cieeee…).

Nah, ini bagian yang paling seru ketika masuk ke dalem Masjid Al-Safar ini. “Ini bukan masjid! Ini bukan masjid!”, “Ini keren banget, ini keren banget!. Bohong kalo lo nggak takjub atau kaget pas ngeliat desain interior Masjid Al-Safar ini. Lagi-lagi bisa gue bilang desainnya itu break the rules banget dari yang biasanya masjid terlalu penuh dengan kaligrafi Arab dan dengan warna yang biasanya hijau. Desainnya (menurut gue) kayaknya ngambil konsep luar angkasa (outer space) gitu deh, bener nggak kang Ridwan Kamil? Temboknya punya desain berlapis dan di setiap lapisannya itu ada cahaya lampu terang berwarna krem kekuningan, cakep deh! Besar, iya besar banget bagian dalem Masjid Al-Safar ini, kesan luas juga diperkuat dengan tidak adanya tiang penyangga di dalam masjidnya. Ada setengah bagian lantai 2 di masjid ini, yang sepertinya dipakai kalau memang di bawah benar-benar penuh dan nggak muat menampung jamaah saat solat di hari besar (Idul Adha/Idul Fitri). 
masjid al-safar ridwan kamil
area mimbarnya gede banget dan AC-nya dingin banget
masjid al-safar ridwan kamil di bandung
langit-langitnya cakep kan?
interior masjid al-safar purwakarta
ruangan masjidnya termasuk luas banget
masjid al-safar rest area tol padalarang
ini cakep banget, nget, nget!
Pokoknya coba mampir deh kalau lagi di perjalanan pulang naik mobil dari Bandung ke arah Jakarta. Masjid Al-Safar bakalan ngasih sensasi solat yang berbeda daripada masjid-masjid lainnya. Selamat berkunjung! 

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+

FACEBOOK