Sadé Tropical Kitchen, Mantijeron: Hidden Gems-nya Selatan Kota Jogja!

November 02, 2017

sade tropical kitchen
Tempat ini seolah "ngumpet-ngumpet cantik" di antara hiruk pikuknya aktivitas wisata di daerah selatan Jogja. Awalnya, gue sama sekali nggak merencanakan untuk pergi ke tempat ini, karena baru dikasih tau temen malam harinya ketika sudah berada di Jogja. Keesokan paginya karena rasa penasaran yang begitu tinggi, dari penginapan di Prawirotaman gue langsung cus ke sini, yang ternyata jaraknya masih lumayan deket, nggak sampai 5 menit gue sudah tiba di TKP. Kemana ki? Namanya adalah Sadé Tropical Kitchen, lokasinya berada di Gang Dahlia, Mantrijeron, Kota Jogja. Patokan paling gampangnya setelah hotel Neo+ atau SS Plengkung Gading, ada gang kecil di sana, pelan-pelan naik motor atau mobilnya, masuk deh ke dalam. Nanti area parkir untuk pengunjung Sadé Tropical Kitchen-nya ada di sebelah kiri menempati sebuah area kosong yang sepertinya itu adalah sebuah bangunan kos-kosan. Nah, letak Sadé Tropical Kitchen-nya sendiri berada di seberangnya, tepat di area Saé-Saé Hostel Jogja. Di depan pintu masuknya juga tulisannya bukan Sadé Tropical Kitchen, tapi justru Saé-Saé.
sade tropical kitchen jogja
lokasi parkirnya di sini
sae sae jogja
nah ini pintu masuknya, lucu kan?
Gue ke sini pas baru mau buka dan bahkan pegawainya baru bersiap-siap. Tanaman dan rerumputan hijaunya masih disirami yang bikin suasana adem makin terasa di sini. Jam buka Sadé Tropical Kitchen ini dari jam 8 pagi sampai jam 3 sore. Kedainya berada di pojokan sebuah area taman, ukurannya nggak luas, hanya ada satu meja kursi besar dan satu meja panjang dengan kursi tinggi (mirip bar). Seperti yang gue bilang di awal kalau Sadé Tropical Kitchen ini menempati sebuah area dari Saé-Saé Hostel, dimana kita juga bisa melihat area bersantai dari hostelnya itu sendiri. Tapi suasana di Sadé Tropical Kitchen ini sama sekali nggak kerasa Jogjanya (dalam arti positif), suasananya justru Bali banget, mirip suasana di area Kuta atau Legian. Penginapan backpacker yang isinya bule semua, dekor tata letak kedainya yang khas, ditambah rindangnya pohon di sini, semakin menguatkan suasana itu.
sade tropical kitchen yogyakarta
tempatnya asyik khan?
Lalu apa yang bisa dimakan di sini? Pertama yang perlu gue kasih tau dulu adalah kalau di Sadé Tropical Kitchen ini menunya rata-rata makanan sehat dan "makanan bule". Iya, salah satu menu makanan sehat di sini adalah smoothie bowl yang isinya campuran oatsgranola, dan berbagai macam lainnya. Sedangkan menu "makanan bule" yang gue maksud contohnya scrambled eggsandiwich, dan berbagai macam lainnya. Niat awal ke Sadé Tropical Kitchen cuma pengen mencoba smoothie bowl-nya aja dan membantu temen (adek angkatan) yang lagi mengerjakan tugas kuliahnya. Tau kan smoothie yang penyajiannya di dalam mangkok dan ditata sedemikan rupa supaya tampilannya cantik, instagramable, dan bikin orang malah nggak mau merusaknya. 
sade tropical kitchen alun-alun kidul
menunya di Sade, liat deh
Di Sadé Tropical Kitchen gue memesan Smoothie Bowl Dragon (buah naga) dan temen pesan yang Smoothie Bowl Caterpillar (mangga). Proses pembuatan smoothie-nya dari awal sampai tersaji di meja butuh waktu yang lumayan lama. Tapi wajar dan gue memakluminya, karena selama gue perhatikan proses buatnya, itu nggak simpel dan lumayan ribet. Ada sekitar 20 menitan untuk membuat 2 mangkok smoothie punya gue dan temen. Bener aja, penampilan smoothie bowl-nya ini cantik banget. Potongan buah naga, pisang, mangga, dan pemanis lainnya disusun rapi di bagian atas smoothie-nya, nggak lupa granola pun juga ada di bagian sisinya. Rasanya gimana ki? (sok-sokan lu ki biasa makan nasi padang juga!).

Rasa smoothie-nya Sadé Tropical Kitchen ini so refreshing! (halah!). Eh beneran, jadi smoothie punya gue merupakan campuran dari buah naga, pisang, coconut milkoats, jeruk nipis, diatasnya ada potongan buah naga, pisang, stoberi, dan granola. Smoothie-nya lebih dominan rasa pisangnya, baru dibarengi dengan sedikit rasa buah naganya. Nah karena gue pernah mencoba makanan burung sebelumnya (granola maksudnya) dan gue nggak suka, maka gue sisihkan “itu” ke mangkok temen. Kenapa gue bilang refreshing banget? Iya, smoothie-nya ini dingin karena di-blend dengan es batu. Enak, tapi mana mungkin gue setiap hari makan begini, gue ke sini pun sebelumnya udah sarapan nasi goreng dulu di hotel (ebuset ki!). 
smoothie bowl sade tropical kitchen
ini yang buah naga, cantik kan warnanya?
smoothie sade tropical kitchen
ini yang mangga, lagi-lagi masih dominan rasa pisangnya
Smoothie bowl-nya Sadé Tropical Kitchen ini menggunakan buah yang fresh jadi bikin rasanya seger banget. Nah, habis makan smoothie ini pasti tenggorokan bakal terasa haus, tenang aja, Sadé Tropical Kitchen juga menyediakan air putih yang bukan sekedar air putih biasa, tapi infused water. Elah lu ki gaya-gayaan banget! Iya, gue juga nggak pernah suka yang namanya infused water, apalagi udah kerendam lama. Untungnya infused water itu baru dibuat si masnya karena masih pagi, jadi rasa dari rendaman potongan timun, apel, lemon, dan daun mint-nya belum terlalu terasa. Tapi, waktu kemarin gue dikasih gratis dan tinggal tuang sendiri infused water-nya, setelah gue lihat menunya lagi, kok ada tulisan infused water ini harganya 8.000 ya?
infused water sade tropical kitchen
infused water-nya nih! mimik sok cantik
Selama berada di Sadé Tropical Kitchen ini emang banyak bule yang datang dan pergi. Beberapa dari mereka memesan menu yang justru bukan makan cantik seperti smoothie bowl yang gue pesan. Mereka memilih untuk memesan menu berat lainnya dan ketika si masnya itu menumis bumbu masaknya, aromanya itu enak banget. Sekitar 2 jam gue berada di Sadé Tropical Kitchen ini sambil menunggu temen yang tugas kuliahnya harus dikumpulin jam 12 siang.
sade tropical kitchen di jogja
nge-blog kece asyik di sini
Menurut gue, Sadé Tropical Kitchen termasuk hidden gems yang sangat menarik buat didatangi ketika main ke Jogja. Tapi saran gue, di sini sebaiknya nggak buru-buru, maksudnya harus santai, entah itu buat mengerjakan tugas, menulis artikel, sekedar baca buku atau internetan aja (tenang ada Wi-Fi-nya), ini adalah tempat yang pas. Beruntungnya lagi, kalau lo orang yang talkative atau super extrovert, lo juga bisa berinteraksi dan kenalan dengan bule yang lagi makan di sini, rata-rata mereka itu solo backpacker. Lumayan kan bisa punya temen baru berbeda negara atau bahkan bisa bertemu jodoh? who knows?!

Buah Naga Smoothie Bowl : Rp 40.000 (9 dari 10) 
Mango Smoothie Bowl : Rp 40.000 (9 dari 10)

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+

FACEBOOK