Sambal Khas Karmila, Bandung: Pedes, Tapi Nggak Bikin Budeg!

October 20, 2017

ayam karmila bandung


Mencoba mengingat-ingat apa nama tempat makannya, sampai akhirnya muncuk satu kata yaitu “Karmila”. Iya, namanya Ayam Karmila, Sambal Karmila, eh bukan salah semua, yang bener adalah Sambal Khas Karmila.

Akhirnya pergi ke Sambal Khas Karmila di Jalan Sabang No.63, Cihapit, Bandung Wetan. Tempatnya ada di sebuah bangunan ruko besar bertingkat, tempat parkirnya luas buat menampung sekitar 5 mobil dan belasan motor, setidaknya nggak harus parkir di pinggir jalan.

Di Sambal Khas Karmila kita bisa pilih makan di bawah atau di atas. Di lantai dua, ruangannya ber-AC, yang bawah nggak. Gue bersama lima orang teman pergi ke lantai atas dan langsung didatangi pelayan yang ramah banget. Pas lewat tangga, aroma gorengan ayamnya udah tercium dan semakin bikin laper.

ayam karmila di bandung
ini yang di lantai atasnya, lampunya lucu tuh pakai kandang burung
sambal karmila bandung
ini menunya, banyak banget, enak-enak semua kayaknya
Terpesanlah Ayam 30 Rempah, Kulit Goreng, Tahu Goreng, dan Sambel Khas Karmila. Gue bakalan me-review dari apa yang gue pesan aja, bukan menu yang temen-temen gue pesan. First thing first, yang mau gue bahas adalah nasinya, disajikan per porsi yang menurut gue dikit banget.

Ayam 30 Rempah surprisingly punya rasa yang enak. Sepertinya si ayam direndam bumbu rempahnya dulu sampai meresap, setelah itu baru digoreng, karena bagian dalam dagingnya juga terasa gurih. 

sambal karmila di bandung
nah ini dia nih ayamnya, itu ada ayam mozarella juga

Ketiga adalah kulit gorengnya. Kering, gurih, dan krenyess banget. Porsi kulit gorengnya banyak, nggak cocok buat sendiri, sharing lebih baik. Nah, kulit gorengnya ini kontras dengan tahu gorengnya yang banjir minyak. Ada sambel bawang mentah di tahunya yang rasanya pedes, enak, tapi minyaknya itu lo, duh!

sambel khas karmila bandung
kulit goreng sama kol gorengnya
sambal khas karmila bandung
tahu tempenya, tuh minyaknya di bawah tahunya banjir banget
Terakhir, yang jadi jargon si Karmila ini adalah sambelnya, gimana rasanya? Gue pesan Sambel Karmila yang paling laris di sini. Pertama kali ketika sambelnya masuk kena lidah, respon pertama yang keluar dari mulut gue adalah “sambel bawang!”. Iya, sambel karmila ini adalah sambel bawang mentah. Kalau pecinta sambel pasti tau kalau jenis sambel ini rasanya seger dan pedes banget.

Gue udah mencoba berbagai jenis sambel dari berbagai tempat makan yang berbeda, Sambel Karmila ini termasuk dalam kategori pedes, tapi belum sampai level yang bikin kepala gatel, kuping budeg, atau tisu tempat makan abis. Hehe..

sambel khas karmila di bandung
sambelnya seger-seger dan enak, itu ada sambel mangga juga


Sambal Khas Karmila, gue lebih seneng nyebutnya Ayam Karmila, karena yang juara di sini justru ayamnya, bolehlah buat yang sekedar mau mencari pedes-pedesan penyetan di Bandung, harganya juga termasuk standar. Selamat makan!

Ayam 30 Rempah: 8.5 dari 10
Kulit Goreng: 8 dari 10
Tahu Goreng: 6.5 dari 10
Sambel Khas Karmila: 7 dari 10

You Might Also Like

0 comments

FACEBOOK

Member of

ID Corners