Taman Wisata Pulau Situ Gintung: Wisata Alternatif Untuk Melepas Penat, Gundah, dan Masalah!

Oktober 25, 2017

taman wisata pulau situ gintung
source@pulausitugintung
Kerja dan beraktivitas setiap hari emang bakal terasa capek banget sih, solusi terbaiknya adalah dengan berwisata pas weekend. Selain di daerah Bogor yang emang terkenal banyak tempat wisatanya, sekarang buat lo yang tinggal di sekitar Jakarta nggak perlu jauh-jauh lagi sampai ke sana karena di Tangerang pun ternyata punya wisata alternatif yang bisa lo datengin, namanya Taman Situ Gintung.

Iya, pasti lo bertanya-tanya kalau Situ Gintung yang kita kenal adalah salah satu tempat resapan air dan di tahun 2009 lalu tanggul Situ Gintung sempat jebol dengan berita yang menghebohkan itu (tau kan?). Tapi itu dulu, sekarang Situ Gintung udah banyak banget perubahan dan perbaikannya untuk menjadi sebuah tempat wisata yang asik banget buat dikunjungin. Tempat wisata yang terletak di Jalan Kertamukti, Pisangan Raya No.20, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten ini jaraknya masih termasuk deket dari Jakarta. Lokasinya berada persis di pinggir jalan raya Ciputat, jadinya gampang banget buat lo temuin. Nah gue bakal ngejelasin 6 aktivitas yang bisa lo lakuin ketika main ke Taman Situ Gintung di Tangerang ini:

1. Menguji Adrenalin!
Di area Taman Situ Gintung ini kita bisa melepas jenuh dengan menguji adrenalin lo yang terlalu biasa setiap harinya (haha..) dan menguji seberapa besar nyali lo buat main sejumlah permainan seru di sini. Pengelola Taman Situ Gintung menyediakan beberapa fasilitas seperti jembatan goyang, flag of glory, hingga flying fox. Seru-seruan main sama temen bisa bikin lo rileks dan terbebas dari segala pikiran dan masalah, beneran deh, percaya sama gue.

Di Taman Situ Gintung ini juga seringkali banyak perusahaan dan sekelompok wisatawan yang ngadain acara kegiatan alam, gathering, atau outing kantor yang memasukkan aktivitas bermain outbound di salah satu agendanya.

2. Bermain Air di Kolam Renang
taman wisata pulau situ gintung tangerang
source: jalanbareng.com
Berenang emang jadi salah satu aktivitas yang bisa melepas jenuh dan penat lo selama 5-6 hari bekerja dan beraktivitas. Nah, di Taman Situ Gintung ini kita bisa menikmati fasilitas ini. Pihak pengelola menyediakan tiga kolam pemandian dengan kedalaman yang berbeda-beda. Mulai dari yang paling dangkal untuk anak-anak dengan kedalaman 50 cm, hingga kedalaman 2.6 meter yang dapat digunakan oleh orang dewasa.

Walaupun kolam renangnya nggak terlalu gede, tapi setidaknya kita bisa menikmati permainan air untuk melepaskan segala beban di pikiran dengan olahraga air yang satu ini. Untuk dapat menikmati fasilitas kolam renang di Taman Situ Gintung ini, pengunjung harus menyiapkan uang sebesar Rp 20.000 di hari biasa dan Rp 30.000 di akhir pekan.

3. Merelaksasikan Pikiran di Taman 
sourceflickr.com/23429139@N03
Di Taman Situ Gintung ini kita juga bisa menikmati suasana taman yang tenang dan damai untuk merelaksasikan pikiran kita dari segala macam kerjaan dan masalah. Taman yang dikelola apik sama pengelola ini terdapat banyak pepohonan rindang yang bisa kita pakai untuk berteduh atau sekedar bersantai. Pohon-pohon kelapa yang menjulang tinggi, rerumputan hijau yang tertata rapi, bisa kita gunakan buat piknik bareng keluarga atau sekedar berbagi cerita bersama teman di akhir pekan, atau sama pacar? (cieee!!).

4. Berolahraga, Bermain Futsal dan Basket 
Selain kolam renang, pihak pengelola Taman Situ Gintung juga menyediakan dua arena untuk permainan berkelompok seperti futsal dan basket, bahkan bermain tenis pun bisa dijadikan pilihan di sini. Nggak jarang mereka-mereka yang tinggal di sekitar tempat wisata Taman Situ Gintung Tangerang ini menggunakan fasilitas olahraga ini untuk melepas penat.

5. Bersantai, Bersenda Gurau di Saung
taman pulau situ gintung tangerang
source: jalanbareng.com
Seperti halnya konsep taman yang terdapat di tempat wisata-wisata lainnya, Taman Situ Gintung juga menyediakan tempat bersantai seperti saung. Di sini pengunjung bisa bersantai atau bercengkrama dengan keluarga sambil menikmati aktivitas yang ada di sekitar. Beberapa kali juga di sini sering digunakan tempat untuk pesta ulang tahun kecil-kecilan atau sekedar menjadi tempat anak muda dan forum komunitas berkumpul.

6. Camping
Kegiatan lainnya yang bisa dilakukan di Taman Situ Gintung adalah menginap atau bersantai di area Camping Ground. Camping Ground atau dikenal dengan Bumi Perkemahan Situ Gintung ini memiliki kapasitas daya tampung hingga 500 orang.

Pihak pengelola biasanya sudah menyediakan beberapa tenda yang memang diletakkan di lokasi perkemahan dan harganya cukup terjangkau. Jadi, selain di daerah Bandung atau Bogor, alternatif untuk berkemah juga bisa dilakukan di Taman Situ Gintung ini. Tarif menginap di tempat ini pun sangat murah, hanya Rp 15.000 per malamnya.

So, selamat berkunjung!

You Might Also Like

0 komentar

GOOGLE+

FACEBOOK